Rekomendasi Aplikasi Office Android Terbaik

 

Banyak orang kini menjalankan aktivitas sehari-harinya dengan bantuan smartphone Android. Yang dulu hanya bisa dilakukan dengan laptop, kini hanya bisa dilakukan dengan ponsel.

Salah satu aktivitas yang banyak dilakukan orang adalah mendownload file jenis dokumen. Namun, jika Anda tidak memiliki aplikasi Office di ponsel cerdas, Anda tidak dapat membukanya.

Karena itulah banyak vendor kini berlomba-lomba mengembangkan aplikasi Android Office. Ada versi berbayar dan versi gratis. Ingin tahu apa saja versi gratis dari aplikasi Office?

  1. Libre Office

Dilansir dari sumber androidponsel.id, Nama lengkap dari aplikasi ini adalah LibreOffice dan OpenOffice Document Viewer. Aplikasi oleh Stefl und Taschauer OG telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna Android di seluruh dunia.

LibreOffice memiliki fungsi dasar sebagai aplikasi untuk membuka dokumen dengan berbagai ekstensi. Anda dapat menggunakannya untuk membuka dokumen jenis ODT, ODP dan ODG.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengedit dokumen sederhana, seperti mengoreksi kesalahan ejaan, kata-kata yang salah, dan menyoroti kata-kata yang menurut Anda penting.

  1. Kantor WPS gratis

Jika Anda mencari aplikasi Office terbaik di Android, Anda dapat mengunduh WPS Office Gratis. Aplikasi ini, dibuat oleh Kingsoft Office, tersedia untuk perangkat Android dengan setidaknya versi 5.0.

WPS Office telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna smartphone di seluruh dunia. Apakah Anda ingin menjadi salah satunya? WPS Office menawarkan semua jenis fitur keren seperti:

  • Buka semua file Word, Excel, PPT dan PDF.
  • Memiliki antarmuka pengguna yang mudah digunakan.
  • Fungsi enkripsi file rahasia.
  • Akses dan edit file langsung dari penyimpanan cloud.
  1. Google Dokumen

Berikut aplikasi pembuka file Office yang disediakan oleh Google. Anda secara otomatis mendapatkan aplikasi ini ketika Anda membeli ponsel Android.

Anda juga dapat mengunduh Google Documents secara gratis melalui Google Play. Aplikasi ini sangat ringan dan tidak memakan banyak memori di ponsel Anda.

Google Documents dirancang untuk membuka dan mengedit dokumen bergaya Office. Google Documents juga tersedia untuk berbagai sistem operasi Android.

  1. Quip Inc

Quip adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Quip Inc. Diunduh oleh lebih dari 500.000 pengguna ponsel cerdas. Quip berukuran sesuai dengan perangkat Anda.

Quip dapat diinstal pada smartphone dengan OS Android minimal versi 5.0. Seperti aplikasi Android Office lainnya, Quip memiliki fitur hebat seperti:

  • Melihat dan mengedit dokumen tipe Office.
  • Sisipkan catatan/komentar di dokumen Office Anda.
  • Dapat digunakan untuk membuat catatan/catatan harian.
  • Sinkronkan dokumen dari semua perangkat Anda.
  • Ekspor dokumen Office ke PDF.
  • Anda dapat membentuk grup obrolan dengan rekan kerja melalui Quip.
  1. Kantor Cerdas

Smart Office tersedia untuk diunduh gratis di Google Play. Anda dapat mengunduhnya semudah 350 juta pengguna smartphone Android lainnya.

Smart Office memberi pengguna antarmuka yang sangat sederhana dan mudah dipahami. Dengan ukuran hanya 7,7 MB, Anda dapat dengan mudah membuat, mengedit, atau melihat dokumen Office.

Smart Office dapat digunakan di OS Android minimal 5.0. Masih tidak percaya? Berikut adalah beberapa manfaat Smart Office yang akan membuat Anda ingin mengunduhnya sekarang:

  • Dapat digunakan untuk membuka dan mengedit semua file Office, termasuk Word, Excel atau PPT.
  • Buka file dan konversikan ke PDF.
  • Dokumen yang telah diedit dapat disimpan di awan, seperti Google Drive, Box, atau Dropbox.
  • Smart Office adalah aplikasi pengeditan dokumen bebas iklan.
  1. Kantor Polaris

Polaris Office adalah aplikasi Office gratis yang sangat mudah digunakan. Aplikasi ini sangat populer di Google Play dan telah diunduh oleh lebih dari 40 juta pengguna.

Polaris bahkan dinobatkan sebagai aplikasi terbaik tahun 2015. Sama seperti Microsoft Office, Polaris memiliki fitur yang sangat dibutuhkan pengguna.

Anda dapat mengandalkan Polaris untuk membuat presentasi, memodifikasi dokumen, bekerja dengan file Excel, dan membuka PDF. Anda dapat membuka atau mengedit dokumen secara offline.

Selain itu, Anda dapat menyimpan hasil edit file langsung di cloud atau di penyimpanan lain seperti OneDrive, Google Drive, atau Dropbox.

  1. Ruang Kantor

Jika Anda sibuk dengan presentasi tetapi tidak punya banyak waktu untuk membuat slide PPT, Anda bisa mengandalkan aplikasi Office Suit.

Aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna smartphone Android. Office suite memudahkan untuk mengedit dokumen atau membuat slide PPT dari ponsel cerdas Anda. Bahkan jika Anda sedang dalam perjalanan ke kantor.

Anda dapat menikmati banyak fitur hebat dari Office Suit, termasuk:

  • Dapat membaca dan mengedit dokumen Word, Excel dan PPT.
  • Dapat digunakan untuk membaca dokumen PDF dan scan kamera, dan juga dapat digunakan pada menu Export to PDF.
  • Dokumen yang diedit di Office Suite dapat diunggah langsung ke layanan cloud.
  1. Dokumentasi untuk pergi

Docs to Go adalah aplikasi pengeditan dokumen paling ringan untuk ponsel cerdas Anda. Aplikasi besutan DataViz ini dapat digunakan oleh hampir semua smartphone Android.

Documents to Go hanya membutuhkan sedikit memori. Jadi Anda bisa menginstalnya di smartphone Anda tanpa khawatir kehabisan tempat.

Docs to Go dapat digunakan untuk membuka dan mengedit file Word, Excel, dan Office lainnya ke PPT. Anda juga dapat membuka file PDF dengan aplikasi ini.

Kelebihan lainnya adalah file yang Anda edit dapat disimpan langsung di penyimpanan internal dan eksternal ponsel cerdas Anda. Anda juga dapat menyimpan file ini di penyimpanan digital/cloud.