Masakan Simple dan Enak untuk Dicoba di Rumah

Hello teman-teman pecinta masakan! Kali ini saya akan berbagi resep masakan simple dan enak yang bisa kamu coba di rumah. Siapa bilang masakan enak harus sulit dan rumit? Masakan simpel pun bisa enak dan lezat jika kita tahu cara memasaknya dengan benar. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Ayam Goreng Tepung

Siapa yang tidak suka ayam goreng tepung? Masakan yang satu ini sangat cocok untuk disajikan sebagai lauk makan siang atau makan malam. Untuk membuat ayam goreng tepung yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan tepung bumbu, ayam potong kecil, dan minyak goreng yang banyak. Campurkan tepung bumbu dengan ayam, lalu goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Sajikan dengan nasi hangat dan acar timun untuk hasil yang sempurna.

2. Tumis Kangkung

Kangkung merupakan sayuran yang mudah didapatkan dan mudah diolah. Tumis kangkung dengan bawang putih, cabe rawit, dan garam bisa menjadi menu sehat yang cocok untuk makan siang atau malam. Tumis kangkung hingga layu, lalu tambahkan bumbu-bumbu tadi. Sajikan dengan nasi hangat dan telur dadar untuk menu yang lebih lengkap.

3. Soto Ayam

Soto ayam adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang sangat terkenal. Untuk membuat soto ayam yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan ayam, bumbu halus, dan bahan pelengkap seperti kentang, telur, dan seledri. Rebus ayam dengan bumbu halus, tambahkan air hingga kuahnya terasa gurih dan kental. Sajikan dengan pelengkap yang sudah disiapkan.

4. Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu masakan yang terkenal di Indonesia. Untuk membuat nasi goreng yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan nasi dingin, bumbu-bumbu, telur, dan bahan pelengkap seperti acar dan kerupuk. Tumis bumbu-bumbu hingga harum, lalu tambahkan telur dan aduk-aduk hingga matang. Masukkan nasi dan aduk rata. Sajikan dengan pelengkap yang sudah disiapkan.

5. Capcay

Capcay merupakan masakan sayuran yang terdiri dari berbagai macam sayuran seperti brokoli, wortel, kembang kol, dan lain-lain. Untuk membuat capcay yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan sayuran yang sudah dipotong kecil-kecil, bawang putih, garam, dan kecap manis. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan sayuran dan aduk rata. Tambahkan garam dan kecap manis sesuai selera.

6. Bakso

Bakso adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Untuk membuat bakso yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan daging sapi giling, tepung sagu, dan bumbu-bumbu. Campurkan daging sapi giling dengan tepung sagu, aduk rata hingga adonan kalis. Bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil, lalu rebus dalam air mendidih hingga matang. Sajikan dengan kuah bakso dan mie.

7. Sayur Asem

Sayur asem adalah masakan tradisional Indonesia yang terkenal dengan rasa segarnya. Untuk membuat sayur asem yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan sayuran seperti kacang panjang, labu siam, dan terong, serta bumbu-bumbu seperti asam jawa, gula merah, dan garam. Rebus sayuran dengan bumbu-bumbu hingga matang dan kuahnya terasa asam.

8. Sate Ayam

Sate ayam adalah salah satu masakan Indonesia yang terkenal di seluruh dunia. Untuk membuat sate ayam yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan daging ayam potong kecil, bumbu marinasi, dan tusuk sate. Marinasi daging ayam dengan bumbu-bumbu yang sudah disiapkan, lalu tusuk daging ayam ke tusuk sate. Bakar sate ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Sajikan dengan bumbu kacang dan lontong.

9. Gado-gado

Gado-gado adalah masakan Indonesia yang terkenal dengan bumbu kacangnya. Untuk membuat gado-gado yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan sayuran seperti kacang panjang, tahu, tempe, dan kangkung, serta bumbu-bumbu seperti kacang tanah, bawang putih, dan gula merah. Rebus sayuran dengan bumbu kacang hingga matang dan terasa gurih.

10. Pepes Ikan

Pepes ikan adalah masakan tradisional Indonesia yang terbuat dari ikan dan rempah-rempah. Untuk membuat pepes ikan yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan ikan, bumbu rempah, daun pisang, dan tusuk gigi. Campurkan ikan dengan bumbu rempah, lalu bungkus dengan daun pisang. Tusuk dengan tusuk gigi, lalu kukus hingga matang.

11. Telur Dadar

Telur dadar adalah menu simpel dan enak yang cocok untuk sarapan atau makan siang. Untuk membuat telur dadar yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan telur, bawang putih, garam, dan minyak goreng. Kocok telur dengan bawang putih dan garam, lalu goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.

12. Kentang Goreng

Kentang goreng adalah salah satu camilan yang paling disukai oleh banyak orang. Untuk membuat kentang goreng yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan kentang, minyak goreng, dan garam. Potong kentang menjadi bentuk korek api, lalu goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Taburi dengan garam sesuai selera.

13. Tempe Goreng

Tempe goreng adalah camilan yang cocok untuk dinikmati saat santai. Untuk membuat tempe goreng yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan tempe, bawang putih, garam, dan minyak goreng. Potong tempe menjadi bentuk dadu, lalu goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Taburi dengan garam sesuai selera.

14. Bihun Goreng

Bihun goreng adalah menu simpel dan enak yang cocok untuk makan siang atau malam. Untuk membuat bihun goreng yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan bihun, bawang putih, kecap manis, dan minyak goreng. Rendam bihun dalam air panas hingga empuk, lalu tiriskan. Tumis bawang putih, tambahkan bihun dan kecap manis. Aduk rata hingga matang.

15. Sup Jagung

Sup jagung adalah masakan yang cocok untuk disajikan di saat cuaca dingin. Untuk membuat sup jagung yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan jagung, bawang putih, garam, dan air. Rebus jagung dengan bawang putih hingga empuk, lalu tambahkan garam sesuai selera. Sajikan selagi masih hangat.

16. Es Buah

Es buah adalah dessert yang segar dan cocok untuk disajikan saat cuaca panas. Untuk membuat es buah yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan buah-buahan seperti melon, semangka, dan jeruk, serta es batu dan sirup. Potong buah-buahan kecil-kecil, lalu campurkan dengan es batu dan sirup.

17. Teh Manis

Teh manis adalah minuman yang cocok untuk dinikmati saat santai. Untuk membuat teh manis yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan teh celup dan gula pasir. Rebus air hingga mendidih, lalu celupkan teh. Tambahkan gula pasir sesuai selera.

18. Jus Buah

Jus buah adalah minuman yang sehat dan cocok untuk dinikmati saat cuaca panas. Untuk membuat jus buah yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan buah-buahan seperti apel, jeruk, dan alpukat, serta blender dan gula pasir. Potong buah-buahan kecil-kecil, lalu blender dengan gula pasir dan air.

19. Mie Goreng

Mie goreng adalah menu simpel dan enak yang cocok untuk makan siang atau malam. Untuk membuat mie goreng yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan mie instan, bumbu-bumbu, telur, dan bahan pelengkap seperti sosis dan jamur. Rebus mie hingga matang, lalu tiriskan. Tumis bumbu-bumbu, tambahkan telur dan aduk rata. Masukkan mie dan aduk rata. Sajikan dengan pelengkap yang sudah disiapkan.

20. Nasi Uduk

Nasi uduk adalah salah satu masakan tradisional Indonesia yang terkenal dengan aroma pandannya. Untuk membuat nasi uduk yang enak, kamu hanya perlu menyiapkan beras, santan, daun pandan, dan bahan pelengkap seperti ayam goreng dan acar. Rebus beras dengan santan dan daun pandan hingga matang. Sajikan dengan pelengkap yang sudah disiapkan.

Kesimpulan

Itulah 20 resep masakan simple dan enak yang bisa kamu coba di rumah. Meskipun terkesan simpel, namun masakan-masakan tersebut tetap bisa menyajikan rasa yang lezat dan nikmat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Ayam Goreng Tepung Tumis Kangkung Soto Ayam
Nasi Goreng Capcay Bakso
Sayur Asem Sate Ayam Gado-gado
Pepes Ikan Telur Dadar Kentang Goreng
Tempe Goreng Bihun Goreng Sup Jagung
Es Buah Teh Manis Jus Buah
Mie Goreng Nasi Uduk