Bisnis,  Uncategorized

Memahami Tentang Arti dan Fungsi dari Kepemimpinan

Sebenarnya apa sih Kepemimpinan itu, banyak yang beranggap bahwa Kepemimpinan adalah hanya sebatas pemimpin atau leader dalam sebuah kelompok atau bahkan dalam sebuah Negara. Namun tahukah bahwa Kepemimpinan tidaklah semata hanya menjadi pemimpin saja.

Menjadi pemimpin tidaklah semudah yang di bicarakan, menjadi pemimpin juga harus siap menanggung resiko dan beban terhadap kelompok yang di pimpin. Terlebih dari itu Pemimpin juga harus punya sifat Kepemimpinan yang juga di landasan dengan teori, sifat dan tujuan dalam memimpin

Pengertian Kepemimpinan

Lalu apa Itu Kepemimpinan? Secara garis besar Kepemimpinan adalah seorang yang bisa mempengaruhi dan memandu Kelompok atau orang lain dalam mencapai tujuan.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia Pemimpin sendiri di artikan sebagai seorang yang memimpin. Jadi singkatnya pemimpin ialah seorang yang mampu memandu atau mempengaruhi sekelompok orang atau pihak lain

Pengertian Kepemimpinan menurut para ahli

– Menurut Wahjosumdjo- Kepemimpinan merupakan kemampuan dalam diri seseorang dan mencakup sifat-sifat, seperti kepribadian, kemampuan, dan kesanggupan. Kepemimpinan tidak dapat dipisahkan dari gaya, perilaku, dan kedudukan pemimpin bersangkutan dan interaksinya dengan para pengikut serta situasi.
– Menurut Stoner- Kepemimpinan adalah Sebuah proses dalam mengarahkan atau memengaruhi kegiatan terkait sebuah organisasi atau kelompok demi mencapai tujuan tertentu.
– Menurut Sondang p. Siagian- Kepemimpinan dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang saat menjabat sebagai pimpinan organisasi tertentu dalam memengaruhi orang lain, khususnya bawahannya. Ini dilakukan supaya mereka mampu bertindak dan berpikir sesuai dengan arahan tertentu supaya tujuan dapat tercapai dengan mudah.
– Menurut Hemhiel dan Coos-Kepemimpinan adalah perilaku individu ketika memimpin aktivitas dalam kelompok atau organisasi untuk mencapai tujuan bersama atau shared goal.

Fungsi Kepimpinan

Lebih dari sekedar menjadi Pemimpin, Kepemimpinan sendiri memiliki Fungsi dalam menjadi Pemimpin, adapun Fungsi dari Kepemimpinan adalah sebagai berikut:
1. Fungsi Instruktif
2. Fungsi Konsultatif
3. Fungsi Partisipasi
4. Fungsi Delegasi
5. Fungsi Pengadilan

Tujuan Kepemimpinan

Kepemimpinan sendiri memiliki Fungsi yang penting dalam sebuah kelompok. Selain untuk memandu dan sebagai pemimpin. Kepemimpinan memiliki fungsi lain, diantaranya adalah sebgai berikut :
1. Mencapai Tujuan-Seperti yang sudah di jelaskan tadi, bahwasannya Kepemimpinan memiliki peran yang sangat penting demi mencapai tujuan dalam sebuah kelompok. peranan tersebut berfungsi bahwa dengan adanya Pemimpin akan membuat proses pencapaian tujuan akan lebih terstruktur dan teratur.
2. Memotivasi Orang Lain- Dengan adanya Pemimpin yang akan memotivasi dan mempengaruhi orang lain agar bisa melakukan hal dengan baik dan bisa memaksimalkan kemampuan seseorang dengan motivasi dari seorang pemimpin.