Teknik Dasar dalam Olahraga Sepak Bola, Kenali Istilahnya

Olahraga Sepak Bola

Siapa yang tidak mengenal olahraga sepakbola? Rasanya game yang satu ini sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Bahkan, sepak bola diklaim sebagai salah satu permainan olahraga paling populer di seluruh dunia. Kompetisi bergengsi tertinggi, Piala Dunia kini sedang berlangsung.

Sepak bola sendiri merupakan jenis olahraga yang membutuhkan kerjasama tim. Olahraga yang beranggotakan sebelas tim ini juga cenderung mengutamakan kekuatan fisik dan kelihaian pemainnya dalam menendang bola.

Namun tidak hanya itu, permainan sepak bola juga membutuhkan rangkaian strategi yang matang dari para pemainnya saat berada di atas rumput hijau. Rangkaian strategi ini dapat diketahui dengan mulai mempelajari teknik-teknik dasar dalam sepak bola.

Oleh karena itu, pemain sepak bola pemula harus mengetahui teknik dasar terlebih dahulu. Secara umum, teknik dasar bermain sepak bola dapat dibedakan menjadi sembilan jenis.

Teknik Dasar Olahraga Sepak Bola

Melansir dari situs resmi emodul.kemdikbud.go.id, Senin (21/11/22), berikut ulasan lengkap berbagai teknik dasar sepak bola yang bisa Anda pelajari sendiri di rumah.

1. Menendang Bola
Teknik dasar yang pertama dalam permainan sepak bola yang paling utama adalah teknik menendang. Menendang bola memiliki beberapa teknik dasar yang perlu dikuasai. Ada tiga teknik penting dalam menendang bola yang perlu anda ketahui yaitu menendang bola dengan kaki bagian luar, dalam dan belakang. Teknik-teknik dasar tersebut dapat dilakukan dengan cara otodidak atau berlatih.

2. Menggiring bola
Pemain sepak bola yang baik perlu menguasai teknik dasar dribbling dan wajib bagi setiap pemain sepak bola untuk menguasai keterampilan individu ini. Hal itu dikarenakan setiap pemain akan menggiring bola dalam permainan, apalagi saat tidak memiliki kesempatan untuk mengoper ke rekan setimnya. Dribbling dilakukan dengan membawa bola dengan kaki ke arah daerah pertahanan tim lawan guna menciptakan peluang mencetak gol.

3. Mengumpan Bola
Teknik dasar lain yang tak kalah pentingnya adalah mengoper bola atau passing. Mengoper dan menerima bola merupakan teknik yang harus dikuasai. Ini dapat dilakukan dengan tiga teknik, menggunakan bagian luar dan dalam kaki serta punggung kaki. Ketiga teknik dasar ini pada dasarnya sama dengan teknik dasar menendang bola.

Referensi : https://www.merdeka.com/trending/teknik-dasar-dalam-olahraga-sepak-bola-kenali-istilahnya-kln.html