Peluang Usaha Di Daerah Pedesaan
Bisnis

Peluang Usaha Di Daerah Pedesaan

Kontribusi desa dalam mendukung perekonomian nasional tidak diragukan lagi. Selain itu, rencana pembangunan pedesaan menjadi prioritas pemerintah pusat dalam beberapa tahun terakhir, terutama untuk meningkatkan sektor ekonomi.

Selain itu, kembalinya literasi ke desa merupakan salah satu sumber daya yang penting untuk mendorong perekonomian desa, salah satunya dengan memulai usaha di desa. Berikut ini adalah berbagai peluang usaha di pedesaan;

  1. Bisnis Pulsa

Jual pulsa adalah salah satu bisnis yang menjanjikan di desa, karena bisnis ini termasuk bisnis borjuis kecil, tetapi menghasilkan banyak keuntungan di pedesaan. Karena jumlahnya yang banyak, kita juga bisa dengan mudah mencari agen atau distributor dari berbagai operator.

  1. Penjualan Token Listrik

Lambat laun, masyarakat kini beralih ke sistem listrik prabayar yang menggunakan token listrik, termasuk masyarakat di desa.

  1. Usaha Galon

Peluang usaha di desa sangat beragam dan berkembang. Usaha pengisian air galon merupakan salah satu usaha yang menjanjikan di desa ini, karena pada umumnya desa ini memiliki mata air yang melimpah dan kualitas air tanah yang baik. Selain itu, berbagai alat instalasi perusahaan penyimpan air minum juga mudah ditemukan, baik secara online maupun langsung ke toko.

Apalagi dengan semakin meningkatnya penggunaan dispenser air listrik tentunya bisnis pengisian galon menjadi bisnis yang menguntungkan di desa tersebut, dan prospek ke depan cukup menjanjikan.

  1. Jasa Pangkas Rambut

Kami kutip dari website anakpelajar.com, Jenis usaha ini merupakan peluang usaha yang potensial bagi desa di masa yang akan datang. Dengan cara ini, warga desa tidak perlu lagi repot pergi ke kantor jalan atau kota kabupaten untuk mencari jasa tukang cukur.

Apalagi sekarang sudah banyak pelatihan dengan harga terjangkau yang bisa menjadikan seseorang penata rambut handal.

Ketika berbisnis di desa, bisnis barbershop bisa dijalankan secara fleksibel, baik di tempat, oleh warga, maupun mobile, jika kita membutuhkannya, kita bisa mencari konsumen.

  1. Jualan Kue Tradisional

Setiap desa umumnya memiliki jajanan khas yang masing-masing memiliki cita rasa tersendiri. Oleh karena itu, menjual kue kering tradisional pedesaan merupakan bisnis yang menguntungkan di desa karena masih banyak diminati. Hal ini karena jenis usaha desa selalu mendapat tempat di hati masyarakat perkotaan, ditambah dengan perkembangan teknologi pengemasan, dapat membuat kemasan pegangan tradisional lebih higienis dan menarik.

Oleh karena itu, jenis usaha di desa ini juga akan membantu meningkatkan taraf hidup para petani di desa.

  1. Usaha Pertanian Hidroponik

Hidroponik adalah metode pertumbuhan yang mengandalkan media hidroponik dan menambahkan berbagai nutrisi.

Secara umum, masyarakat pedesaan menggantungkan mata pencahariannya pada pertanian, sehingga menjalankan bisnis pertanian hidroponik bukanlah hal yang sulit untuk dipelajari dan dikelola. Selain itu, peluang bisnis semacam ini di desa ini, bahan pemasangan juga mudah didapat dan dirakit. Ada banyak tutorial di channel Youtube yang menjelaskan cara menggunakan hidroponik untuk bercocok tanam.

  1. Ternak Ayam Kampung

Sedikitnya dana yang dibutuhkan juga menjadi faktor utama mengapa beternak ayam kampung di desa menjadi bisnis yang menjanjikan, karena tidak membutuhkan dana yang cukup besar seperti beternak kambing atau sapi.

Selain itu, jenis usaha di desa ini berpeluang untuk menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan terutama di bidang peternakan dan pangan yang biasanya dapat membantu petani dari awal hingga panen.

  1. Usaha Sewa Alat Pertanian

Bagi masyarakat yang memiliki dana cukup dan sedang mencari peluang usaha di pedesaan, ada baiknya untuk melihat jenis usaha yang satu ini.

Apalagi saat memasuki musim-musim tertentu, seperti panen atau tanam, permintaan bajak atau alat panen sangat tinggi.

  1. Usaha Jahit

Usaha menjahit merupakan usaha yang lebih menjanjikan di pedesaan. Apalagi cakupan bisnis ini sangat luas dan peluang inovasinya besar. Karena perkembangan peluang usaha di pedesaan sangat dinamis, sangat cocok bagi anak muda yang semangat belajar dan berinovasi.

Saat ini, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, ada banyak pilihan pembelian mesin jahit, baik itu pembelian langsung, pembelian kredit atau sewa langsung.

  1. Penjualan Aneka Bibit Tanaman

Selain kondisi lingkungan yang sangat menguntungkan seperti jauh dari polusi dan dekat dengan sumber air, menjual berbagai jenis bibit tanaman merupakan bisnis yang menjanjikan di desa ini. Keanekaragaman bibit juga memberi kita banyak pilihan untuk berbisnis di desa ini.