Tips Trik

Panduan Membersihkan Sofa Secara Mandiri di Rumah

Sedang berusaha tuk hilangkan bintik-bintik noda yang menurunkan kualitas penampilan sofa Anda? Bintik toda memang menyebalkan, tetapi rupanya bukan hanya bintik bandel saja yang gampang mengotori sofa, polutan yang melekat pada bahan sofa pun demikian menganggu. Mulai dari asap hasil memasak di dapur, debu yang masuk di luar rumah, dan bulu hewan piaraan.

Sekali pun di luar fisik sofa tidak nampak kotor, bisa saja kotoran atau bakteri yang melekat di antara sofa menjadi masalah baru. Dengan demikian, kenyamanan sofa tetap perlu diperhatikan yaitu salah satunya dengan menjaga kebersihannya. Perlu kiranya sofa dilakukan perawatan secara berkala.

Sebelum menentukan langkah yang pas untuk bersihkan bahan sofa, Anda bisa mengecek terlebih lebih dulu panduan perawatab yang tercantum atau tersemat pada produk sofa yang Anda miliki. Umumnya, setiap sofa memiliki buku panduan yang menyajikan tips membersihkan secara tepat sesuai model dan materialnya. Jika sudah, Anda bisa memulainya dengan hal-hal berikut ini!

 

1. Angkat Debu dengan Vacuum Cleaner

Waktu membersihkan rumah dengan vacuum cleaner, janganlah lupa juga untuk mengisap kotoran dan debu yang bersarang di sofa. Bukan hanya pada permukaan bahan sofa saja, dudukan sofa, sisi dalamnya, dan antara sofa pun perlu dibersihkan dengan vacuum cleaner. Vacuum cleaner tipe handheld menjadi opsi terbaik untuk mengisap kotoran sampai ke area yang susah untuk dijangkau.

 

2. Pakai Air dan Alkohol

Bila bintik membandel melekat pada bahan sofa, langkah membersihkannya lumayan gampang. Anda cukup menambah air dengan detergen, selanjutnya basuhkan secara perlahan pada bahan sofa yang terserang bintik berkerak dengan lap atau spons. Upayakan untuk tidak berlebihan atau secara kasar, karena dapat merusak bahan sofa.

Sedangkan, untuk noda-noda yang lebih bandel, seperti tinta, cat, dan darah semakin lebih susah untuk dibersihkan. Tapi tenang, tetap bisa kok. Anda bisa mengawali prosesnya dengan mengeringkan bintik itu dengan vacuum cleaner atau hair dryer.

Lalu kombinasikan pencuci antara air dan detergen dan bisa ditambah alkohol. Kerjakan hal sama sama seperti yang diterangkan awalnya waktu mengimplementasikan kombinasi pencuci pada bahan sofa. Sesudah dicuci, keringkan dengan lap kering.

3. Pakai Cuka untuk Bintik Bandel

Cuka memiliki kandungan zat asam klorin yang sanggup hilangkan bintik bandel lebih efisien dan efektif. Karena itu, bila bintik tidak juga tersamarkan, Anda perlu mencoba mencampurkan air dengan cuka untuk melawan bintik membandel ini.

Bila bintik pada bahan sofa tidak kunjung raib, maka pakailah cairan pencuci khusus. Tetapi tetap perlu diingat, jangan sampai cairan khusus memiliki zat kimia yang terlalu keras yang akan merusak kondisi sofa itu sendiri.

 

4. Perawatan Spesial Sofa Kulit

Beberapa sofa memiliki bahan kulit, yang kemungkinan lebih tahan lama berbahan sofa yang lain. Akan tetapi sofa kulit membutuhkan perawatan spesial pula. Jika tidak dilakukan perawatan yang tepat, bahan sofa kulit rawan terkelupas atau sobek.

Membersihkan permukaan sofa secara berkala, semisal dalam kurun waktu dua atau tiga bulan sekali dengan lap yang dibasahi air bisa dibilang sederhana, tapi penting. Hal ini dilakukan untuk mengindari penumpukan kotoran dalam kurun waktu lama, sehingga menjadi kerak atau noda yang membandel dan susah dihilangkan.

Nah sobat, itulah sedikit panduan bagi Anda yang ingin membersihkan sofa secara mandiri di rumah. Tetapi bagi Anda yang ragu, Anda bisa memilih layanan cuci sofa yang profesional. Nah bagi Anda yang tinggal di Bandung, jasa cuci sofa Bandung yang sangat rekomended ialah Cipta Karya Utama. Jasa ini sangat profesional dan memberikan hasil terbaik untuk semua jenis sofa Anda.

Comments Off on Panduan Membersihkan Sofa Secara Mandiri di Rumah