Ridwan Soplanit Ungkap Ferdy Sambo Ikut Tembak Brigadir Yosua

Mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Ridwan Soplanit mengakui Ferdy Sambo ikut menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat pada 8 Juli 2022.

Hal itu dikatakan Ridwan saat memberikan kesaksian di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, 21 November 2022.

Kesaksian Ridwan Soplanit

Mulanya, Ridwan menjelaskan, dirinya mendapatkan suguhan cerita dari Ferdy Sambo mengenai peristiwa yang terjadi di Duren Tiga ialah tembak menembak antara Brigadir Yosua dengan Bharada Richard Eliezer.

“Disuguhi seperti yang kamu ceritakan bahwa terjadi tembak menembak antara Eliezer dengan Yosua, seperti yang kamu lakukan tadi. Sampai berapa lama cerita itu ada di benakmu?” tanya majelis hakim.

“Sampai dengan perjalanan proses pemeriksaan itu, sampai di Polda Metro juga masih sama. Sampai di Bareskrim masih sama,” jawab Ridwan.

“Nah sekarang cerita itu benar atau enggak?” tanya hakim lagi.

“Tidak benar Yang Mulia,” kata Ridwan.

Saat itu, majelis hakim kembali bertanya ke Ridwan Soplanit mengenai peristiwa apa yang sebenarnya terjadi di Duren Tiga. Kemudian Ridwan menyebut peristiwa yang terjadi sebenarnya ialah penembakan.

“Yang benar yang mana menurut kamu?” ujar majelis hakim.

“Yang kami ikuti saat ini, yang masih kami ikuti, bahwa memang terjadi ada bukannya terjadi peristiwa tembak menembak, tapi peristiwa…,” tutur Ridwan yang terpotong.

“Enggak usah sungkan,” kata hakim. “Peristiwa menembak, Yosua ditembak, seperti itu,” jawab Ridwan.

 

referensi :  https://www.viva.co.id/berita/nasional/1546300-ridwan-soplanit-ungkap-ferdy-sambo-ikut-tembak-brigadir-yosua?page=2

editor : dafit