Resep Olahan Ayam Berkuah Tanpa Santan yang Enak dan Sehat

Hello teman-teman pecinta masakan! Kali ini saya ingin membagikan resep olahan ayam berkuah tanpa santan yang lezat dan sehat. Tidak hanya enak untuk dimakan, resep ini juga cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program diet. So, simak baik-baik ya!

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan Jumlah
Ayam 500 gram
Bawang Merah 5 siung
Bawang Putih 3 siung
Jahe 2 cm
Lengkuas 2 cm
Daun Jeruk 2 lembar
Serai 2 batang
Tomat 2 buah
Cabai 3 buah
Air 1 liter
Minyak Goreng Secukupnya
Garam Secukupnya
Merica Secukupnya

Cara Memasak

1. Pertama, siapkan bahan-bahan yang sudah disebutkan tadi.2. Cuci bersih ayam dan potong sesuai selera. Sisihkan.3. Potong-potong bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas. Iris tipis cabai.4. Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas sampai harum.5. Masukkan ayam dan aduk rata.6. Tambahkan serai, daun jeruk, dan air. Aduk rata.7. Rebus ayam sampai matang dengan api kecil.8. Potong-potong tomat dan masukkan ke dalam rebusan ayam.9. Tambahkan garam dan merica secukupnya.10. Masak hingga semua bahan matang dan kuahnya meresap.

Tips Memasak

1. Untuk hasil terbaik, gunakan ayam kampung yang lebih sehat dan enak.2. Jika kamu tidak suka pedas, kurangi jumlah cabai atau hilangkan sama sekali.3. Agar kuah lebih kental, tambahkan tepung maizena yang sudah dicampur dengan air secukupnya.

Kesimpulan

Itulah resep olahan ayam berkuah tanpa santan yang enak dan sehat. Mudah kan cara membuatnya? Kamu bisa mencoba resep ini di rumah dan menyajikannya untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba dan semoga berhasil!