Panduan Membersihkan Kostum Maskot

Penampilan kostum maskot Anda sangat menyenangkan bagi semua orang. Tetapi untuk tetap bersenang-senang, Anda harus memastikan maskot Anda bersih dan terlihat terbaik. Membersihkan maskot mungkin tampak seperti pekerjaan besar, tetapi tips dan trik ini dapat membantu membuatnya lebih mudah.

https://tiaramaskot.com

Sebelum kamu memulai

Tentukan metode terbaik untuk membersihkan maskot Anda. Hubungi produsen untuk mendapatkan bantuan atau ikuti instruksi yang mereka berikan. Jika itu tidak memungkinkan, Anda memiliki dua pilihan lain. Anda dapat menggunakan panduan umum kami atau memilih layanan cuci bersih maskot.

Pembersihan kering umumnya harus dihindari. Bahan kimia dan panas yang digunakan selama proses ini dapat menyebabkan kerusakan yang seringkali tidak dapat diperbaiki. Gunakan sabun lembut atau deterjen dan air untuk membersihkan maskot. Sebaiknya periksa deterjen atau penghilang noda di area yang tidak mencolok, seperti jahitan bagian dalam, untuk memastikan tidak merusak kain atau menghilangkan warna.

Langkah pertama dan penghilangan noda

Bongkar kostum maskot Anda untuk memudahkan pembersihan. Tempat yang baik untuk memulai adalah menghilangkan noda atau kotoran permukaan. Singkirkan kotoran kering dengan menyikat area dengan lembut menggunakan sikat hewan peliharaan atau rol serat. Sikat hewan peliharaan juga dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran dari pengencang Velcro. Kain lembab mungkin cukup untuk menghilangkan beberapa noda. Orang lain mungkin memerlukan perawatan spot dengan penghilang noda.

Pembersihan keseluruhan

Bagian-bagian seperti setelan tubuh bagian dalam, penutup sepatu, sarung tangan, pakaian, dan bantalan bagian dalam yang dapat dilepas sering kali dapat dicuci dengan mesin dengan air dingin. Manfaatkan itu untuk membuat pekerjaan pembersihan maskot Anda sedikit lebih mudah. Bagian dengan dekorasi halus harus dicuci dengan tangan.

Untuk bagian maskot Anda yang tidak bisa dicuci dengan mesin, cara terbaik dan termudah untuk membersihkan maskot adalah dengan menggunakan penyedot debu basah kering. 

Ini akan memastikan sebanyak mungkin air dikeluarkan dari kostum dan memungkinkannya mengering lebih cepat dan menyeluruh. Mirip dengan membersihkan jok atau karpet, semprotkan larutan pembersih Anda pada suatu area, gosok perlahan dan keluarkan sabun dengan penyedot debu. Gunakan air biasa untuk membilas dan gunakan kembali vakum kering basah untuk menghilangkan air. Ulangi pembilasan sampai semua sabun hilang.
Area plastik dapat dibersihkan dengan tisu alkohol selama tidak menghilangkan cat, serta air sabun hangat dan kain.

Di dalam kepala bisa disemprotkan dan dilap hingga bersih. Tergantung pada bahannya, Anda mungkin perlu membersihkan bagian dalam dengan cara yang sama seperti Anda membersihkan bagian luar, dengan menyemprot, menggosok, dan membilas. Jika maskot Anda memiliki kipas ventilasi, pastikan untuk melepasnya terlebih dahulu jika memungkinkan.

Pengeringan

Kecuali jika instruksi Anda secara khusus mengatakan bahwa pengeringan dengan mesin tidak apa-apa, yang terbaik adalah menghindari pengering. Bulu sering kali kusut dan beberapa kain bahkan bisa meleleh karena panas. Menggunakan pengering tidak apa-apa, pada pengaturan ‘hanya udara’. 

Sebagai gantinya, gantung kostum dan biarkan mengering secara menyeluruh. Ini sangat penting! Menyimpan kostum maskot yang masih lembap akan menimbulkan jamur dan lumut yang kemungkinan akan merusak kostum maskot Anda. Paling tidak akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan kondisi yang tidak sehat yang mengharuskan kostum dibersihkan kembali sebelum dapat digunakan.

Untuk demonstrasi yang lebih mendalam tentang metode pembersihan vakum kering basah dan tips pembersihan maskot bermanfaat lainnya,  Untuk informasi lebih lanjut tentang pembersihan maskot profesional atau pembelian kostum maskot, hubungi Tiara Maskot