Uncategorized

Manfaat Website Untuk Bisnis Anda

Definisi situs web adalah kumpulan informasi pada halaman yang terkait dengan suatu topik. Situs web umumnya dikemas dalam domain yang diadakan di server web (hosting) yang dapat diakses melalui alamat Internet (URL).

Dalam dunia bisnis, hosting ibarat banyak ruang kosong yang akan digunakan untuk mendirikan toko. Ukuran lahan biasanya dalam km2, sedangkan hosting menggunakan megabyte (MB).

Situs web digambarkan sebagai toko yang akan dibangun. Jika Anda memiliki lahan kosong, tentunya langkah selanjutnya adalah mendirikan ruko disana. Untuk membuat “toko”, Anda harus menjadi ahli, atau membangunnya sendiri jika Anda memiliki keterampilan.

Seputar low cost web design services dan juga best shared cloud hosting, bisa Anda baca pada tautan tersebut, silahkan bisa di klik.

Domain adalah nama toko yang sudah dibuat sebelumnya. Nama ini harus dibuat agar Anda dapat berbelanja dengan mudah oleh orang tak dikenal. Saat memilih nama toko, Anda tidak dapat menggunakan nama yang sudah ada. Misalnya: Anda tidak dapat menggunakan domain tokoabadi.com jika orang lain menggunakan.

Manfaat Situs Web untuk Bisnis

Awalnya dibuat pada tahun 1989, situs web ini digunakan sebagai alat untuk bertukar informasi tentang ilmuwan di universitas. Pada tahun 1994, website mulai digunakan untuk keperluan lain seperti bisnis (Microsoft, IBM, dan Pizza Hut), organisasi (Amnesty International), instansi pemerintah (Gedung Putih), situs berita (The Telegraph dan The Economist), dan mesin pencari ( Yahoo!).

1. Tingkatkan Kepercayaan Pelanggan

Salah satu kebiasaan umum konsumen adalah mencari produk yang ingin mereka beli terlebih dahulu. Pencarian biasanya dilakukan melalui mesin pencari Google.

Hal ini sejalan dengan riset AdWeek, dimana 81% konsumen mencari informasi di Google terlebih dahulu sebelum membeli suatu produk.

Karenanya, website memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen. Dengan menampilkan website Anda di hasil pencarian Google, konsumen akan semakin yakin dengan produk Anda.

Menurut survei Verisign, 65% pemilik bisnis mengatakan situs web dapat membuat bisnis mereka terlihat lebih tepercaya atau dapat dipercaya. Artinya website merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan suatu bisnis.

Jika website Anda tidak muncul di mesin pencari Google, konsumen tidak akan mempercayai Anda, dan dapat beralih ke produk lain yang sudah memiliki website.

2. Sebagai Toko Pusat

Menjual melalui pasar atau media sosial cukup efektif. Namun, Anda akan kesulitan menciptakan brand awareness jika hanya mengandalkan kedua platform tersebut.

Menjual melalui media sosial memang cukup efektif, namun percuma jika bisnis Anda belum memiliki website. Media sosial dapat digunakan untuk mendorong calon konsumen di media sosial agar mengunjungi situs Anda.

Anda dapat menganggap pasar sebagai cabang bisnis. Berjualan di pasar ibarat menyewa toko dari pemilik pasar. Jadi, jika ada masalah atau ada kebijakan, Anda harus mengikuti aturan pasar.

Berbeda jika Anda memiliki situs web sendiri. Dalam hal ini, Anda adalah pemilik toko yang menyewakan tanah milik Anda sendiri, sehingga Anda akan lebih leluasa dalam mengelola website Anda. Anda dapat memilih desain apa yang akan digunakan, konten apa yang akan dimuat, dan lainnya. Semuanya bisa diatur sendiri.

3. Punya Email dengan Domain Khusus

Salah satu keuntungan memiliki website adalah Anda bisa memiliki email dengan domain tertentu. Anda tidak perlu lagi menggunakan nama domain gratis seperti @ gmail.com, @ yahoo.com, @ hotmail.com, dan sebagainya.

Manfaat tersebut juga akan memudahkan konsumen dalam mengidentifikasi email bisnis resmi Anda. Cara ini sangat efektif untuk meminimalisir risiko penipuan yang mengatasnamakan perusahaan Anda.

Karena itu, segera buat website jika belum punya. Membuat website bisa jadi sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti tips mudah membuat website. Selain membuat website, Anda juga harus memperhatikan perkembangan teknologi dan informasi, seperti tren payment gateway untuk website e-commerce.

Comments Off on Manfaat Website Untuk Bisnis Anda