Manfaat Buah Sukun

Tidak hanya sebagai bahan makanan, manfaat buah sukun juga dapat dipercaya mampu mengobati dan mencegah penyakit tertentu.

Namun, apakah manfaat buah sukun untuk pengobatan dan pencegahan penyakit terbukti sangat efektif? Mari simak jawabannya berikut ini.

Buah sukun yang bernama latin Artocarpus altilis merupakan buah tropis yang bentuknya sekilas mirip menyerupai buah nangka. Namun, buah sukun ini juga memiliki daging buah yang berwarna putih, empuk dan memiliki rasa manis.

3+ Manfaat Buah Sukun

  1. Mengurangi Peradangan

Studi menunjukkan bahwa kandungan antioksidan pada buah sukun ini dapat mengurangi aktivitas sel-sel tubuh yang berperan dalam proses peradangan.

Selain itu, ekstrak pada daun buah sukun juga sangat efektif mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat peradangan.

Sekali lagi, studi itu pun masih sebatas pada hewan percobaan dan memerlukan penelitian yang lebih lanjut.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Asupan buah sukun secara teratur sangat bermanfaat untuk pergerakan usus yang tepat dan juga fungsionalisme usus. Ini diungkap dalam studi tahun 2010 di Journal of Applied Sciences and Environmental Management.

Serat yang ada dalam buah sukun sekali lagi sangat membantu mengeluarkan tinja dan juga mengeluarkan racun dari usus.

  1. Mengurangi Nyeri Sendi Dan Otot

Buah Sukun adalah makanan yang kaya akan senyawa fenolik terprenilasi. Penelitian ini menunjukkan, bahwa senyawa ini dapat membantu dalam pengobatan rematik dan juga nyeri otot.

Meski begitu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan efektivitasnya.

Baca Juga: Manfaat Buah Nangka Untuk Cacar Air