Polisi Ungkap Cara Penipu Kenal Ratusan Mahasiswa Terlilit Pinjol di Bogor

Polisi mengungkap bagaimana SAN yang diduga melakukan penipuan berkedok investasi besar berhasil mengenal ratusan mahasiswa di Bogor. Suatu hari SAN mengadakan seminar dan mengumpulkan para mahasiswa.

“Para koruptor pernah mengadakan acara serupa seminar yang mempertemukan mahasiswa. Di antara penggagasnya ada siswa SMA dari mahasiswa tersebut,” kata Iman Imanuddin, Kapolres AKBP Bogorsk kepada wartawan di Mabes. , Kamis (17/11/2022).

SAN kemudian menawarkan beberapa skema bisnis kepada mahasiswa. Ia tidak memiliki pekerjaan tetap.

“Kemudian dalam workshop, para pelaku menjelaskan bagaimana skema dan sistem bisnis yang diajukan,” ujarnya.

SAN mengetahui siswa SMA yang menjadi korban. Kemudian dalam sebuah seminar ia mengajak para mahasiswa untuk ikut serta dalam business plan.

“(SAN) kenal dengan mahasiswa senior dari mahasiswa terdampak, lalu mengadakan acara (seminar) untuk mempertemukan para korban tersebut, kemudian memberikan penjelasan kepada tersangka,” ujarnya.

Tersangka Yang Sudah Ditetapkan

Sebelumnya, polisi resmi menetapkan SAN sebagai tersangka penipuan berkedok investasi fiktif yang merugikan ratusan mahasiswa di Bogor. Saat ini, SAN masih dalam pengawasan Polres Bogor.

“Iya, saya (tersangka),” kata Iman Imanuddin, Kapolres Bogorsky AKBP, kepada wartawan di Mapolres Bogor, Jl Tegar Beriman, Kabupaten Bogor.

Iman mengatakan, SUN dijerat Pasal 372 KUHP dan/atau Pasal 378 KUHP atas penipuan dan penggelapan.

“(Pasal) 372 dan 378 KUHP. Selanjutnya kalau ada ITE kita hidupkan ITE-nya,” tambah Iman.

 

referensi :  https://news.detik.com/berita/d-6412385/polisi-ungkap-cara-penipu-kenal-ratusan-mahasiswa-terlilit-pinjol-di-bogor

editor : dafit