Terpopuler Bisnis: 7 Saksi Kasus Korupsi BTS Kominfo Diperiksa, Buruh Ancam Mogok Kerja

Kasus Korupsi Base Transceiver Station (BTS)

Berita terpopuler ekonomi dan bisnis sepanjang Kamis, 17 November 2022 dimulai dengan Kejaksaan Agung atau Kejagung kembali memeriksa saksi untuk kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G atau korupsi BTS Kominfo dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5.

Kemudian informasi tentang Kepala Departemen Penyidikan Sektor Jasa Keuangan OJK Tongam Lumban Tobing dugaan kasus investasi bodong yang menjerat mahasiswa IPB adalah penipuan berkedok toko online.

Selain itu berita bahwa Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) pasrah menangani ancaman mogok kerja dari serikat buruh, di mana para buruh menyatakan akan mogok kerja bila pemerintah tidak mengubah PP nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai acuan dalam menaikan UMP/UMK. Berikut adalah ringkasan dari ketiga berita tersebut:

Tiga Ringkasan Berita

Berikut adalah ringkasan dari ketiga berita tersebut :
1. Dugaan Korupsi BTS Kominfo, KejagungPeriksa Bos dari 7 Perusahaan Telekomunikasi
Kejaksaan Agung atau Kejagung kembali memeriksa saksi untuk kasus dugaan korupsi penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G atau korupsi BTS Kominfo dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5. Proyek tersebut dilakukan oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI ) Kementerian Komunikasi dan Informatika.
Kali ini Kejagung memeriksa 7 orang saksi. Mereka adalah yang pertama APS sebagai Direktur Utama PT Prasetia Dwidharma, kedua LW sebagai Direktur Utama PT ZTE Indonesia, ketiga DAN sebagai Direktur Utama PT Eltran Indonesia, dan keempat R sebagai Direktur PT Bintang Komunikasi Utama.

2. Mahasiswa IPB Terjerat Investasi Bodong dan Dikejar Debt Collector Pinjol, Ini Kata OJK
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membeberkan modus investasi bodong yang menjerat mahasiswa IPB University dengan total kerugian Rp 2,1 miliar. Kepala Departemen Penyidikan Sektor Jasa Keuangan OJK Tongam Lumban Tobing menduga kasus itu adalah penipuan berkedok toko online.

3. Buruh Ancam Mogok Kerja Jika PP 36/2021 Tetap Jadi Landasan Aturan Upah, Pengusaha: Pasrah
Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Jemmy Kartiwa Sastraatmadja mengaku pasrah menghadapi ancaman mogok kerja dari serikat buruh. Para buruh menyatakan akan mogok kerja bila pemerintah tidak mengubah PP nomor 36 tahun 2021 tentang Pengupahan sebagai acuan dalam menaikan UMP/UMK.
“Kami pasrah. Yang jadi korban karyawan sendiri dan masyarakat juga,” ujarnya saat dihubungi Tempo, Kamis, 17 November 2022.

Referensi : https://bisnis.tempo.co/read/1658092/terpopuler-bisnis-7-saksi-kasus-korupsi-bts-kominfo-diperiksa-buruh-ancam-mogok-kerja