Uncategorized

Penjelasan Variabel Dependen, Independen, Moderating, Dan Intervening

Dalam riset, tentulah harus ada variabel Penelitian. Variabel Penelitian menggambarkan karakter komunitas yang ingin dicermati. Ada beberapa macam variabel, salah satunya yakni variabel Dependen, Mandiri, Moderating, dan Intervening. Berikut yakni verifikasi masing-masing tipe variabel itu.

Variabel mandiri (independent variable) yakni type variabel yang menerangkan atau memengaruhi variabel lainnya. Variabel dependen (dependent variable) yakni type variabel yang diterangkan atau dikuasai oleh variabel mandiri. Ke-2 type variabel ini sebagai kelompok variabel riset yang tersering digunakan dalam riset karena mempunyai kekuatan program yang luas.
Arah riset, seperti hal arah teori yakni menerangkan dan meramalkan peristiwa lewat banyak tes.

Keterangan dan perkiraan peristiwa secara struktural dilukiskan dengan variabilitas faktor-variabel dependen yang diterangkan atau dikuasai oleh faktor-variabel mandiri. Wujud jalinan di antara faktor-variabel mandiri dengan faktor-variabel dependen, mampu berbentuk jalinan korelasional dan jalinan sebab-akibaat. Sesuai peristiwa social yang diterangkan, wujud jalinan di antara variabel mandiri dengan variabel dependen mampu memiliki sifat aktual atau negatif.

Jalinan individu di antara faktor-variabel mandiri dengan variabel dependen peluang dikuasai oleh faktor-variabel lain. Salah satunya yakni variabel moderating, yakni type faktor-variabel yang perkuat atau memperlemah jalinan individu di antara variabel mandiri dengan variabel dependen. Variabel moderating sebagai type variabel yang mempunyai dampak pada karakter atau arah jalinan antar variabel. Karakter atau arah jalinan antar faktor-variabel mandiri dengan faktor-variabel dependen kamungkinan aktual atau negatif dalam masalah ini bergantung pada variabel moderating. Oleh karena itu, variabel moderating diberi nama juga dengan variabel contingency.

Variabel yang lain yakni variabel intervening ialah type faktor-variabel yang memengaruhi jalinan aantara faktor-variabel mandiri dengan faktor-variabel dependen jadi jalinan yang tidak langsung. Variabel intervening sebagai variabel yang berada antara faktor-variabel mandiri dengan faktor-variabel dependen, hingga variabel mandiri tidak individu menerangkan atau memengaruhi variabel dependen.