Lebih Terpercaya Sewa Bus Pariwisata di Jogja dengan Kualitas Prima

Sedang mencari rekomendasi jasa sewa bus pariwisata di Jogja dan sekitarnya? Agar lebih yakin dan lebih terpercaya sewa bus pariwisata jogja. Sebagai salah satu kota wisata paling populer di Indonesia, jogja menawarkan banyak sekali referensi tempat wisata. Lokasi masing-masing tempat wisata di jogja ini ada yang jaraknya berdekatan dan ada juga yang berjauhan. Untuk dapat menjangkau area-area wisata ini, anda tentunya memerlukan moda transportasi yang tepat agar perjalanan wisata anda nyaman dan menyenangkan. 

Ada satu rekomendasi moda transportasi yang mungkin cocok untuk agenda wisata dengan rombongan. Moda transportasi yang dimaksud adalah bus pariwisata yang biasa Anda temui di agen sewa bus pariwisata Jogja. Ada beberapa alasan mengapa bus pariwisata masuk dalam rekomendasi.

Lebih Terpercaya Sewa Bus Pariwisata di Jogja Dilihat dari Segi Kapasitas Bus

Lebih terpercaya sewa bus pariwisata di Jogja dengan alasan-alasan yang masuk akal. Alasan yang pertama adalah kapasitas. Jika kita bandingkan dengan mobil atau minibus, daya tampung armada bus pariwisata ini tentunya lebih besar, mulai dari 30 hingga 50 seat (tergantung tipe bus). Tak heran jika bus kerap menjadi kendaraan andalan untuk acara-acara touring ramai-ramai. 

Tipe Bus Beragam 

Alasan kedua mengapa bus yang biasa kita jumpai di agen-agen jasa sewa bus pariwisata Jogja adalah pilihan tipe bus yang cukup beragam. Secara umum, ada 3 tipe bus pariwisata yang bisa kita temui di kota-kota wisata. Ketiga tipe bus tersebut adalah small bus, medium bus, dan big bus. 

Big Bus Non-HD

Tipe big bus sendiri ada beberapa varian, yaitu big bus biasa atau bus non-HD (normal deck), bus HD (High Deck), bus SHD (Super High Deck), bus HDD dengan double glass. Bus normal deck alias bus non-HD adalah unit bus yang rilis sebelum 2009.  Di samping bangku supir, terdapat sebuah tonjolan yang menyerupai kuburan. Varian big bus ini umumnya dimanfaatkan sebagai kendaraan untuk perjalanan kelas ekonomi. 

Bus non-HD ini memiliki dimensi tinggi 3 hingga 3,3 meter. Sayangnya bus ini tidak memiliki ruang bagasi yang tidak luas. Secara umum, desain bodi bus ini berbentuk persegi panjang. 

Bus HD 

Sesuai dengan namanya, bus HD mempunyai lantai dasar yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bus non-HD. Varian bus ini sudah mulai dikenal oleh publik sekitar tahun 2009. Adapun beberapa contoh varian bus ini antara lain New Marcopolo, Trisakti Phoenix, dan ada juga Laksana Legacy. 

Yang paling membedakan antara bus HD dan bus non-HD adalah tinggi bus yang mencapai 3.5 meter. Selisih tinggi antara bus HD dan bus non-HD memang sangat tipis. Sekilas kita mungkin sulit untuk membedakannya. Namun jika kita lihat bagian interior bus ini, bangku supir pada bus ini dibuat lebih rendah dibandingkan dengan seat penumpang. Perbedaan lainnya yaitu pada bus HD, tidak terdapat tonjolan di samping bangku kemudi seperti yang nampak di bus non-HD. 

Bus SHD 

Nah, untuk tipe bus besar yang satu ini memang menjadi yang paling terkenal karena keseluruhan desain interior dan eksterior-nya begitu mewah dan modern. Tipe bus ini pertama kali diperkenalkan di publik sekitar tahun 2015 lalu. Tak lama setelah itu, bus ini menjadi armada unggulan sebagian besar PO di Indonesia. 

Ciri utama jetbus ini adalah bagian deck yang lebih tinggi, jadi jika dihitung secara keseluruhan, tinggi bus SHD ini sekitar 3.9 meter. Kemudian ruang bagasi pada tipe bus ini sangat luas. Kabarnya kita bisa menyimpan sekitar 5 unit motor di dalamnya. Lapisan kaca pada muka bus juga berupa double glass  plus sekat atau bar di antara double glass tersebut. Grill di bagian belakang bus dibuat lebih tinggi dibandingkan dengan bus HD biasa. Dimensi bus ini lebih panjang, bodi-nya juga terlihat lebih gagah, mewah, dan elegan. Tak heran jika bus yang satu ini kerap menjadi primadona. 

Bus HDD plus Double Glass

Untuk tipe bus ini memang masih jarang beroperasi di Indonesia. Secara umum, tipe bus HDD double glass ini memiliki bodi yang lebih rendah dibandingkan dengan bodi bus SHD dan memiliki tinggi yang sama dengan bodi bus HD. Tingginya hanya 3.7 meter saja. Pemasangan wiper pada jendela muka bus bukan di bagian tengah, melainkan di bagian atas alias roof. Yang membuat tipe bus ini terlihat sangat unik adalah jumlah wiper yang terpasang bukan berjumlah sepasang, melainkan hanya satu buah wiper saja. 

Untuk formasi seat pada tipe bus HDD double glass bisa diatur 2-2 dan 2-3 tergantung dengan kebutuhan. Fitur-fitur pada bus ini juga sangat berkelas. Dan yang paling membuat bus ini terasa lebih nyaman adalah bagian lantai antara kabin penumpang dan ruang kemudi tidak terlalu tinggi sehingga kesan dek yang terlalu curam hilang. Penumpang pun akan lebih mudah untuk mengakses ruang kabin.