ujung kulon
Travelling

Prediksi Ongkos ke Ujung Kulon dengan Arah Berekreasi

Ujung Kulon tidak asing dalam telinga warga Indonesia. Berekreasi ke Ujung Kulon harus mempersiapkan bujet yang kendur.

Teritori wisata Ujung Kulon dikenali oleh warga Indonesia sebagai taman wisata nasional yang di mana didalamnya sebagai komunitas badak bercula satu yang diproteksi. Untuk dapat berekreasi ke Ujung Kulon, beberapa pelancong harus mempersiapkan bujet dengan memprediksi ongkos transportasi, ongkos penginapan, dan ongkos yang lain. Ongkos ke Ujung Kulon dapat diprediksi dengan pilih transportasi apa yang hendak dipakai, penginapan mana yang hendak diputuskan, dan lain-lain.

Ongkos Transportasi ke Ujung Kulon

Untuk ke arah Ujung Kulon, ada banyak opsi transportasi yang dapat dipakai oleh beberapa pelancong. Penyeleksian transportasi harus dipikir dengan matang karena benar-benar memengaruhi range bujet yang penting dipersiapkan. Beberapa pelancong dapat memakai mobil individu, mobil carter, atau angkutan umum. Bila ingin memakai mobil individu, seharusnya mobil yang dipakai ialah type mobil dengan chassis yang tinggi dari jalan. Seharusnya jauhi mobil sedan.

Mobil sedan dapat mengakibatkan terjerumus saat dekati Ujung Kulon karena jalanan mulai hancur dan bergelombang disebabkan karena hujan atau kendaraan berat yang mengusung kayu. Disamping itu, beberapa pelancong bisa juga memakai angkutan umum seperti bis atau elf dari arah Jakarta ke arah Dusun Sumur lewat kota Serang. Bujet yang diperlukan ke arah Ujung Kulon memakai bis atau elf pulang-pergi yaitu sekitaran Rp 100ribu-200ribuan.

Sesampai di Serang, beberapa pelancong dapat sewa kapal wisata yang hendak mengantar ke Ujung Kulon. Ada dua tipe kapal yang dapat dicarter, yaitu kapal cepat dan kapal biasa. Untuk ongkos kapal cepat, ongkosnya ialah Rp 4,lima juta untuk kemampuan optimal delapan orang dan pemberangkatan diawali dari Carita. Dan ongkos untuk kapal biasa ialah Rp 3,lima juta untuk kemampuan optimal 20 orang dan pemberangkatan diawali dari Taman Jaya atau Sumur.

Ongkos Ticket ke Ujung Kulon

Sesampai di Ujung Kulon, beberapa pelancong harus bayar ongkos ticket masuk yang diperbedakan di antara pengunjung perseorangan dan kelompok. Baik pengunjung perseorangan atau kelompok harus bayar karcis asuransi kecelakaan Rp 3ribu. Untuk ticket masuk pengunjung perseorangan ialah Rp 5ribu per-orang pada hari kerja dan Rp 7.500 per-orang pada hari liburan untuk WNI. Dan untuk WNA, ticket masuknya ialah Rp 150ribu per-orang pada hari kerja dan Rp 225ribu pada hari liburan.

Ongkos ke Ujung Kulon untuk ticket masuk pelancong kelompok WNI minimum 10 orang ialah Rp 3ribu per-orang untuk siswa atau mahasiswa yang bertandang pada hari kerja. Dan ticket masuk untuk siswa atau mahasiswa yang bertandang pada hari liburan ialah Rp 4.500 per-orang. Dalam pada itu, ticket masuk untuk kelompok siswa atau mahasiswa WNA yang bertandang pada hari kerja ialah Rp 100.000 per-orang dan Rp 150.000 bila bertandang pada hari liburan.

Selainnya ticket masuk, ada pula ongkos pungutan untuk aktivitas riset. Untuk WNI, ongkos pungutan untuk riset yang sudah dilakukan sepanjang kurang dari 1 bulan ialah Rp 100ribu per-orang dan untuk WNA Rp 5juta per-orang. Untuk riset yang sudah dilakukan dalam periode waktu 1-6 bulan, ongkosnya ialah Rp 150ribu per-orang untuk WNI dan Rp 10juta per-orang untuk WNA. Untuk riset sepanjang 7-12 bulan, ongkosnya ialah Rp 250ribu untuk WNI dan Rp 15 juta untuk WNA.

Ongkos Penginapan ke ujung Kulon

Ongkos penginapan akan memengaruhi prediksi bujet yang perlu dipersiapkan oleh beberapa pelancong. Beberapa pelancong backpacker dapat membangun tenda untuk mengirit bujet. Tetapi ada pula beberapa pelancong yang memutuskan untuk bermalam di hotel atau resor. Ongkos penginapan disitu bervariatif dimulai dari Ro 100ribu-500ribu per-orang tiap malamnya. Hingga beberapa pelancong harus juga pikirkan dengan masak di mana mereka akan bermalam.

Sebetulnya faksi pengurus Taman Nasional Ujung Kulon telah sediakan sarana berbentuk penginapan supaya beberapa pelancong bisa tekan ongkos ke Ujung Kulon berbentuk penginapan bungalow Flora atau Fauna. Tetapi, untuk dapat manfaatkan sarana itu, beberapa pelancong harus reservasi jauh hari agar tidak kekurangan kamar. Harga sewa bungalow per kamarnya yaitu sekitaran Rp 500ribu setiap hari dengan kemampuan per kamarnya optimal tiga orang.

Bila memang sarana penginapan yang telah disiapkan oleh faksi pengurus TNUK telah full booked, beberapa pelancong dapat cari tempat penginapan lain. Ada banyak penginapan dengan sarana mencukupi yang disiapkan oleh warga di tempat di Dusun Taman Jaya dan Sumur. Harga sewa kamar per malamnya ialah sekitaran Rp 200ribu-300ribu.

Ringkasannya, beberapa pelancong harus memprediksi ongkos ke Ujung Kulon dengan jeli. Ongkos transportasi, ticket masuk, dan ongkos penginapan akan memengaruhi range bujet yang perlu dipersiapkan. Hingga saat sebelum putuskan tanggal keberangkatan, seharusnya beberapa pelancong mempersiapkan perancangan dulu, akan memakai transportasi apa dan akan bermalam di mana. Untuk ongkos masuknya bergantung kunjungannya, apa pada hari kerja atau hari libur.

Comments Off on Prediksi Ongkos ke Ujung Kulon dengan Arah Berekreasi