Bisnis

Pengertian Teks Debat, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh

Mengenal Teks Debat: Struktur, Ciri-Ciri & Unsur | Bahasa Indonesia Kelas 10

Teks Debat – Kali ini saya akan menjelaskan teks debat. Daripada penasaran, berikut penjelasan lengkapnya.

Definisi Teks Debat

Menurut KBBI, debat dapat diartikan sebagai saling mempertahankan pendapat dengan saling memberi alasan, berdiskusi, dan bertukar pendapat tentang sesuatu. Oleh karena itu, teks debat juga dapat diartikan sebagai teks yang berisi pernyataan dan argumen di mana para pihak berdebat tentang masalah tertentu, dengan tujuan mendiskusikan, memutuskan, dan mengevaluasi perbedaan.

 

Baca Juga : Publikasi Jurnal Cepat

Tujuan teks debat

  • Meningkatkan kemampuan untuk mengatasi masalah
  • Berani menyampaikan pendapat
  • Meningkatkan, mendemonstrasikan, dan mengembangkan komunikasi lisan
  • Mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain agar sesuai dengan argumen yang diajukan

 

Fitur teks debat

  1. Ada dua tim yang berdebat, tim setuju dan tim lawan
  2. Ada dua sudut pandang, pro dan kontra
  3. Ada sentris
  4. Anda harus berjuang untuk menang
  5. Ada proses untuk mempertahankan pendapat pihak lain

Struktur teks debat

  • Pendahuluan: Salam dan perkenalan akan diberikan pada tahap ini
  • Menyajikan argumen: Pada tahap ini, masing-masing tim, seperti Dissenting, Affirming, dan Neutral, akan mempresentasikan argumen mereka pada pernyataan topik.
  • Debat: Pada tahap ini, masing-masing tim, tim lawan dan tim yang menegaskan, memberikan komentar, sanggahan, dan dimediasi oleh tim netral.
  • Kesimpulan: Pada tahap ini, tim Penentang, Peneguh, dan Netral akan mengambil kesimpulan atas usul, sanggahan, dan pendapat tim lain.
  • Penutup: Pada tahap ini moderator memberikan kesimpulan yang komprehensif tanpa memihak, kemudian menutup debat dengan salam.

Etika dan Prosedur Debat

  1. Ajukan pertanyaan profesional yang tidak menghina atau meremehkan lawan Anda. Pertanyaan juga tidak boleh bersifat pribadi, tetapi harus fokus pada masalah yang dimaksud.
  2. Saat menyampaikan ide, kenali dan pahami kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini penting untuk menyusun strategi agar Anda bisa lebih mudah menyangkal dan memengaruhi lawan.
  3. Mengungkapkan gagasan secara akurat dan dapat ditafsirkan. Tambahkan juga data yang valid untuk memperkuat argumen atau gagasan.
  4. Mengetahui dan menegakkan aturan debat yang disepakati.
  5. Menyajikan argumen dengan analisis kritis, rasional, dan koheren.
  6. Jangan terlalu banyak berargumentasi, karena waktu yang ditawarkan terbatas.
  7. Menyampaikan kesimpulan tidak perlu panjang-panjang, poin-poin yang cukup untuk memperkuat argumen dan berkomunikasi dengan jelas untuk menunjukkan keyakinan pada argumen.

aturan teks debat

  • menggunakan kata-kata demonstratif
  • Gunakan bahasa standar
  • Fakta

contoh teks debat singkat

Contoh teks debat tentang sekolah penuh waktu

tuan rumah:

Berita tentang keputusan pemerintah untuk memperkenalkan sekolah penuh waktu ke semua sekolah telah mengejutkan banyak orang, terutama orang tua siswa. Komentar positif untuk dukungan dan komentar negatif untuk penolakan membuat kami berpikir, tepatkah Indonesia menerapkan sekolah penuh waktu untuk semua jenjang pendidikan?

Panel konfirmasi (panel yang menyetujui mosi)

Kami dari kelompok afirmatif sangat setuju dengan keputusan pemerintah tentang sekolah penuh waktu di sekolah. Dengan full-time schooling, siswa belajar secara maksimal dan diawasi langsung oleh guru yang mengawasi mata pelajaran siswa.

Tim lawan (tim yang menolak mosi)

Kami di oposisi menentang keputusan ini. Karena sebagai anak-anak, kita juga membutuhkan waktu untuk mengembangkan diri, terhubung dengan keluarga dan sosial.

tim netral

Sebagai siswa, kita sangat membutuhkan bimbingan dari sekolah dan keluarga. Pengetahuan itu penting, tetapi begitu juga keluarga dan interaksi sosial. Memang, kita harus mengalokasikan waktu kita dengan bijak agar masa muda kita tidak sia-sia.

Berikut adalah makna, karakter, struktur, tujuan dan contoh teks debat. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.