teknologi

Mengenal Instalasi Smoke Detector di Gedung Perkantoran

Salah satu pertanda kebakaran selain api ada juga asap. Asap punya pengkategorian partikel, yakni yang dapat dilihat dan tidak dapat dilihat. Padahal, di situasi genting kita tidak ada waktu untuk memperhatikan itu. Solusi dari pendeteksi asap pemicu kebakaran itu adalah dengan menggunakan Instalasi Smoke Detector. 

Yakni sebuah peralatan yang memiliki serangkaian sistem yang akan memberitahu jika ada asap yang memicu kebakaran. Smoke detector bekerja dengan cara mengidentifikasi setiap partikulat yang lewat.

Maka dari itu penempatan smoke detector harus diletakan di dalam ceiling. Sebab sensornya yang begitu aktif bisa saja menghidupkan smoke detector. Selain itu jauhkan juga alat sensor ini dari ruangan perokok aktif.

Bagi Anda yang punya aset berharga dan gedung perkantoran, alangkah baiknya mulai sadar untuk memakai salah satu alat pendeteksi kebakaran ini. Sebelum membeli, Anda perlu tahu kalau smoke detector memiliki beberapa jenis. Mari simak penjelasannya.

Ionisation Smoke Detector

Untuk smoke detector jenis ini akan bereaksi jika ada singgungan partikel asap dengan unsur radioaktif. Ionisation Smoke Detector cocok buat mendeteksi asap dari kobaran yang cepat. Namun kekurangannya smoke detector ini riskan false alarm yakni alarm yang bisa saja tiba-tiba berbunyi karena cukup sensitif.

Photoelectric Type Smoke Detector

Instalasi smoke detector yang ini kerjanya dari pembiasan cahaya lampu LED di ruang detector karena ada asap yang masuk. Untuk alat ini cocok digunakan di dapur karena lebih toleran terhadap konsumsi asap.

Projected Beam Smoke Detector

Selanjutnya untuk instalasi smoke detector yang ini akan bekerja jika ada pengaburan cahaya. Projected beam terdiri dari pemancar, penerima cahaya dan reflektor cahaya. Jadi ketika ada asap yang mengaburkan sinar itu, sinyal alarm akan aktif.

Aspirating Smoke Detector

Bisa juga disebut dengan Detektor Asap Aspiratif. Alat ini bekerja dengan dinamis untuk menarik sampel udara agar mendeteksi ada atau tidaknya kontaminasi di udara. Kontaminasi tadi akan dideteksi lewat jaringan pipa menuju ke ruang sensor.

Video Smoke Detector

Sesuai namanya, instalasi smoke detector yang ini mendeteksi adanya pemicu kebakaran bentuk asap lewat sensor video dalam bentuk CCTV. Caranya yakni asap yang terdeteksi oleh video tadi akan diidentifikasi oleh komputer. Jika ada asap dengan gerakan yang tidak wajar atau dengan kapasitas lebih, alarm akan menyala.

Comments Off on Mengenal Instalasi Smoke Detector di Gedung Perkantoran