Rombongan Rubicon Paksa Masuk Kawasan Gunung Bromo, Bagaimana Aturan Sebenarnya?

Balai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menyayangkan adanya tawuran antara rombongan mobil Rubicon dan Land Cruiser dengan petugas BB TNBTS dan warga sekitar.

Rombongan mobil penumpang memasuki kawasan TNBTS.

Lantas bagaimana aturan memasuki kawasan TNBTS, khususnya bagi rombongan mobil pribadi?

BB TNBTS mencontohkan kliennya yang melarang rombongan mobil pribadi memasuki kawasan TNBTS mulai Agustus 2022.

“BB TNBTS menerapkan kebijakan bahwa semua kendaraan pribadi dilarang memasuki kawasan TNBTS. Untuk masuk harus menggunakan jasa sewa jeep,” ujar Manajer Pelaporan Data Evaluasi dan Humas Bromo. Balai Taman Nasional Tengger Semeru (BB TNBTS), Syarif Hidayat, Rabu (23/11/2022).

Sebelumnya, BB TNBTS masih memperbolehkan rombongan mobil pribadi seperti mobil umum untuk masuk ke kawasan TNBTS dengan batasan maksimal 20 kendaraan dengan 2 penumpang per kendaraan.

“Namun, sejak ada insiden komunitas mobil Pajero Sport yang mengadakan pesta di lautan pasir dan melanggar aturan izin masuk kawasan konservasi (Simaksi), kami memutuskan untuk melarang semua kendaraan pribadi masuk. memasuki. setiap orang harus menggunakan jasa jeep saat memasuki TNBTS,” jelasnya.

Di sisi lain, selama ini BB TNBTS juga menjalin kerja sama dengan perusahaan jasa jeep lokal untuk melayani wisatawan yang ingin memasuki kawasan TNBTS.

“Ini salah satu bentuk komitmen kami untuk memperkuat ekonomi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain itu, berdasarkan fakta di lapangan, masih banyak terjadi pelanggaran ketika BB TNBTS masih mengizinkan masuknya mobil pribadi.

Serta jumlah kendaraan yang masuk lebih dari 20 unit.

“Sehingga sering terjadi gesekan-gesekan antara aparat kita di lapangan dengan warga sekitar. Makanya beberapa BB TNBTS melarang sama sekali mobil pribadi masuk ke TNBTS,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, video sejumlah pria yang adu mulut dengan aparat kepolisian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS BB) dan warga setempat viral di media sosial.

Banyak dari pria tersebut yang diduga sebagai pengemudi mobil Rubicon yang masuk ke dalam kawasan TNBTS namun dihadang oleh warga Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan.

Dalam video berdurasi 2 menit 39 detik itu, sekelompok pengemudi mobil pribadi mengaku mendapat undangan dari gubernur untuk menghadiri fashion show.

Menurut Syarife, peristiwa itu terjadi pada Sabtu (19/11/2022) sekitar pukul 13.33 WIB di kawasan TNBTS yang diakses melalui Pakis Bincil.

“Saat itu belum ada kegiatan yang dilakukan oleh Gubernur Jatim maupun Pemprov Jatim. Padahal, acara itu seharusnya hanya pada 3 Desember,” ujarnya.

 

referensi :  https://surabaya.kompas.com/read/2022/11/23/130600578/rombongan-rubicon-paksa-masuk-kawasan-gunung-bromo-bagaimana-aturan?page=all

editor : dafit