Pembangunan Desa Wisata
Informasi

Langkah Awal Pembangunan Desa Wisata

Pembangunan desa wisata termasuk agenda pembangunan yang efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa. Dinilai sangat efektif untuk meningkatkan kesejahteraan, sehingga membuat banyak desa di Indonesia berbondong-bondong memperindah desanya agar menjadi desa wisata.

Apa saja Langkah yang Harus Dilakukan Agar Pembangunan Berhasil?

Dalam membangun desa wisata, terdapat berbagai langkah atau tahapan yang harus dilakukan. Melalui langkah-langkah tersebut, maka bisa membuat pembangunan berjalan lancar. Sehingga potensi ekonomi yang dihasilkan semakin meningkat. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membangun desa wisata.

1. Adanya Komitmen Bersama

Langkah yang pertama yaitu adanya komitmen bersama. Komitmen bersama antara pemerintah desa, masyarakat luas, dan komunitas masyarakat sangat penting sebelum mulai pembangunan desa wisata.

Tanpa adanya komitmen bersama, maka akan sulit membangun desa wisata secara berkelanjutan. Agar mendapatkan komitmen bersama, tentu diperlukan proses panjang yang tidak mudah. Namun langkah ini tetap harus dilakukan agar pengembangan potensi melalui desa wisata bisa berjalan lancar.

2. Pemetaan Potensi Wisata dan Komoditas Unggulan Desa

Pemetaan potensi wisata dan komoditas unggulan desa menjadi bagian penting yang harus dilakukan sebelum membangun desa wisata. Proses pemetaan potensi wisata dan komoditas yang dimiliki desa bisa dilakukan melalui musyawarah seluruh komponen desa. Mulai dari perangkat desa hingga berbagai kelompok yang ada di desa.

Terdapat berbagai aspek potensi yang bisa dilakukan pemetaan, mulai dari potensi alam, sejarah, hingga seni dan kebudayaan. Adanya pemetaan potensi dan komoditas unggulan yang dimiliki desa tentu membuat proses pembangunan berjalan lancar.

3. Perbanyak Promosi ke Masyarakat Luas

Langkah terpenting agar membangun desa wisata bisa berkelanjutan yaitu sering melakukan promosi ke masyarakat luas. Tanpa promosi, tentu akan sulit mengenalkan desa wisata ke masyarakat. Oleh karena itu, promosi sangat penting agar desa wisata semakin dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

Kamu bisa melakukan promosi menggunakan berbagai media online seperti Instagram maupun Facebook. Selain itu, kamu juga bisa membuat acara untuk mengundang perhatian dan mengenalkan desa wisata ke masyarakat luas.

Melalui langkah di atas, maka akan lebih mudah saat pembangunan desa wisata. Jika kamu ingin pembangunan wisata lebih optimal, maka bisa berkonsultasi kepada konsultan pariwisata dan RIPPARDA. Melalui konsultasi dengan ahlinya di bidang pariwisata insanwisata.com, tentu membuat proses pembangunan menjadi lebih maksimal.

Comments Off on Langkah Awal Pembangunan Desa Wisata