Uncategorized

Siapa Penemu Internet – Bagaimana Masa Depannya?

garudacyber – Sebelum Internet sebenarnya adalah Internet, itu disebut ARPAnet. ARPA-Siapa? Ya, itu pasti nama yang terdengar lucu. Terutama mengingat Internet saat ini, yang secara harfiah mencakup setiap aspek kehidupan kita. ARPAnet adalah singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network. Pada akhir 1960-an, The Advanced Research Projects Agency dan Departemen Pertahanan memulai sebuah misi. Mereka mencoba menemukan cara untuk menyederhanakan komunikasi dan berbagi data, tetapi tidak menggunakan metode telepon lama ‘circuit switching’ untuk mentransfer komunikasi suara dan data. Metode itu hanya mampu mengirim dari satu ke yang lain secara linier – dari ujung ke ujung.

ARPAnet pernah diatur, sama mendasarnya seperti pada awalnya (akhir 70-an, awal 80-an) menggunakan packet switching yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan komunikasi dan data ke berbagai lokasi. Dengan demikian, lahirlah protokol komunikasi TCP / IP. Anda mungkin dapat berterima kasih kepada Robert Kahn dan Vint Cerf, yang sering disebut sebagai Bapak Internet, untuk itu. Apa yang dimulai sebagai proyek pertahanan dengan cepat meluas ke National Science Foundation (NSF) dan akademisi – yang memungkinkan berbagi informasi secara real time. Pada tahun 1989 ARPAnet ditutup, digantikan oleh NSFnet.

Penggunaan Internet untuk Komersial Pertama

Penggunaan internet untuk umum dan komersial pertama kali terjadi pada pertengahan tahun 1989 ketika Compuserve dan MCImail menambahkan layanan email untuk siapa saja yang menginginkannya. Selanjutnya, PSInet menyiapkan bagian komersial ke tulang punggung Internet. Kemudian pada akhir tahun 1990 Tim Berners-Lee membuat HyperText Transfer Protocols, dan itu terdengar sangat familiar bagi semua orang; HTTP. Berikutnya datang; HTML, UseNet, dan FTP (File Transfer Protocol). Internet telah aktif dan berjalan, dan hanya dalam mimpi terliar mereka akan membayangkan bahwa saat ini lebih dari 4 Miliar orang sekarang terhubung secara online di seluruh dunia – segera semua orang akan terhubung dan kehidupan mereka terpengaruh dengan cara tertentu.

Internet Telah Mengubah Cara Kita Berbisnis Selamanya

Sebelum Internet, bisnis menggunakan mesin faks, pengiriman paket Federal Express dan Zap Mail, Snail Mail (USPS), dan transfer data yang sangat terbatas dengan Alpha Pager (pesan teks sangat singkat yang bisa Anda jawab Y atau T untuk ya atau tidak) . Pada saat itu orang-orang kesal dengan iklan Junk Fax, sedikit yang mereka tahu bahwa masa depan SPAM akan menggigit omong kosong itu – meskipun, hanya untuk membuatnya 1.000 kali lebih buruk. Sebelum pemblokir SPAM, pengguna menggunakan huruf-huruf dari tombol “hapus” dalam waktu satu bulan setelah membeli komputer baru.

Internet mempercepat arus informasi dan kecepatan bisnis hingga pada tahun 1999 Bill Gates menulis sebuah buku; Bisnis @ Kecepatan Pikiran. Tentu saja, pada pertengahan 1990-an hampir setiap bisnis yang sah, besar dan kecil, memiliki atau sedang membangun situs web. Mengapa tidak menyediakan brosur online 24/7 tanpa harus mencetak dan mengirimkan informasi kepada calon pelanggan? Ya, industri percetakan menderita, percetakan di seluruh negeri bangkrut, hampir secepat sektor pengembangan film menghilang dengan munculnya kamera digital.

Perubahan Besar Evolusi Penggunaan Internet Komersial

Ya, Internet telah mengubah segalanya di dunia kita, tetapi tidak ada perubahan yang sedramatis di dunia bisnis. Dari tahun 1990 hingga 2000, dalam 10 tahun semuanya telah berubah. Itu adalah waktu yang kacau, namun waktu untuk kesempatan yang signifikan. Selalu ada peluang dalam perubahan. Semakin cepat perubahan, semakin banyak kekacauan, krisis, dan ya, kesempatan. Di bawah ini adalah daftar singkat dari beberapa perubahan paradigma yang dibawa Internet ke bisnis;

Komersial E-mail menjadi metode komunikasi tertulis yang disukai
Perusahaan, terlepas dari ukurannya, membangun situs web – bersaing di bidang permainan yang setara
Situs web interaktif memungkinkan pelanggan dan bisnis untuk melakukan bisnis online
Website Portal Industri bermunculan dengan informasi di setiap sektor ekonomi
Persaingan Search Engine berkembang pesat untuk melayani kebutuhan informasi instan konsumen
Bulletin Boards lalu Blogs, menghadirkan informasi transparan terbuka dua arah untuk komunikasi bisnis
Jaringan Sosial dan Jaringan Bisnis Sosial mulai berkembang
Seluruh dunia menjadi mobile dengan smartphone – diikuti Internet – sisanya adalah sejarah
Saat ini, informasi dunia ada di ujung jari Anda di mana pun Anda berada dan kapan pun Anda menginginkannya. Segera, Sistem Jaringan Satelit SpaceX LEO (Low Earth Orbit), Starlink akan memberikan Layanan Internet ke mana pun di planet ini, dan siapa pun yang memiliki perangkat seluler akan dapat mengakses Internet. Nah, itu hanya mengubah segalanya, dan ini dia lagi. Apakah Anda siap untuk gelombang peluang / kekacauan berikutnya, di atas peluncuran roket satelit berikutnya? Itu sudah ada di sini, dan diterapkan. Ini akan online pada tahun 2020. Sekali lagi, Internet tidak mengecewakan – perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan di Internet. Bisnis Anda harus terus-menerus memanfaatkan teknologi baru ini
What’s Comes Next? Apa Evolusi Besar Berikutnya untuk Komputasi Bisnis?

Ini ternyata mudah untuk diprediksi, karena industri dan perusahaan terbesar di dunia sudah bersiap. Pertimbangkan apakah Anda akan Internet of Things (IoT), Big Data, dan AI (Artificial Intelligence) semuanya terhubung secara real time ke cloud, dan semua data dan informasi yang aman itu siap untuk siapa saja di mana saja di perangkat seluler apa pun?

Bayangkan menjalankan pabrik, rantai pasokan, proyek konstruksi, rumah sakit, universitas, lembaga keuangan, atau beberapa lokasi ritel dan memiliki informasi terkait yang Anda butuhkan secara instan? Bayangkan semua sistem itu terintegrasi, tersistematisasi, dan dikonfigurasi secara optimal untuk efisiensi maksimum – di lokasi kerja, lokasi, dan informasi ‘perlu tahu’ untuk setiap anggota tim secara real-time.

Dari perspektif bisnis, Internet baru saja 100 kali lebih bermanfaat, tetapi hanya jika Anda memanfaatkan perubahan dan peluang ini.