Menikmati Secangkir Espresso Coffee
Tips Trik

Menikmati Secangkir Espresso Coffee

Para pecinta kopi tentunya sudah tidak asing lagi dengan espresso coffee. Pada dasarnya kopi ini dibuat dengan menggunakan temperatur tinggi baik itu pada tekanan bar dan air. Bukan hanya itu saja, bubuk kopi yang digunakan untuk membuat espresso menggunakan bubuk kopi yang telah digiling hingga halus. Untuk hasil terbaik, bubuk kopi kemudian dipadatkan dan diratakan di portafilter.

Kopi espresso memang terlihat biasa saja dengan warna kopi yang pekat, namun nyatanya ia memiliki beberapa lapisan menarik yang jarang diketahui. Lapisan atas adalah crema, bagian tengah adalah cairan kopi asam dan manis, dan bagian bawah adalah cairan gelap atau The Heart of Espresso.

Penyajian Espresso Coffee

Proses pembuatan espresso bisa dikatakan cukup fleksibel karena dapat diproduksi dengan alat manual atau mesin modern otomatis. Selain itu, Anda dapat menyajikannya single shot atau double shot. Cara penyajian kopi espresso pada umumnya yaitu :

  1. Hindari menambahkan gula untuk rasa kopi yang original.
  2. untuk mempertahankan rasa unik dari kopi espresso yang khas, jangan menambahkan susu.
  3. Minum espresso kapanpun, dimanapun, di pagi atau malam hari
  4. Segera minum, agar dapat menikmati kelezatan crema dalam secangkir kopi espresso.

Cara Menikmati Espresso Coffee

Terdapat beberapa cara khusus yang dapat dicoba untuk bisa mendapatkan secangkir kopi espresso yang nikmat.

  1. Pesan langsung di bar dan minum dengan cepat

Begitu barista menghidangkan kopi espresso, segera minum agar tidak membuang waktu yang lebih lama. Bahkan seteguk kecil pun bisa melakukan ini. Hal ini sangat memungkinkan karena 1 cangkir espresso berukuran sekitar 30-50 ml dalam 1 shot.

  1. Bersihkan langit-langit mulut sebelum minum espresso

Jika Anda ingin menikmati secangkir kopi espresso setelah makan, sebaiknya minum soda atau sparkling water terlebih dahulu untuk membersihkan area mulut Anda. Tujuannya agar rasa dari secangkir espresso bisa dirasakan hingga ke seluruh bagian mulut.

  1. Tidak ada espresso tanpa crema

Apabila anda ke Eropa mungkin akan menemukan tradisi di mana mereka hanya minum espresso dengan crema dan menghindari kopi tanpa crema. Alasannya, crema dianggap sebagai indikator apakah secangkir espresso segar atau tidak.

  1. Hirup aroma kopi sebelum meminumnya

Terakhir, aroma kopi espresso yang kuat harus dihirup terlebih dahulu sebelum diminum. Aroma merupakan komponen utama dari spesialisasi kopi yang dapat menggugah selera para penikmat kopi. Karena itu para penikmat kopi cenderung mulai mengonsumsi kopi dengan cara menghirup dan merasakan aromanya terlebih dahulu sebelum menyeruput secangkir kopi.

Meskipun begitu, pada dasarnya setiap pengalaman minum espresso coffee dibentuk sesuai selera masing-masing. Jika ingin yang praktis, coba mesin NESCAFÉ Dolce Gusto dengan varian short cup coffee (misal Espresso atau Espresso Intenso).