Cara menulis daftar pustaka dari jurnal
Tips Trik

Penjelasan dan Contoh Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal yang Simple

Apa itu Daftar pustaka? Daftar pustaka ataupun bibliografi merupakan daftar sumber yang digunakan penulis ataupun seorang dikala sedang menulis karya. Umumnya disertakan pada akhir proyek ataupun makalah. Di dalam daftar referensi dimuat data tentang tiap sumber seperti judul, penulis, bertepatan pada publikasi, serta web website apabila sumbernya digital. Tiap rangkaian data sumber diucap sebagai kutipan.

Daftar referensi ataupun pustaka merupakan daftar buku- buku serta sumber- sumber lain yang dirujuk dalam karya ilmiah– semacam esai, makalah, disertasi, ataupun novel. Bibliografi umumnya diletakkan di akhir novel. Terdapat bermacam cara buat menulis Bibliografi. Style penyusunan yang digunakan akan bergantung pada disiplin ilmu yang lagi tulis.

Misalnya, mereka yang menulis di bidang sastra memakai style Modern Language Association( MLA). Mereka yang menulis dalam ilmu sosial memakai style American Psychological Association( APA). Terdapat sebagian style lain pula bergantung pada bidang ataupun disiplin. Bibliografi umumnya mencantumkan rujukan dalam urutan abjad, terlepas dari style ataupun formatnya.

Bibliografi umumnya meliputi referensi novel, postingan ilmiah, pidato, catatan individu, novel setiap hari, wawancara, undang- undang, pesan, web website, serta sumber- sumber lain yang digunakan dikala mempelajari suatu topik serta pada dikala menulis makalah.

Bibliografi bukan cuma lembaran tambahan dalam suatu novel, namun mempunyai fungsi khusus. Bukan pula sebab iseng belaka supaya tampilan karya ilmiah terus menjadi lebih menarik. Novel yang menyertakan sumber referensi dapat mempermudah banyak orang, sebab seluruh kutipan telah dicantumkan sumber aslinya.

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Manfaat Dari Daftar Pustaka

Akses kilat serta gampang ke data sangat berarti buat pengembangan bermacam bidang pengetahuan. Dalam perihal ini, bibliografi memainkan kedudukan berarti. Seseorang bisa mengenali tentang keberadaan dokumen/ arsip dalam bidang pengetahuan tertentu. Tidak hanya itu pula bisa mengenali dokumen dengan mengenali rincian bibliografinya.

Bibliografi ini pula bisa bermanfaat bagaikan perlengkapan pemilihan novel buat pustakawan. Di bibliotek yang telah terperinci, rincian bibliografi menolong dalam menciptakan modul, tipe novel, no novel, serta masih banyak lagi. Perihal ini bermanfaat buat pembaca universal serta orang awam yang mau studi pengetahuan.

Kegunaan Daftar Pustaka

Bibliografi bukan cuma lembaran tambahan dalam suatu novel, namun mempunyai fungsi khusus. Bukan pula sebab iseng belaka supaya tampilan karya ilmiah terus menjadi lebih menarik. Novel yang menyertakan sumber referensi dapat mempermudah banyak orang, sebab seluruh kutipan telah dicantumkan sumber aslinya.

Pencatatan sumber secara sistematis sangat berguna untuk para periset, mahasiswa, siswa, serta orang- orang yang memerlukan referensi. Di dasar ini sebagian guna bibliografi yang butuh dikenal.

  • Untuk mengirit waktu pengguna: Dengan mencantumkan sumber hingga dapat mengirit waktu pengguna dengan sediakan literatur yang relevan. Bila tidak hingga hendak menghabiskan lebih banyak waktu buat mengumpulkan bahan ataupun data.
  • Akses data yang gampang: Data sangat berarti buat pengembangan bermacam bidang pengetahuan. Sebab itu sangat berarti membenarkan kalau data yang didapat merupakan data relevan serta telah diakui oleh para handal. Administrator serta periset merupakan sebagian orang yang sangat memerlukan bibliografi.
  • Memiliki guna bagaikan perlengkapan buat pemilihan novel. Ini berperan bagaikan perlengkapan bibliographic: Tidak terdapat bibliotek modern yang bisa berperan tanpa perlengkapan bibliographic.
  • Untuk menolong enquirer: Buat mengenali total novel yang masuk serta keluar terlepas dari topik tertentu, bahasa, asal ataupun watak raga item.
  • Untuk menarangkan masalah- masalah yang menyangkut alterasi serta perbandingan bacaan karya, edisi serta versinya.
  • Untuk menolong dalam identifikasi serta verifikasi rincian daftar sumber dari dokumen yang lama serta dikala ini.
  • Untuk menolong menanamkan kerutinan membaca. Sebab penerbitan daftar teks yang relevan merupakan sesuatu keharusan.
  • Untuk menolong mencari asal novel, semacam tempat publikasi, posisi penerbitan, tahun terbit, penerbit.
  • Bisa digunakan bagaikan perlengkapan data tentang edisi terkini suatu novel ataupun karya tulis.
  • Untuk menjauhi duplikasi riset. Buat seseorang periset, daftar pustaka membolehkan ia buat mengenali apa yang sudah ditulis pada penelitiannya serta membolehkan ia buat senantiasa menemukan data serta data terkini.
  • Bisa membagikan akses kilat serta gampang ke data yang tercantum dalam dokumen kepada pengguna ataupun warga. Perihal ini pula menolong pengelola buat terus memperbarui daftar teks.
  • Untuk mempromosikan novel yang lagi terbit serta pula penulisnya.
  • Untuk menolong pengguna dalam menciptakan keberadaan ataupun mengenali novel ataupun bahan teks apa juga yang bisa jadi menarik untuk pembaca.
  • Berfungsi bagaikan kunci ataupun panduan buat literatur subjek. Sebab itu sumber referensi merupakan indeks yang disusun secara sistematis.

Metode Mencantumkan Sumber Daftar Pustaka

Sumber merupakan perihal yang sangat berarti dalam penyusunan suatu karya. Terdapat sebagian metode mencantumkan sumber, antara lain:

  • Tempatkan nama penulis dalam ciri kurung sehabis bacaan yang dilansir ataupun diparafrasekan
  • Penulisan catatan kaki dengan data sumber. Penafsiran catatan kaki secara pendek merupakan catatan spesial di dasar judul ataupun di dasar suatu kutipan.
  • Jika memakai kartu catatan buat melacak data, tulis sumber data di balik tiap kartu
  • Selain perihal di atas yang sangat berarti wajib membuat bibliografi

Cara menulis daftar pustaka dari jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal

Secara universal buat metode menulis daftar pustaka dari jurnal kalian wajib mencermati sebagian perihal yang berarti serta wajib terdapat dalam daftar pustaka tersebut. Sebagian perihal tersebut merupakan nama penulis, tahun terbit, judul postingan, nama jurnal, volume ataupun edisi, taman, DOI ataupun digital object identifier, serta URL web dari jurnal tersebut. Cara mennulis daftar pustaka dari jurnal pula mempunyai sebagian wujud cocok dengan format- format standarnya ataupun style penulisan daftar pustaka yang digunakan. Berikut ini sebagian metode menulis daftar pustaka dari jurnal.

1. APA Style

APA Style diterbitkan oleh American Psychological Association, style penulisan ini umumnya digunakan dalam bidang prikoogi, filsafat, ilmu safar, linguistik, antropologi, artificial intelligence ataupun kecerdasan buatan, akuntansi, ekonomi, geografi, hukum, pembelajaran, politik, sejadah, serta sosiologi.

Format APA Style:

Nama akhir pengarang.( Tahun penerbitan). Judul postingan. Nama jurnal, volume( edisi bila terdapat).

– Contoh penulisan buat satu penulis:

Renny, R.( 2005). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 72, 274- 285.

– Contoh penulisan buat 2 ataupun 3 penulis:

Waslam, N.,& Dasen, P. R.( 1993). Balinese spatial orientation. Journal of Royal AnthropologicalInstitute, 4, 689- 731.

– Contoh penulisan buat lebih dari 7 penulis

Yonky, M. A., Ramin, S. Meter., Rush, A. J., Nanna, M. A., Carmody, F., Maria, D.,… Leveno, K. J.( 2005). Onset and persistence of postpartum depression in an inner- city maternal health clinic system. American Journal of Psychiatry, 158( 11), 1856- 1863. doi: 10. 1156/ appi. ajp. 155. 12. 1856

– Contoh penulisan dari online ataupun internet dengan doi

Sally, P., Rauschnabel, M. A.( 2013, Januari). Selling with technology: Understanding the resistance to mobile sales assistant use in retailing. Journal of Personal Selling& Sales Management, 34( 2), 245- 235. doi: 15. 1080/ 08853554. 2016. 1208105

– Contoh penulisan dari online ataupun internet tanpa doi

Jammy, J.( 2012). E- Leadership in higher education: The fifth“ age” of educational technology research. British Journal of Educational Technology, 45( 6), 889- 915. Retrieved from http:// onlinelibrary. wiley. com/ journal/ 10. 1111/( issn) 14678535; jsessionid=956132f3de76eeb120577e9

2. MLA Style

MLA style ataupun Modern Languange Association terbuat sangat simpel dan lumayan gampang apabila dibanding style penulisan daftar pustaka lain. Style MLA umumnya digunakan dalam kutipan serta daftar pustaka pada bidang seni, bahasa, sastra, bidang agama, pancasila, kewarganegaraan, ilmu sosial dasar, ilmu alamiah dasar, serta ilmu budaya dasar.

Format MLA Style:

Nama akhir, Nama awal.” Judul postingan”. Nama jurnal Volume. edisi( Tahun publikasi): Media.

  • Contoh penulisan buat satu penulis:
    Jones, Karlina.“ Beyond Growth: Library and Development.” Annals of Library Research 40. 5( 2011): 1101‐1030. Print.
  • Contoh penulisan buat 2 ataupun 3 penulis:
    Simone, John, Jane Doe, and Bobby Anderson.“ Studies in pop rocks and Coke.” Weird Science 12( 2001): 72- 90. Print.
  • Contoh penulisan buat lebih dari 3 penulis:
    Simone, John, et al.“ Studies in pop rocks and Coke.” Weird Science 12( 2009): 72- 90. Print.
  • Contoh penulisan dari online ataupun internet
    Jobe, Karen D.“ Women and the Language of Hackerdom: The Gendered Nature of Hacker Jargon.” Kairom 5. 2( 2001): n. pag. Website. 26 Jun. 2002

Seperti itu slah beberapa penjelasan dan cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang bisa kalian ketahui dan terapkan dalam riset ataupun makalah yang sedang dibuat. Di negara lain, bisa jadi metode menulis pustaka dari jurnal berbeda caranya. Jadi kalian wajib lebih cermat waktu menulis daftar pustaka. Selamat mencoba dan tetap semangat yaa