Uncategorized

Kmu Harus Tau Trik Ms Word Ini MEmpermudah Pekerjaan Mu

Hampir semua pengguna komputer perlu mengetahui program Microsoft Word atau Ms Word, terutama bagi para pelajar atau pekerja muda yang menggunakan komputer, dapat dimaklumi bahwa mereka sangat familiar dengan program tersebut. Ms Word sendiri digunakan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah seperti Makalah, Laporan, dan Skripsi.

Ini karena sebagian besar program ini khusus untuk pengolah kata, atau dalam bahasa yang mudah diketik. Meskipun saya sering menggunakan Ms Word, tidak semua pengguna dapat bekerja secara efektif dan efisien saat menyelesaikan pekerjaannya.

Yuk baca juga tutorial office word pada tautan tersebut.

Hal ini mungkin disebabkan kurangnya pengetahuan tentang setiap penggunaan semua menu, tombol, dan sebagainya. Kami akan menunjukkan beberapa trik tentang Ms Word yang harus diketahui oleh pengguna program ini. Jadi, dengarkan karena trik di bawah ini akan Bromwich dan mempercepat proses kerja Anda.

1. Ctrl+Space Bar untuk Mengubah Format Teks ke Teks Normal.

Seringkali dibutuhkan berbagai macam data dari internet untuk menyelesaikan suatu tugas, namun terasa janggal saat data yang disalin menjadi berantakan saat dimasukkan ke dalam Ms Word. Sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan kompilasi secara manual.

Namun sepertinya ada cara untuk mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan memilih teks yang salah lalu menekan Ctrl + Space Bar, kemudian format teks tersebut default atau normal.

2. Ctrl+Shift+ > untuk Memperbesar atau Ctrl+Shift+< untuk Memperkecil Teks secara Cepat.

Jika biasanya kita menggunakan Font Size untuk mengubah ukuran teks, dengan menekan tombol ini kita tidak perlu kembali ke Font Size. Caranya adalah dengan mengubah ukuran blok teks, kemudian tekan Ctrl + Shift +> untuk memperbesar dan kemudian Ctrl + Shift + <untuk memperbesar.

Kemudian ukurannya akan bertambah atau berkurang 2pt per tap setelah ukuran teks 11pt. Misalnya 9pt, 10pt, 11pt, 12pt, 14pt, 16pt, dan sebagainya.

3. Blok Satu Kata Lebih Mudah dengan 2x Klik.

Memblokir atau memilih satu kata mungkin yang paling umum. Metode yang paling umum digunakan adalah dengan mengklik dan menyeret, mengklik dari huruf pertama hingga terakhir. Namun, ada cara yang lebih cepat untuk memilih satu kata, yaitu dengan mengklik dua kali kata yang ingin Anda pilih.

4. Klik 3x untuk Menyeleksi Satu Paragraf.

Banyak pengguna Ms Word masih menghabiskan banyak waktu untuk memilih paragraf, mereka hanya mengklik dan menyeret kursor dari awal hingga akhir paragraf.

Meskipun cukup dengan mengklik 3x di bagian paragraf yang ingin Anda pilih, paragraf tersebut akan dipilih secara otomatis. Metode ini akan sangat berguna untuk memilih paragraf yang sangat panjang.

5. Shit+F3 untuk Mengubah Teks ke Bentuk UPPURCASE, Sentence case, atau lowecase.

Terkadang setelah menulis judul dengan huruf kapital, kita lupa mematikan Capslock pada keyboard jadi semua diketik lalu berhuruf besar. Lebih cepat dari pengeditan manual saat menggunakan Shift + F3.

Cara ini cukup sederhana, blok teks yang ingin Anda edit kemudian tekan Ctrl + F3 maka teks akan berubah menjadi huruf kecil (semua huruf kecil), tekan lagi ke Kalimat (huruf pertama sebagai huruf besar), lalu tekan kembali ke UPPERCASE (semua huruf kapital ). Jadi tinggal memilih bentuk yang diinginkan.

6. CTRL+Klik Untuk Memblok Satu Kalimat.

Untuk memblokir kalimat di tengah paragraf memiliki kesulitan tersendiri. Terkadang klik dan drag kursor terlepas, bloknya melebihi kalimat atau tidak sampai akhir kalimat. Sekarang dengan menekan Ctrl + Klik kalimat yang ingin Anda blokir, otomatis kalimat tersebut akan dipilih dengan cepat, menjadikannya waktu yang sangat efektif.

7. Shift+F5 untuk Melompat ke Bagian Paling Aktif pada File.

Tidak dapat disangkal bahwa mengerjakan tugas yang panjang seperti kertas membutuhkan banyak halaman. Biasanya saat mengedit file, kami menggunakan mouse untuk menggulir atau menavigasi ke halaman ke kanan untuk menggulir halaman.

Ternyata lebih efisien, tekan Shift + F5 agar halaman akan lompat ke bagian file yang paling aktif. Bagian aktif yang dimaksud adalah bagian yang sering dimodifikasi atau terakhir diubah.

8. Membuat Halaman Baru Lebih Cepat dengan Ctrl+Enter.

Banyak pengguna Ms Word menekan tombol Enter berulang kali untuk membuat atau pindah ke halaman baru. Metode ini sangat berguna, tetapi masalahnya adalah ketika Anda mengedit halaman, halaman berikutnya akan berubah secara otomatis.

Sehingga yang dekat dengan bagian bawah harus ditata ulang. Cara terbaik untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan Ctrl + Enter, yang dijamin akan memindahkan Anda ke halaman baru lebih cepat dan tidak mengganti halaman berikutnya.

9. Membubuhkan Hyperlink Referensi dengan Ctrl+K.

Seperti Copy Paste, yang lebih efisien jika Anda menggunakan tombol pintas Ctrl + C dan Ctrl + V. Hyperlink juga dapat dibuat lebih cepat dengan Ctrl + K.

10. Meng-Cut dan Paste Banyak Teks dengan Ctrl+F3 (SPIKE).

Seringkali untuk melakukan tugas kita, kita membutuhkan beberapa paragraf dari beberapa dokumen. Terkadang itu diperlukan di halaman lain atau di dokumen lain. Alih-alih membuka halaman untuk Salin atau Potong Tempel, ini lebih efisien dengan SPIKE. Untuk melakukan ini, blokir semua teks yang diinginkan dan tekan Ctrl + F3, lalu pilih bagian lain dan lakukan hal yang sama.

Ingin mencari panduan ms word yang lengkap? bisa kunjungi tautan tersebut.

Jika Anda ingin Mengaktifkan, tekan Ctrl + Z. Saat semua bagian dipilih, tempelkan dengan Ctrl + Shift + F3 sehingga semua bagian terlihat.

Ini adalah trik yang akan membuat usaha Anda lebih mudah dan lebih cepat. walaupun trik ke-10 ini masih jarang digunakan, namun jika anda terus mencoba pasti akan berhasil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan ilmunya.

Comments Off on Kmu Harus Tau Trik Ms Word Ini MEmpermudah Pekerjaan Mu