Tips Liburan Ala Backpacker Ke Kanada

 

Berlibur ke negara lain tentu menjadi salah satu impian yang ingin dicapai setiap orang, apalagi bagi mereka yang memang memiliki hobi atau kebiasaan jalan-jalan karena sangat ingin menikmati keindahan negara lain.

Salah satu tujuan paling populer bagi wisatawan di negara ini adalah Kanada. Tidak perlu diragukan lagi negara ini memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sayang jika tidak anda kunjungi. Selain itu, Kanada juga merupakan salah satu negara dengan fasilitas terbaik di benua Amerika.

Namun, bagi Anda yang tidak memiliki bujet yang cukup besar untuk berwisata ke Kanada, maka ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, yang akan kami jelaskan di bawah ini. Begitu pula saat ingin berlibur ke negara di benua Eropa, yaitu tahu cara keliling Eropa sebagai backpacker dengan budget minim.

  1. Visa

Cara pertama bagi backpacker untuk pergi ke Kanada adalah dengan visa. Tentu saja, jika Anda ingin pergi ke negara tertentu maka Anda memerlukan visa atau Anda akan dilarang memasuki negara tersebut.

  • Perlu Anda ketahui bahwa kami menyarankan Anda untuk menggunakan visa Schengen, yang sangat berguna jika Anda ingin pergi ke negara lain di Amerika dan benua Eropa.
  • Cara mengajukan visa adalah dengan datang langsung ke kedutaan negara yang bersangkutan, dalam hal ini ke kedutaan Kanada untuk mendapatkan visa.
  • Namun menurut informasi yang kami peroleh, per 1 Juni 2017, negara-negara seperti Belanda, Belgia atau Luksemburg mewajibkan Anda untuk mengurus VFS, yang bisa Anda peroleh dengan mengunjungi Graha Pena Surabaya yang berlokasi di Kuningan City Mall, Jakarta.
  • Sementara itu, waktu yang diperlukan untuk mengajukan visa dapat bervariasi tergantung di mana Anda mengajukan permohonan visa Anda. Namun jika kita melihat secara umum, waktu yang dibutuhkan untuk mengajukan visa adalah sekitar 2 minggu, atau mungkin lebih cepat tergantung pada beberapa kondisi atau kebijakan setempat.
  • Sama pentingnya, batas waktu visa bagi kebanyakan orang yang memilih menggunakan visa Schengen adalah 3 bulan atau 90 hari. Jika Anda telah melampaui batas waktu untuk menggunakan visa Anda, Anda harus memperbarui visa Anda.
  1. Mencari Tiket Pesawat dan juga Hotel

Setelah Anda mendapatkan visa dan melakukan perjalanan ke Kanada sebagai backpacker, hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan tiket pesawat atau hotel. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menyiapkan kamar hotel yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda atau memilih agen tiket pesawat yang paling hemat untuk liburan Anda.

  • Untuk tarif masuk off season, biaya tiket pulang pergi atau PP sekitar 7 sampai 10 juta.
  • Pada saat yang sama, jika Anda memesan tiket yang termasuk dalam kategori peak season, Anda harus merogoh kocek lebih dari 10 juta, yang tentunya bisa dikatakan terlalu mahal.
  • Untuk pemesanan hotel di masa mendatang, kami menyarankan Anda menggunakan hotel transit terlebih dahulu, lalu Anda dapat memilih hotel transit lain saat Anda tiba di Kanada.
  • Hal ini tentu penting bagi Anda karena khawatir jika Anda sudah memesan hotel namun ternyata waktu keberangkatan Anda tidak tepat karena dibatasi, harga yang Anda bayarkan untuk sewa hotel sebelumnya hanya akan ludes.
  • Selain itu, kami menyarankan Anda untuk menyewa hotel yang tidak jauh dari pusat kota di masa mendatang, atau hotel yang tidak jauh dari tempat wisata yang ingin Anda kunjungi di Kanada di masa mendatang. Mengapa? Karena hal ini tentunya dirancang untuk memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan makan dan saat ingin membeli oleh-oleh – karena hotel ini dekat dengan pusat kota dan tentunya dekat dengan pertokoan dan tempat makan.
  1. Alat Transportasi

Cara ketiga backpacker menuju Kanada yang harus Anda perhatikan adalah transportasi.

  1.  Sebaiknya Anda selalu mengecek alat transportasi yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda melalui aplikasi Google Maps. Aplikasi ini nantinya akan memberi tahu Anda alat kendaraan mana yang dapat Anda gunakan untuk sampai ke tujuan.
  2. Kami juga menyarankan Anda untuk kemudian memilih dan menentukan transportasi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda, salah satunya adalah menggunakan transportasi umum seperti bus atau kereta api.
  3. Sebaiknya yang ingin memesan tiket kereta api untuk mencoba memesan langsung di tempat jika memungkinkan.
  4. Jangan memesan melalui aplikasi online, karena misalnya jika Anda memesan tiket kereta api secara online, Anda pasti akan membayar lebih lambat daripada jika Anda datang sendiri, kecuali jika jaraknya terlalu jauh dan Anda tidak punya waktu untuk pergi ke sana.
  5. Biaya Makan

Yang tidak kalah pentingnya adalah cara backpacker melakukan perjalanan ke Kanada adalah menyiapkan makanan selama Anda berada di Kanada.

  • Anda harus menentukan berapa banyak makanan yang akan Anda habiskan setiap hari selama berada di Kanada, kecuali Anda sudah memiliki anggaran yang besar dari awal sehingga tidak perlu.
  • Bagi mereka yang memiliki anggaran besar, Anda dapat pergi ke beberapa restoran sederhana di Kanada. Di sana, kamu bisa mendapatkan berbagai macam makanan dengan harga terjangkau yang bisa kamu gunakan untuk berhemat selama berada di Kanada.
  • Atau, mungkin Anda bisa melakukan ini bagi mereka yang ingin menghabiskan sisa anggaran untuk makanan untuk keperluan lain (seperti membeli oleh-oleh khas Kanada) sebagai oleh-oleh untuk anggota keluarga atau kerabat.
  1. Mempelajari Bahasa Mereka

Perlu Anda ketahui bahwa di Kanada kebanyakan orang berbicara bahasa Inggris. Meski begitu, beberapa istilah bahasa Inggris tentu akan berbeda dengan yang Anda pelajari di bangku kuliah atau saat Anda masih sekolah. Jadi jika Anda meneliti sedikit bahasa mereka atau terminologi yang umum digunakan di sana, tidak ada yang salah. Hal ini juga berlaku saat Anda mengunjungi tempat belanja murah di Singapura.

Jika Anda bisa melakukannya, Anda akan lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang-orang di sana dan Anda tidak akan bingung ketika mendapatkan informasi dalam bahasa yang menggunakan terminologi bahasa Inggris Kanada.