Bisnis

Langkah Proses Audit dalam Menyusun Laporan Keuangan

Audit benar-benar signifikan dikerjakan oleh suatu corporate untuk memberi tambahan kredibilitas terhadap laporan keuangan dan memberi tambahan kepercayaan pada pemangku kepentingan atau pemegang saham bahwa laporan yang disajikan merupakan info yang terpercaya dan seksama.


Tak sekedar tersebut, tujuan dilakukannya audit laporan keuangan adalah demi menunjang menambah kontrol dan platform internal corporate, terhitung manajemen risiko dan tata kelola sehingga corporate itu dapat berkembang ke arah yang lebih baik.

Di dalam proses audit laporan keuangan sendiri tersedia sebagian tahapan yang harus dijalankan oleh auditor. Berikut langkah-langkah dan juga tanggung jawab apa saja yang dipegang oleh auditor selagi jalankan proses audit di dalam menyusun laporan keuangan suatu corporate.

1. Perikatan Audit
Perikatan audit merupakan bagian berasal dari pra prencanaan, yaitu di mana pihak auditor dan corporate yang akan diaudit bertemu untuk membentuk kesepakatan. Terhadap tahapan ini, auditor akan beri tambahan pemahaman awal berkaitan risiko, tanggung jawab, dan juga bagaimana nantinya proses audit akan dilaksanakan. Tidak cuman tersebut, auditor juga akan meminta beragam dokumen tentang keperluan audit layaknya audit laporan keuangan sebelumnya, rekening koran, buku besar, nota keuangan, dan juga bagan organisasi klien dan daftar pemangku kepentingan mengenai.

2. Perencanaan
Tahapan ini melibatkan pengembangan secara rinci tentang proses operasi audit keuangan berdasarkan info yang terkandung berasal dari dokumen yang udah diberikan oleh pihak corporate. Untuk beroleh kelengkapan kabar, auditor akan mengajukan kedap terbuka dan mengajak kepala departemen untuk berdiskusi terkait ruang lingkup audit, lama pelaksanaannya, dan juga meminta kerja samanya apabila auditor membutuhkan akses ke pelaksanaan atau lokasi berkaitan.

 

Rekomendasi untuk anda : jasa audit

3. Kerja Lapangan
Sehabis seluruh kabar terkumpul, auditor akan merealisasikan perencanaan audit yang telah disusun terhadap termin sebelumnya. Selama kerja lapangan, auditor akan laksanakan pengujian audit yang mencakup pengujian analitik untuk mempelajari knowledge-information dan berita corporate klien, pengujian pengendalian atau mekanisme untuk menentukan efektivitas pengendalian internal corporate, dan pengujian substantif guna mengidentifikasi kesalahan yang kemungkinan saja berlangsung didalam laporan keuangan. Terhadap termin ini, karyawan barangkali harus beri tambahan information tambahan kepada auditor atau menjawab pertanyaan lanjutan kalau dibutuhkan.

4. Penyusunan Laporan Keuangan
Tiap tiap temuan yang telah diidentifikasi oleh auditor akhirnya akan didokumentasikan dan diringkas didalam laporan audit. Auditor akan merangkum bermacam persoalan yang ditemukan dan menambahkan komentar dan juga solusi tentang temuan itu kepada pihak corporate supaya bukan tidak benar langkah didalam menentukan aturan apa yang mesti diambil.

&Nbsp;

5. Tindakan Pemugaran
Tindakan pemugaran merupakan langkah paling akhir didalam proses audit laporan keuangan yang biasanya dikerjakan terhadap pas kedap penutupan. Auditor akan memastikan bahwa tiap-tiap persoalan yang telah diidentifikasi sebelumnya sanggup diselesaikan tepat selagi. Kalau terdapat persoalan lain yang barangkali muncul, maka auditor akan segera selesaikan dan mendiskusikan solusinya bersama tiap tiap pihak yang terlibat.

Itulah sebagian langkah proses audit didalam menyusun laporan keuangan suatu corporate. Kecuali Kamu membutuhkan jasa akuntan publik untuk jalankan audit laporan keuangan, KAP Syarief Basir &Amp; Rekan sediakan jasa layanan audit dan konsultasi hukum yang bisa memberi tambahan solusi untuk menopang usaha Kamu.

Kita juga punya beraneka layanan profesional berkualitas lainnya yang mencakup jasa akuntansi, penasihat usaha, perpajakan, dan juga konsultasi hukum. Kalau tersedia pertanyaan atau menghendaki jelas info lebih lanjut, Kamu sanggup segera menghubungi kita lewat kontak yang ada di web formal KAP Syarief Basir &Amp; Rekan.

Comments Off on Langkah Proses Audit dalam Menyusun Laporan Keuangan