Informasi

Pinjaman Online Resmi, Cara Tepat Hadapi Penagih Pinjol

Debt Collector menjadi bagian dan tidak terpisahkan dari pinjol. Jika tidak bisa membayar angsuran pinjaman online resmi tepat waktu bahkan sampai tidak melunasinya, akan melibatkan Debt Collector. Tidak jarang, untuk pinjol ilegal menggunakan cara yang sangat keras saat penagihan.

Pahami Kebijakan Pinjaman Online Resmi

Menghindari timbulnya masalah saat penagihan dari pinjaman online resmi, sebaiknya Anda memahami metode penagihan. Untuk menghadapi penagihan dari pinjol ilegal yang menggunakan cara kekerasan dan premanisme, Anda perlu mempersiapkan diri.

Sebenarnya layanan dari pinjaman online tidak akan melakukan penagihan saat nasabah tidak melakukan pembayaran setelah 90 hari. Hal ini berdasarkan peraturan dari OJK.

Ketika tidak ada pelunasan maka akan ada opsi untuk melaporkannya dan masuk dalam daftar hitam. Sehingga Anda nantinya tidak lagi bisa mengajukan pinjaman di perbankan dan P2P lending.

Cara Menghadapi Penagihan Dari Pinjol

Untuk menghadapi para penagih dari pinjaman online, Anda perlu menerapkan beberapa cara berikut ini:

Tanyakan Identitas

Saat penagih Pinjol datang, sambutlah dengan sopan. Tanyakan Identitas dan siapa yang memerintahkan penagihan.

Kartu Sertifikat Profesi

Selain itu, Anda bisa meminta DC menunjukkan sertifikat dari APPI. Debt Collector resmi akan menunjukkannya. Hal ini perlu Anda lakukan agar mendapat bukti valid dari aktivitas profesinya.

Jelaskan Alasan Keterlambatan

Nasabah bisa menjelaskan alasan mengapa terjadi keterlambatan dalam pembayaran. Anda tidak perlu menjanjikan apapun kepada pihak penagih untuk memperpanjang masa penagihan dari pinjaman online. Hal ini akan memperparah keadaan.

Surat Kuasa Penagihan

Jika terjadi penyitaan barang sebagai akibat dari keterlambatan membayar, maka Anda bisa mendapatkan surat kuasa. Surat kuasa tersebut akan diterbitkan oleh penyedia layanan pinjaman online.

Jaminan Fidusia

Selain itu, ketika ada proses penyitaan, Anda juga perlu melihat sertifikat jaminan fidusia. Jika pihak Debt Collector tidak bisa menunjukkan sertifikat ini, maka sebaiknya Anda menolak aktivitas penyitaan.

Tidak perlu panik ketika terjadi hal yang diluar kendali berkaitan dengan Pinjol ini. Mengetahui bagaimana cara menghadapi Debt Collector akan membantu Anda bagaimana cara bersikap.

Pinjaman online resmi tentunya akan mematuhi peraturan mengenai penagihan dan tidak akan bersikap gegabah.

 

Comments Off on Pinjaman Online Resmi, Cara Tepat Hadapi Penagih Pinjol