Mengenal Sesar Cimandiri, Penyebab Gempa Darat di Cianjur

Mengenal Sesar Cimandi

Sesar Cimandiri menjadi penyebab gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) sore dengan kekuatan 5,6 M. Menurut Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, gempa ini juga disebabkan oleh pergeseran sesar di Sesar Cimandiri. Sehingga gempa juga dirasakan di wilayah Jabodetabek.

“Jadi gempa yang terjadi adalah gempa tektonik yang episentrumnya adalah posisi dan kedalaman gempa serta kekuatannya ada di sesar Cimandiri,” jelas Dwikorita seperti diulas Solopos.com sebelumnya.

Berdasarkan informasi dalam penelitian yang dipublikasikan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2018, sesar ini juga pernah menimbulkan gempa bumi di masa lampau, seperti gempa Pelabuhan Ratu (1900), gempa Padalarang (1910), gempa Conggeang (1948), gempa Tanjungsari (1972) ), gempa Cibadak (1973), gempa Gandasoli (1982), dan gempa Sukabumi (2001). Dari penelitian ini juga diketahui bahwa Sesar Cimandiri merupakan jenis sesar menaik.

Sesar Cimandi Penyebab Gempa Cianjur

Mengutip penelitian Fakultas Teknik Geologi Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung, Sesar Cimandiri yang menjadi penyebab gempa Cianjur 5,6 M merupakan sesar tua yang terbentuk pada akhir Eosen Tengah atau sekitar 34 juta tahun lalu. Sesar ini aktif dan menyebabkan terbentuknya ketinggian antara Lembah Ciletuh dan Lembah Cimandiri.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan LIPI menyebutkan, Sesar Cimandiri yang menjadi penyebab gempa Cianjur, Senin (21/11/2022), terbagi menjadi beberapa segmen, terbentang dari Pelabuhan Ratu hingga Padalarang.

Kemudian segmen Sesar Cimandiri Pelabuhan Ratu-Citarik, Citarik-Cadasmalang, Ciceureum-Cirampo, Cirampo-Pangleseran, Pangleseran-Cibeber, dan beberapa segmen dari Cibeber hingga Padalarang, serta segmen Padalarang-Tangkuban Perahu yang dapat dicermati sebagai lembah sungai.

Melihat beberapa fakta yang ada, tesis yang diterbitkan oleh UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (2010) menyatakan bahwa potensi kegempaan di kawasan Sesar Cimandiri relatif besar. Apalagi, ada catatan gempa bumi yang pernah terjadi di wilayah yang dilalui sesar tersebut.

Referensi : https://www.solopos.com/mengenal-sesar-cimandiri-sesar-tua-penyebab-gempa-bumi-cianjur-56-m-1479040