Mengenal 3 Tarian Khas Bugis Makassar

Bukan hanya kaya akan ragam kuliner yang jadi ciri khasnya, kota Makassar juga memiliki khas tersendiri dalam hal seni tari. Setidaknya ada 3 tari tradisional khas Makassar, apa saja? Ikuti informasinya dalam artikel ini.

 Tarian Khas Bugis Makassar

Inilah  tarian khas Makassar yang harus kamu ketahui

  • Tari Pakarena

Tari Pakarena merupakan tarian khas tradisional Bugis Makassar,  tarian ini diiringi dengan 2 gendrang atau kepala drum dan sepasang instrumen seperti seruling,  Tarian ini dimainkan oleh 4 orang penari perempuan, dengan gerakan yang sarat makna dan artistik.

Tarian Pakarena terdiri atas 12 bagian yaitu posisi duduk pada awal dan akhir tarian, lalu gerakan berputar seperti arah jarum jam, yang menunjukan siklus hidup manusia. Lalu gerakan naik turun yang mencerminkan irama kehidupan.

  • Tari Gandrang Bulo

Tarian asal Bugis Makassar selanjutnya adalah Tari gandrang bulo. Tarian ini dimainkan oleh beberapa laki-laki, dan biasa ditampilkan dalam acara rakyat Makassar. Dalam tarian ini tidak ada gerakan baku.

Para penari akan berputar menampilkan beberapa gerakan tarian dengan jenaka untuk mengundang Tawa Penonton, Seperti Melakukan Gerakan seperti monyet, gerakan pincang dan sebagainya. Tarian ini menarik dan seru disaksikan.

  • Tari Paduppa Bosara

Tarian khas Makassar selanjutnya adalah Tari Paduppa Bosara. tarian yang satu ini biasa ditampilkan pada acara penting untuk menyambut raja. Tarian ini juga sering ditampilkan dalam acara adat, acara perkawinan dan untuk menyambut tamu agung.

Sumber: Berita Makassar

Baca Berita Lain di Baaca.id