Kesehatan

Tips Miliki ASI yang Lancar dan Berkualitas

Makanan terbaik bagi bayi adalah ASI. Selain sebagai antibodi alami bagi bayi, ASI juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Melihat kandungan dan manfaat yang terdapat dalam ASI. Maka tidak heran jika para pakar gizi sangat menganjurkan ASI eksklusif untuk bayi setidaknya selama 6 bulan. Untuk mendukung hal tersebut ibuhamil.info akan berikan tips miliki ASI yang lancar dan berkualitas.

Namun sayangnya tidak semua Ibu memiliki ASI yang berlimpah bagi bayi mereka. Namun hal tersebut tentu dapat diatasi jika sudah mempersiapkannya sejak dini. Untuk mendapat ASI yang lancar dan berkualitas, Ibu dapat mempersiapkan ASI untuk si kecil nanti sejak masa kehamilan.

Berikut Tips Miliki ASI yang Lancar dan berkualitas:

Percaya Diri

Banyak sebenarnya para Ibu yang memiliki ASI yang baik serta lancar bagi bayi mereka, namun terkadang para Ibu tersebut merasa minder kalau saja tidak dapat menyusui bayi-bayi mereka dengan berbagai alasan. karena itu, sebelum Ibu mempersiapkan hal lain, kepercayaan diri sangat penting disini. Selain itu, rasa percaya diri yang ada dalam diri juga meningkatkan hormon oksitosin yang berperan dalam produksi ASI bagi si kecil.

Menyusui dengan benar

Jika produksi ASI sudah lancar namun cara pemberian ASI kurang tepat tentu hal ini juga menghambat pemberian ASI untuk bayi. Untuk itu Ibu juga wajib mengetahui teknik menyusui yang benar. Ibu tak perlu menekan putting susu saat menyusui, usahakan agar sebagian besar kalang payudara masuk dalam mulut bayi sehingga putting berada di antara langit-langit mulut dan lidah bayi. Rata-rata ASI akan habis setelah 10-15 menit dan akan penuh kembali setelah 2 jam. Saat menyusui pun disarankan untuk bergantian antara payudara kana dan kiri.

Tidak memberikan susu formula

Agar program ASI eksklusif selama 6 bulan ini sukses, usahakan tidak memberikan susu formula pada bayi. Efek susu formula maupun makanan lain bagi bayi dapat membuatnya kenyang, akibatnya konsumsi ASI pun berkurang.
Menghindari penggunaan dot/empeng

Jangan jejalkan dot/empeng pada bayi karena jika dibiasakan, bayi akan menolak saat disodorkan puting ibu saat menyusu. Meskipun bentuknya mirip dengan payudara Ibu, namun dot/empeng tidak dapat menyamai payudara Ibu.

Menghindari stres

Hormon oksitosin yang dikenal sebagai hormon pemroduksi ASI dalam tubuh bekerja dengan baik apabila mood Ibu dalam keadaan baik. Karena itu, untuk memperlancar produksi ASI dalam tubuh, Ibu harus menghindari stres, rasa cemas, pikiran negatif, dan marah.

Memijat Punggung

Pemijatan punggung ternyata juga dapat merangsang hormon oksitosin bekerja. Saat hormon oksitosin meningkat, maka produksi ASI pun semakin baik dan lancar.

Demikian bunda tips miliki ASI yang lancar dan berkualitas. Semoga bisa mulai dicoba dan bermanfaat untuk bunda yang bersiap memberikan ASI untuk bayi tercinta.