Skuad Iran di Piala Dunia 2022: Kipernya Empat, Strikernya Tiga

Timnas Iran telah mengumumkan roster Piala Dunia 2022. Uniknya, tim besutan Melli itu memiliki empat kiper.

Iran menjadi tuan rumah Piala Dunia keenam atau ketiga berturut-turut dari 2014 hingga 2018. Iran memulai debutnya pada tahun 1978, 1998 dan 2006.

Sayangnya, dari enam pertandingan, Iran bahkan tidak lolos dari babak penyisihan grup. Setelah memainkan 15 pertandingan, Iran hanya menang dua kali, seri empat kali dan kalah sembilan kali.

Dengan hanya mencetak sembilan gol dan kebobolan 24, Iran mengarahkan pandangan mereka pada hasil yang lebih baik di Qatar. Karenanya, pelatih Carlos Queiroz tak mau bermain dalam persiapan tim.

Total ada 25 pemain di timnas Iran, empat di antaranya unik sebagai penjaga gawang! Biasanya, setiap negara peserta hanya membutuhkan tiga pemain untuk posisi ini.

Alireza Beiranvand yang bermain untuk Persepolis diharapkan menjadi penjaga gawang utama Iran, yang akan didampingi oleh Amir Abedzadeh. Sementara itu, nama-nama pemain senior masih menghiasi.

Kapten tim Ehsan Haysafi yang bermain untuk AEK Athens masih dianggap sebagai bek. Karena 122 pertandingannya di mana dia mencetak tujuh gol. Rekan setimnya di AEK Milad Mohammadi juga bergabung.

Di sektor lini tengah, Iran mengandalkan Alireza Jahanbakhsh yang mencetak 13 gol dari 69 pertandingan, serta Wahid Amiri yang mencatatkan jumlah penampilan yang sama.

Hanya tiga pemain yang dipanggil ke lini pertama, dua di antaranya adalah pemain bertahan: penyerang Porto Mehdi Taremi dan penyerang Bayer Leverkusen Sardar Azmoun. Azmoun justru hengkang dari timnas karena mengkritik pembunuhan wanita berusia 22 tahun, Mahsa Amini, yang menghebohkan dunia.

Iran yang berada di Grup B Piala Dunia 2022 akan melawan Inggris pada leg pertama pada 21 November. Kemudian dia berkenalan dengan Wales dan Amerika Serikat.

Ini adalah squad timnas Iran.

Kiper: Alireza Beiranvand (Persepolis), Amir Abedzade (Ponferradina), Seyyed Hossein Hosseini (Esteghlal), Payam Niazmand (Sepahan).

Bek: Ehsan Haysafi (AEK Athena), Morteza Puraliganji (Persepolis), Ramin Rezayan (Sepahan), Milad Mohammadi (AEK Athena), Hossein Kanaanizadegan (Al Ahli), Shoja Khalilzade (Al-Ahli), Sadeh Moharrami (“Dinamo” , Zagreb), Ruzbeh. Cheshmi (Esteghlal), Majid Hosseini (Kayserispor), Abolfazl Jalali (Esteghlal).

Gelandang: Ahmad Nurollahi (Shabab Al Ahli), Saman Goddos (Brentford), Wahid Amiri (Persepolis), Said Ezatolahi (Vayle), Alireza Jahanbakhsh (Feyenoord), Mehdi Torabi (Persepolis)”), Ali Golizade (“Charleroi”), Ali Karimi (“Kayserispor”).

Penyerang: Karim Ansarifard (Omonia, Nicosia), Sardar Azmoun (Bayer Leverkusen), Mehdi Taremi (Porto).

referensi : https://sport.detik.com/sepakbola/bola-dunia/d-6410545/skuad-iran-di-piala-dunia-2022-kipernya-empat-strikernya-tiga

editor : dafit