Makanan Lezat dari Ayam: 20 Olahan Masakan Ayam yang Harus Kamu Coba

Hello, pembaca setia kami! Kali ini, kami akan membahas tentang olahan masakan ayam yang pasti akan membuat lidah kamu bergoyang. Ayam adalah bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, ayam juga kaya akan protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Berikut adalah 20 olahan masakan ayam yang wajib kamu coba:

1. Ayam Goreng

Ayam goreng adalah masakan yang paling populer di seluruh dunia. Dalam bahasa Inggris, ayam goreng disebut “Fried Chicken”. Dalam olahan ini, ayam biasanya digoreng di dalam minyak panas hingga kecoklatan dan renyah. Ayam goreng biasanya disajikan dengan kentang goreng, nasi putih, atau sayuran sebagai pelengkap.

2. Ayam Panggang

Ayam panggang adalah olahan ayam yang dipanggang dalam oven atau di atas bara api. Ayam panggang biasanya disajikan dengan saus barbeque atau saus lainnya sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan pada saat acara makan malam bersama keluarga atau teman-teman.

3. Ayam Bakar

Ayam bakar adalah olahan ayam yang dibakar di atas bara api atau arang. Ayam bakar biasanya disajikan dengan sambal atau sayuran sebagai pelengkap. Olahan ini memiliki cita rasa yang khas dan sangat cocok disajikan pada saat acara piknik atau BBQ bersama teman-teman.

4. Ayam Katsu

Ayam katsu adalah olahan ayam yang berasal dari Jepang. Dalam olahan ini, ayam dibalut dengan tepung roti dan digoreng hingga kecoklatan. Ayam katsu biasanya disajikan dengan saus tonkatsu atau saus lainnya sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam.

5. Ayam Teriyaki

Ayam teriyaki adalah olahan ayam yang berasal dari Jepang. Dalam olahan ini, ayam direbus atau dipanggang dengan saus teriyaki yang manis. Ayam teriyaki biasanya disajikan dengan nasi putih atau sayuran sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam.

6. Ayam Curry

Ayam curry adalah olahan ayam yang berasal dari India. Dalam olahan ini, ayam dimasak dengan saus kari yang pedas dan beraroma harum. Ayam curry biasanya disajikan dengan nasi atau roti sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam di rumah.

7. Ayam Sate

Ayam sate adalah olahan ayam yang biasa ditemukan di Indonesia. Dalam olahan ini, ayam dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan tusuk sate. Ayam sate biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus pedas sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan pada saat acara piknik atau BBQ bersama teman-teman.

8. Ayam Geprek

Ayam geprek adalah olahan ayam yang berasal dari Indonesia. Dalam olahan ini, ayam digoreng kering dan dihancurkan dengan alat penggiling atau ulekan. Ayam geprek biasanya disajikan dengan sambal atau sayuran sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam.

9. Ayam Popcorn

Ayam popcorn adalah olahan ayam yang biasa ditemukan di restoran cepat saji. Dalam olahan ini, ayam dipotong kecil-kecil dan dipanggang atau digoreng hingga kecoklatan. Ayam popcorn biasanya disajikan dengan saus atau mayones sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai camilan atau snack.

10. Ayam Parmigiana

Ayam parmigiana adalah olahan ayam yang berasal dari Italia. Dalam olahan ini, ayam dipanggang dengan saus tomat dan keju mozzarella di atasnya. Ayam parmigiana biasanya disajikan dengan pasta atau sayuran sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam di rumah.

11. Ayam Cordon Bleu

Ayam cordon bleu adalah olahan ayam yang berasal dari Prancis. Dalam olahan ini, ayam dibalut dengan ham dan keju, kemudian digoreng hingga kecoklatan. Ayam cordon bleu biasanya disajikan dengan nasi atau sayuran sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam di rumah.

12. Ayam Szechuan

Ayam szechuan adalah olahan ayam yang berasal dari Cina. Dalam olahan ini, ayam dimasak pedas dengan saus szechuan yang khas. Ayam szechuan biasanya disajikan dengan nasi atau mie sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam di rumah.

13. Ayam Bumbu Bali

Ayam bumbu bali adalah olahan ayam yang berasal dari Bali. Dalam olahan ini, ayam dimasak dengan bumbu pedas dan rempah-rempah khas Bali. Ayam bumbu bali biasanya disajikan dengan nasi atau sayuran sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam di rumah.

14. Ayam Shanghai

Ayam shanghai adalah olahan ayam yang berasal dari Cina. Dalam olahan ini, ayam dibalut dengan tepung roti dan dimasak dengan saus manis dan pedas. Ayam shanghai biasanya disajikan dengan nasi atau mie sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam di rumah.

15. Ayam Penyet

Ayam penyet adalah olahan ayam yang berasal dari Indonesia. Dalam olahan ini, ayam digoreng kering dan dilumatkan dengan alat penyet. Ayam penyet biasanya disajikan dengan sambal atau sayuran sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam.

16. Ayam Betutu

Ayam betutu adalah olahan ayam yang berasal dari Bali. Dalam olahan ini, ayam dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Bali dan dibungkus dengan daun pisang kemudian dipanggang. Ayam betutu biasanya disajikan dengan nasi atau sayuran sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam di rumah.

17. Ayam Hainan

Ayam hainan adalah olahan ayam yang berasal dari Hainan, sebuah provinsi di Cina. Dalam olahan ini, ayam direbus dengan bumbu rempah-rempah khas Hainan dan disajikan dengan nasi yang dimasak dengan kaldu ayam. Ayam hainan biasanya disajikan dengan saus jahe atau saus lainnya sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan siang atau makan malam.

18. Ayam Gai Yang

Ayam gai yang adalah olahan ayam yang berasal dari Thailand. Dalam olahan ini, ayam dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Thailand dan dipanggang di atas bara api hingga matang. Ayam gai yang biasanya disajikan dengan nasi atau sayuran sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok disajikan sebagai menu makan malam di rumah.

19. Ayam Popcorn Pedas

Bahan-bahan Cara membuat
1/2 kg ayam fillet, potong dadu kecil 1. Campurkan ayam dengan 1 sdt garam, 1 sdt merica, dan 1 sdt ketumbar. Biarkan selama 15 menit.
1/2 cup tepung terigu 2. Balurkan ayam dengan tepung terigu hingga terbalut rata.
1/2 cup tepung beras 3. Balurkan ayam dengan tepung beras hingga terbalut rata.
1 sdm paprika bubuk 4. Campurkan paprika bubuk dengan tepung jagung.
1/2 cup tepung jagung 5. Balurkan ayam dengan campuran tepung dan paprika bubuk hingga terbalut rata.
Minyak untuk menggoreng 6. Goreng ayam pada minyak yang sudah dipanaskan hingga kecoklatan.
3 siung bawang putih, cincang halus 7. Tumis bawang putih hingga harum.
2 sdm saus cabai 8. Tambahkan saus cabai dan aduk rata.
1 sdm margarin 9. Tambahkan margarin dan ayam popcorn pedas siap disajikan!

20. Ayam Goreng Mentega

Ayam goreng mentega adalah olahan ayam yang diolah dengan mentega dan saus kecap. Rasanya yang gurih dan manis membuat olahan ini sangat cocok disajikan bersama nasi putih hangat.

Itulah 20 olahan masakan ayam yang harus kamu coba. Dari yang pedas hingga yang manis, dari yang asal Indonesia hingga yang berasal dari negara lain. Kamu bisa mencoba satu atau beberapa olahan di atas dan nikmati kelezatannya bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Selamat mencoba!

Kesimpulan

Ayam adalah bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Selain rasanya yang enak, ayam juga kaya akan protein dan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Berbagai olahan masakan ayam seperti ayam goreng, ayam panggang, ayam bakar, ayam katsu, ayam teriyaki, ayam curry, ayam sate, ayam geprek, ayam popcorn, ayam parmigiana, ayam cordon bleu, ayam szechuan, ayam bumbu bali, ayam shanghai, ayam penyet, ayam betutu, ayam hainan, ayam gai yang, ayam popcorn pedas, dan ayam goreng mentega akan membuat lidah kamu bergoyang. Nikmati kelezatan olahan masakan ayam bersama keluarga atau teman-teman terdekat. Selamat mencoba!