Kini Giliran Menhan AS Temui Prabowo di Jakarta Hari Ini, Bahas Apa?

Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto akan menjadi tuan rumah kunjungan kerja Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin III ke Departemen Pertahanan di Jakarta pada Senin (21/11/2022).

Ini adalah pertemuan kedua dalam sebulan terakhir. Prabowo sebelumnya bertemu dengan Austin di Pentagon di Washington, AS pada Kamis (20/10/2022) waktu setempat.

Menteri Pertahanan AS bertemu Prabowo di Jakarta

Sebelum Jakarta, Austin pertama kali singgah di Nova Scotia, Kanada untuk menyampaikan keynote address di Halifax Forum on International Security.

Austin kemudian mengunjungi Jakarta untuk memetakan arah yang “ambisius” untuk kemitraan advokasi antara kedua negara.

“Kunjungan Menteri Pertahanan Austin akan membantu memajukan inisiatif bilateral utama untuk mendukung interoperabilitas, membangun kemampuan, memprofesionalkan dan memodernisasi militer Indonesia,” kata Kedutaan Besar AS di Jakarta dalam siaran pers yang dikutip Kompas.com. , Senin pagi.

Usai meninggalkan Indonesia, Austin akan terbang ke Kamboja untuk menghadiri Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM)-Plus ke-9 bersama 10 negara anggota ASEAN dan delapan mitra wicara.

Kehadiran langsung pertama Austin di forum tersebut, yang sebelumnya berlangsung secara virtual selama pandemi Covid-19, melanjutkan tradisi melihat Menteri Pertahanan AS menghadiri ADMM-Plus.

Di sela-sela ADMM-Plus, Austin akan menjadi tuan rumah acara informal multi-stakeholder dengan rekan-rekan dari ASEAN dan bertemu dengan rekan-rekan dari Kamboja dan berbagai negara mitra.

Partisipasi ini akan menyoroti langkah-langkah penting yang diambil oleh Departemen Pertahanan, bersama sekutu dan mitra, untuk menghadirkan stabilitas, transparansi, dan keterbukaan yang lebih besar di kawasan Indo-Pasifik.

 

referensi :  https://nasional.kompas.com/read/2022/11/21/07183551/kini-giliran-menhan-as-temui-prabowo-di-jakarta-hari-ini-bahas-apa

editor : dafit