Memanaskan Air Tak Perlu Repot dengan Water Heater

Water heater atau pemanas air adalah suatu alat yang digunakan untuk memanaskan dan menghangatkan air secara langsung ke dalam aliran air keran di rumah. Water heater ini juga membutuhkan sumber energi alternatif yang dapat digunakan untuk memanaskan air. Water heater lebih singkatnya yang sudah meluas di berbagai masyarakat yang  biasa menyebutnya yaitu pemanas air.

Alat water heater ini termasuk alat yang terbaik menjadi beberapa macam seperti water heater tenaga surya, water heater tenaga gas, dan water heater tenaga listrik. Nah, jika Anda ingin mengetahui jenis water heater, maka simak penjelasan dibawah ini.

Jenis Water Heater

1. Solar Water Heater

Pemanas air tenaga surya  yang dikenal dengan  sebutan solar water heater adalah alat yang digunakan untuk memanaskan air dengan memanfaatkan tenaga matahari.

Komponen utama penyusun water heater tenaga surya adalah kolekter penyerap panas. Kolektor penyerap panas merupakan jumlah luas area yang tersedia untuk menyerap energi matahari.

2. Water Heater Tenaga Gas

Gas water heater merupakan salah satu alat yang juga digunakan untuk memanaskan air atau menghangatkan air. Bedanya, water heater ini menggunakan energi gas sebagai sumber panasnya.

Sebelum adanya alat ini, ketika ingin mandi menggunakan air panas, maka harus memasak air terlebih dahulu. Tetapi, sekarang sudah ada alat yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari dalam rumah tangga yang  lebih praktis yaitu pemanas air atau water heater.

3. Water Heater Tenaga Listrik

Electric storage water heater merupakan alat yang digunakan untuk memanaskan air atau menghangatkan air menggunakan energi listrik sebagai sumber panasnya. Pemanas air atau water heater listrik jenis ini menggunakan tangki untuk menyimpan air panas sebelum digunakan. Water heater ini letaknya ada di luar bagian kamar mandi.

Manfaat Water Heater

Anda mungkin tidak asing lagi mendengar alat rumah tangga yang satu ini yang sudah terkenal luas. Water heater merupakan alat kebutuhan hangat untuk keluarga. Water heater juga sudah digunakan di berbagai tempat seperti rumah, kantor, hotel ataupun penginapan.

Adapun produk yang biasa digunakan mempunyai dua tipe. Tipe yang pertama menggunakan solar cell atau tenaga surya, sedangkan tipe yang kedua menggunakan tenaga listrik.

Ada beberapa manfaat yang digunakan untuk water heater yaitu:

1. Lebih Hemat

Banyak orang yang mengira bahwa menggunakan water heater akan memakan biaya listrik yang cukup besar. Jika Anda ingin menggunakan water heater dengan hemat hendaknya pastikan untuk memilih tipe water heater dengan tepat.

Tetapi ada beberapa hal penting yang dapat Anda pertimbangkan sebelum membeli water heater, diantaranya adalah :

  1. Pertimbangkan dengan orang yang dirumah

Jumlah anggota keluarga berkaitan dengan memilih kapasitas tangki. Gunakan tangki 30 liter untuk 3-4 orang.

  1. Cek ketersediaan pipa air hangat dan dingin
  2. Pastikan daya listrik minimal 1300 watt
  3. Pasang dengan benar dan jangan lupa dirawat.

2. Aman Untuk Bayi

Penggunaan water heater atau pemanas air dinilai lebih  aman untuk bayi dibandingkan dengan air yang dimasak dengan kompor  gas. Selain itu, alat pemanas air ini memiliki pelapis anti bocor serta sistem keamanan yang berlapis untuk melindungi dari kepanasan.

3. Lebih Praktis untuk menunjang Persediaan Air Panas

Adanya alat pemanas air membuat ketersediaan air panas menjadi semakin mudah dan lebih cepat. Terlebih lagi, menggunakan air panas atau hangat saat mandi memiliki sejumlah manfaat yaitu membuat tubuh rileks, meredakan sakit kepala, dan memperbaiki kesehatan jantung.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup

Water heater merupakan salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk membuat hidup lebih sehat dengan persediaan air yang lebih praktis. Selain itu, penggunaan water heater dapat menunjang kualitas hidup masyarakat, khususnya yang tinggal di perkotaan, salah satunya penggunaan air hangat ketika mandi guna melepas penat seusai bekerja.

5. Mencuci Peralatan Masak dan Makan

Mencuci peralatan masak seperti penggorengan menggunakan air hangat adalah cara untuk mencegah wajan penggorengan menjadi berkerak.

Adapun wajan yang berkerak dapat dibersihkan menggunakan air panas dan larutan garam untuk merendamnya. Sedangkan untuk mencuci peralatan makan menggunakan air hangat membuat alat makan tersebut menjadi lebih steril.

6. Mencuci Pakaian

Jika Anda mencuci pakaian yang berbahan keras seperti celana jeans atau berbahan kanvas, tentunya akan lebih sulit terutama untuk menghilangkan nodanya. Cobalah gunakan air hangat untuk mencucinya, dan gunakan water heater untuk membuat air hangat tersebut.

7. Membersihkan Lantai

Jika Anda ingin membersihkan lantai menggunakan air panas, maka Anda tidak perlu memasak air di kompor terlebih dahulu. Cukup gunakan water heater untuk mengubahnya menjadi air hangat dan sesuaikan dengan suhu yang diinginkan.

 

Itulah beberapa informasi mengenai water heater yang dapat Anda jadikan referensi. Tertarik mencoba water heater untuk keperluan air panas Anda? Handal Water Heater adalah solusi terbaik bagi Anda.

Mau yang pakai tenaga listrik biar ngga makan tempat? Atau pakai tenaga surya biar tetep hemat? Atau, pakai gas biar tagihan listrik ngga meroket? Tenang, handal water heater tersedia berbagai tipe dengan beragam pilihan kapasitas tangki yang pastinya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Didukung oleh teknologi canggih dan tetap mengutamakan keamanan pengguna, serta dilengkapi oleh fitur canggih yang dapat  mati (off) secara otomatis apabila tidak digunakan ataupun telah mencapai suhu yang diinginkan agar tetap hemat dikantong dan aman bagi si kecil pastinya.