keunikan-kasuari
Informasi

Seberapa Berbahayanya Burung Kasuari

Kasuari, (genus Casuarius), satu dari beberapa spesies burung besar yang tidak dapat terbang di daerah Australo-Papua. Kasuari ialah salah satu bagian keluarga Casuariidae dan terhitung dalam ordo Casuariiformes, yang termasuk juga emu. Ada tiga spesies (dihitung oleh beberapa pakar sebagai enam), setiap dengan beberapa ras.

Kasuari biasa, atau selatan, Casuarius casuarius, yang menempati New Guinea, beberapa pulau paling dekat, dan Australia, ialah yang paling besar — tingginya nyaris 1,5 mtr. (5 kaki) — dan mempunyai dua pial merah panjang di kerongkongan. Kasuari kerdil (C. bennetti) berawal dari daratan tinggi New Guinea dan dapat diketemukan di pulau New Britain, dan kasuari utara (C. unappendiculatus) menempati daratan rendah utara New Guinea. Informasi Seputar Hobi Burung Kicau Lainnya Ada Di Pleci.id

burung-kasuari

Keunikan Dari Burung Kasuari

Ciri Fisik

Badan burung dewasa warna hitam dan kecoklat-coklatan pada burung yang masih belum dewasa. Kepala biru telanjangnya diproteksi oleh helm perlindungan kepala, atau bertulang. Betina bertelur tiga sampai enam telur hijau, yang setiap memiliki ukuran panjang seputar 13 cm (5 inch) dan berat 650 gr (23 ons). Jantan mendekami telur itu sepanjang seputar 50 hari di sarang berdaun di tanah dan bisa memberi sejumlah besar perawatan awalnya untuk anak belang. Kasuari cari makan buah- hewan kecil dan buahan.

Kasuari dikenali bisa membunuh manusia dengan pukulan di kakinya, karena pada bagian dalam dari 3 jemari kakinya ada paku yang panjang seperti belati. Burung itu sudah dilihat bergerak cepat di sejauh lajur sempit di semak-semak, lari sekencang 50 km (31 mil) per jam.

Kasuari Burung Pembunuh ?

Walau kasuari memang dilengkapi untuk membunuh, mereka tidak cari masalah. Malah kebalikannya: seperti umumnya hewan, burung-burung ini lebih senang menghindar perselisihan, cuman pilih merebutkan “pelarian” sebagai usaha paling akhir bila mereka berasa hidup mereka – atau beberapa anak mereka – terancam musnah.

Yang memprihatinkan ialah jika habitat rimba hujan deras yang dicintai kasuari – khususnya di pantai timur laut Australia – sedang menyusut oleh pengembang property, alterasi jadi tempat pertanian dan perambahan infrastruktur berkaitan seperti pagar dan jalan. Ini cuman bisa hasilkan semakin banyak pertemuan manusia-kasuari ke depannya. Ini jauh tambah jelek untuk burung-burung ini dibanding untuk manusia, karena banyak yang terbunuh oleh kendaraan dan anjing tiap tahun.

mengenal-kasuari

Telah ada resort pantai tertentu, seperti Queensland’s Mission Beach dan Moresby Kisaran, di mana kasuari jadi panorama biasa, berkeliaran melalui beberapa penjemur serta ke kebun warga setempat.

Jadi apa yang perlu Anda kerjakan bila Anda berjumpa kasuari di alam liar (atau memang di dalam rumah Anda)? Organisasi lingkungan Rainforest Rescue, yang membangun kampanye Save the Cassowary sebagai respon atas pengurangan kasuari selatan di Australia, sudah keluarkan beberapa panduan terbaik membuat perlindungan manusia dan burung dari bahaya.

Apa yang perlu dilaksanakan bila Anda berjumpa kasuari:

Tidak boleh memberikan makan kasuari atau tinggalkan kotoran yang gampang dijangkau burung. Ini cuman menggerakkan mereka untuk dekati orang dan zone beresiko seperti jalan yang repot

Bila melancong ke wilayah di mana kasuari dijumpai tinggal, pikirkan untuk tinggalkan anjing Anda di dalam rumah, atau minimal jaga hewan piaraan Anda dengan tali kekang. Anjing ialah teror besar untuk kasuari muda dan dapat membuat depresi orang dewasa, yang mengakibatkan invasi

Menjaga jarak – terlebih bila orang dewasa jaga telur atau mungkin dengan anak ayam. Bila kasuari mulai berlagak laris agresif, mundur perlahan-lahan atau berlindung dibalik semak atau pohon. JANGAN lari, karena burung-burung ini bisa menaklukkan kita. Bila Anda kenakan ransel atau tas, alihkan di depan membuat perlindungan dada Anda.