YouTuber Inggris Diduga Hina Kemeja Tenun Bali di KTT G20

KTT G20 di Bali masih menjadi perbincangan hangat di media sosial, terutama setelah akhir pekan lalu. Antara lain, netizen Indonesia geram dengan komentar YouTuber Inggris Mahyar Tousi.

Dalam salah satu tweetnya yang sekarang sudah dihapus, pria anti-Iran yang memproklamirkan diri ini menulis: “Apa yang dikenakan para idiot ini?” merujuk pada baju tenun Bali yang dikenakan para pemimpin G20 saat welcome dinner di rangkaian puncak Isle of the Gods.

Meski telah dihapus, tangkapan layar cuitan tersebut beredar luas, salah satunya diunggah ulang ke akun jurnalis dan editor Election Watch @maxwalden_. Dia menulis: “Influencer sayap kanan Inggris menghapus tweet setelah mereka dikritik (oleh netizen Indonesia) karena menghina endeq/batik. Netizen Indonesia tetap tak terkalahkan.”

Youtuber diduga menghina Batik

Tweet itu ditanggapi dengan berbagai reaksi. Seseorang berkomentar: “Saya kira @MaharTousi tidak menyadari bahwa hanya pulau Jawa yang memiliki lebih banyak orang daripada seluruh Rusia”, sementara yang lain menulis: “Bung, saya memberi tahu Anda jika perang dunia ketiga terjadi di Twitter, kami negara (Indonesia) niscaya akan menjadi yang terkuat.”

Tweet Tousi dibanjiri netizen Indonesia sebelum akhirnya dihapus. Sebagian besar dari mereka “sedikit keras” mengatakan itu adalah baju Bali. “Jangan salahkan kami karena kreatif dan tidak mengenakan kemeja putih dan jas hitam yang membosankan,” komentar seorang pengguna.

referensi : https://www.liputan6.com/lifestyle/read/5127438/youtuber-inggris-diduga-hina-kemeja-tenun-bali-di-ktt-g20

editor : dafit