Parenting

Perceraian dan Anak-anak – Menyampaikan Kabar bahwa Ayah dan Ibu Bercerai

Mom Sharing – Perceraian memiliki banyak momen yang sulit, tetapi salah satu yang tersulit adalah saat Anda mengucapkan kata-kata: “Anak-anak, ibu, dan ayah akan bercerai.”

Tidak ada orang tua yang senang melihat anaknya menderita atau kesakitan. Namun mempelajari bahwa kehidupan keluarga seperti yang mereka ketahui akan berubah secara radikal adalah berita yang sulit untuk diambil anak-anak. Menyampaikan berita kepada anak-anak sulit secara emosional bagi anak-anak dan orang dewasa.

Apakah ada cara yang “baik” untuk melakukan ini? Berikut adalah beberapa cara Anda dapat bersiap untuk menyampaikan percakapan ini dengan cinta, kejelasan, dan kejujuran.

1. Lakukan Beberapa Perencanaan Awal

Lakukan persiapan sebelum percakapan yang sebenarnya. Catat beberapa pesan utama Anda sebelumnya. Ini akan membantu Anda memproses beberapa emosi Anda sebelumnya dan meredakan saraf Anda. Ini jelas bukan percakapan di mana Anda ingin “mengepakkannya”.

2. Sampaikan Berita Bersama jika Mungkin

Idealnya, kedua orang tua harus menjadi bagian dari percakapan, jika memungkinkan. Ini mengirimkan sinyal awal bahwa Anda berdua ada untuk anak-anak Anda bahkan ketika keadaan sulit. Ini menunjukkan bahwa Anda bisa menjadi tim parenting, bahkan jika Anda tidak akan menikah lagi.

3. Waktu itu Penting

Meskipun tidak ada waktu yang “tepat” untuk menyampaikan berita, lihat apakah Anda dapat berbicara sebelum akhir pekan atau pada saat anak-anak tidak memiliki komitmen yang mendesak setelahnya. Jangan menundanya terlalu lama. Lebih baik anak-anak Anda mendengar berita langsung dari Anda daripada dari teman keluarga atau tetangga.

4. Identifikasi Pesan Utama Anda

Anak-anak sangat mengacu pada diri sendiri dan mungkin percaya bahwa perceraian adalah kesalahan mereka. Berikut beberapa pesan utama yang perlu Anda sampaikan:

– Perceraian adalah sesuatu yang terjadi antara orang dewasa, bukan antara orang tua dan anak.

– Meskipun ibu dan ayah akan tinggal di tempat yang berbeda, kami akan selalu menjadi orang tua dan mencintaimu.

– Ibu dan Ayah sudah tidak bahagia bersama lagi, tetapi satu hal yang akan selalu membuat kami bahagia adalah membawamu ke dunia.

5. Lakukan Beberapa Logistik Dasar

Orang dewasa cenderung khawatir tentang bagaimana menjelaskan “mengapa” Ibu dan Ayah bercerai. Tetapi anak-anak pada awalnya lebih mementingkan masalah “siapa, apa, di mana, kapan, dan bagaimana”. Dimana mereka akan tinggal? Apakah mereka harus pindah sekolah? Seberapa sering mereka bertemu dengan setiap orang tua? Siapa yang mendapat hewan peliharaan keluarga? Yang terbaik adalah menjawab beberapa masalah logistik dasar sehari-hari ini sehingga Anda dapat memberi anak gambaran yang lebih jelas tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.

Comments Off on Perceraian dan Anak-anak – Menyampaikan Kabar bahwa Ayah dan Ibu Bercerai