Pengertian dan Hukum Nikah Siri

Pernikahan Siri adalah suatu pernikahan yang dilakukan oleh seseorang bersama ada wali, memenuhi rukun dan syarat nikah tetapi tidak didaftarkan di Kantor Urusan Agama (KUA) bersama persetujuan kedua belah pihak. Ada banyak sekali alasan dan petimbangan seseorang jalankan nikah siri ini.

Nah, pada peluang kali ini kita dapat coba membahas sedikit lebih dalam perihal nikah siri. Yuk, simak bersama seksama.

Pengertian Nikah Siri

Ada dua pemahaman perihal pengertian nikah siri di kalangan penduduk Indonesia.

-Nikah siri disimpulkan sebagai suatu akad nikah yang tidak dicatatkan di Kantor Urusan Agama, tetapi syarat serta hukumnya udah cocok bersama hukum agama Islam.

-Nikah siri disimpulkan sebagai suatu pernikaan yang dilakukan tanpa ada wali nikah yang sah berasal dari pihak perempuan.
Lantas berasal dari seluruh itu, bagaimana sih sesungguhnya nikah siri itu sendiri menurut hukum Islam?Hukum

Nikah Siri Menurut Agama Islam

Ada sebagian penjelasan perihal hukum jalankan nikah siri menurut syariat agama Islam.

1. Hukum Pernikahan tanpa Wali

Wali nikah menurut mayoritas ulama merupakan keliru satu rukun sahnya akad nikah. Jika keliru satu rukun tidak terpenuhi, maka mampu dipastikan nikah selanjutnya menjadi tidak sah. Kalau pun tersedia sebagaian orang yang berpendapat bahwa wali nikah tidak terhitung keliru satu rukun nikah, maka pendapat selanjutnya sangatlah lemah.

 

2. Nikah Siri yang Tidak dicatatkan pada Lembaga Catatan Sipil Negara

Pernikahan semacam ini sah jika memenuhi rukun-rukun pernikahan yakni ada wali, dua orang saksi serta ijab qabul.
Nabi udah memberi saran umatnya untuk memberi menyadari pernikahan bersama mengadakan walimah. Acara walimah ini terlampau direkomendasikan oleh Nabi walaupun hukumnya tidak hingga sunah muakkad.

Banyak sekali hal positif yang mampu didapat disaat seseorang menyelenggarakan walimah. Antara lain mampu menghambat terjadinya firnah, memudahkan penduduk sekitar untuk beri tambahan kesaksian jika tersedia persoalan yang menyangkut kedua mempelai, serta mampu memudahkan penduduk untuk menyadari bahwa seseorang udah menikah atau belum.

Nikah siri kebanyakan dilakukan oleh para pejabat serta orang-orang kaya. Mereka melakukannya tanpa sepengetahuan berasal dari istri dan bersama sengaja tidak dicatatkan di KUA. Sebenarnya secara syariat hal selanjutnya boleh dilakukan, agar halal untuk berhubungan layaknya suami istri. Namun, di Indonesia sendiri Nikah Siri tetap dianggap tabu.

Mengingat keutamaan walimah itu sendiri, tersedia baiknya jika tidak dalam kondisi terdesak sebaiknya tidak jalankan nikah siri.