Pelatih Ekuador Minta Pemain Potong Kuku Gegara Satu Gol Dianulir VAR

Gol Enner Valencia Dianulir

Pelatih Ekuador, Gustavo Alfaro, menanggapinya dengan bercanda menanggapi batalnya gol Enner Valencia. Dia memerintahkan pemain offside-nya, Michael Estrada, untuk memotong kuku tangan dan kakinya.

Ekuador berhasil mengalahkan Qatar dengan skor 2-0 pada laga pembuka Piala Dunia 2022 di Stadion Al Bayt, Minggu (20/11/2022) malam WIB. Enner Valencia mencetak dua gol dalam pertandingan tersebut.

Canda pelatih Ekuador Gustavo Alfaro usai kemenangan atas tim tuan rumah, Qatar. Hal itu terkait ketika gol Enner Valencia di menit ke-3 dianulir VAR karena Michael Estrada lebih dulu offside.

Pada akhirnya, Ekuador yang menguasai pertandingan mampu menyudahi pertandingan dengan skor 2-0, menjadikan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia pertama yang kalah di laga pembuka.

Pembatalan gol Enner Valencia membuat banyak netizen bingung. Bahkan para pemain dan ofisial Ekuador pun bingung mengapa wasit David Orsato membatalkan gol tersebut.

Estrada Perlu Memotong Kuku Kakinya

Para pemain bertanya kepada saya selama pemeriksaan VAR, ‘apa yang terjadi?'”, kata Alvaro.

Gustavo berkata Estrada perlu memotong kuku kakinya. Dalam gambar tayangan ulang, kakinya tertangkap offside.

“Saya tidak melihat apa yang terjadi tetapi rekan-rekan saya melihat videonya. Michael Estrada perlu melakukan sesuatu pada kuku tangan dan kakinya, mereka sangat kencang,” tambahnya bercanda.

Situasi ini pernah dialami Tottenham Hotspur di ajang Piala Liga Inggris beberapa tahun lalu. Keputusannya pun sama, yakni offside.
Bedanya, saat itu Harry Kane dalam posisi offside, sedangkan di kubu Ekuador justru Michael Estrada.

Memang dalam aturan umum mengenai offside, orang awam pasti akan menganggap bahwa prosesi gol itu sah dan tidak ada offside. Tapi ada sesuatu yang istimewa tentang gol Valencia dan Harry Kane.

Kiper Qatar Saad Alsheeb maju untuk menepis bola, menempatkan bek sebagai orang terakhir. Nah, bek asal Qatar itulah yang ‘berganti peran’ menjadi penjaga gawang.

Sedangkan untuk Alsheeb, ia berganti peran menjadi outfield player alias bukan penjaga gawang. Saat itu posisi Michael Estrada sudah offside sehingga gol Enner Valencia dianulir.

Referensi : https://www.bola.com/piala-dunia/read/5130892/piala-dunia-2022-gol-enner-valencia-dianulir-pelatih-ekuador-suruh-pemainnya-potong-kuku