Viral Aksi Suporter Jepang Bersih-bersih Stadion, Warga Qatar Takjub

Sejumlah suporter timnas Jepang kedapatan melakukan aksi bersih-bersih sampah usai upacara pembukaan Piala Dunia FIFA 2022 Qatar, Minggu (20/11).

Penggemar Jepang telah menarik perhatian dengan aksi mereka untuk mengumpulkan sampah yang berserakan setelah pertandingan antara Qatar dan Ekuador di Stadion Al Bayt, Al Khor.

Aksi terorganisir oleh para penggemar tim nasional Jepang

aksi pembersihan penggemar Jepang sebenarnya bukan hal baru. Sikap yang dinilai terpuji dan teladan itu diketahui dipraktikkan di setiap Piala Dunia, termasuk pada 2018 di Rusia. Meski demikian, ‘Operasi Semut’ Jepang terus menarik perhatian.

Menurut Sport Bible, suporter Jepang memungut sampah di stadion meski tim nasional mereka tidak bermain. aksi ini dilakukan ketika semua penonton di stadion berbondong-bondong pulang. Setiap sisi stand dibersihkan, sampah dikumpulkan.

“Seseorang membuat saya berpikir itu normal,” kata Omar Farooq setelah melihat para penggemar tim nasional Jepang mengumpulkan botol minuman bekas di sekitar stadion yang kosong, menurut Talk Sport.

Kehadiran suporter Jepang tidak hanya di satu sisi stadion. Mereka berpisah dan berpencar ke berbagai ujung Stadion Al Bayt. Mereka mengumpulkan sisa-sisa untuk dimasukkan ke dalam kantor besar, yang kemudian dikumpulkan.

“Saya tidak menyangka ini nyata. Wow,” kata Omar.

Aksi para suporter timnas Jepang bukan kali ini saja

Tindakan terpuji orang Jepang telah diakui oleh orang-orang dari seluruh dunia di setiap Piala Dunia.

Pembersihan tidak hanya dilakukan oleh para suporter timnas Jepang, para pemain juga meninggalkan ruang ganti dengan rapi dan bersih. Para pemain bahkan meninggalkan pesan “terima kasih” dalam bahasa Rusia.

Timnas Jepang pun keluar dari ruang ganti dengan kondisi gemilang.

“Contoh yang luar biasa untuk semua tim,” cuit Koordinator Umum FIFA Priscilla Janssens pada suatu kesempatan, memuji aksi timnas Jepang di Piala Dunia.

 

referensi :  https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20221122082628-142-876860/viral-aksi-suporter-jepang-bersih-bersih-stadion-warga-qatar-takjub

editor : dafit