offroad
otomotif

Kiat keselamatan untuk anda yang ingin melakukan Offroad

Kiat keselamatan perjalanan jarak jauh dan off-road

Apakah Anda sedang melakukan perjalanan liburan sederhana atau melakukan perjalanan off-road untuk pertama kalinya, penting bagi Anda untuk merencanakan perjalanan Anda dengan benar. Satu-satunya barang yang Anda tinggalkan selalu menjadi satu-satunya hal yang paling Anda butuhkan dalam keadaan darurat.

Pastikan untuk memilih waktu yang tepat dalam setahun untuk mengemudi. Mengemudi di tengah musim panas di Red Centre sangat panas dan ujung atas Australia paling baik dijelajahi pada musim kemarau antara April dan Oktober.

Periksa suhu rata-rata dan curah hujan di daerah tersebut untuk waktu yang Anda rencanakan untuk bepergian. Perhatikan juga minimum malam! Di Australia yang gersang, perbedaan antara bagian hari yang paling panas dan jam-jam dingin sebelum fajar dapat melebihi 30°C.
Persiapan berkendara off-road

Cara yang bagus untuk belajar tentang mengemudi di luar jalan raya adalah dengan mendaftar di kursus melalui klub mengemudi roda empat atau asosiasi otomotif negara bagian Anda.

Kursus perawatan kendaraan dasar juga sangat disarankan sebelum berkendara di luar jalan raya. Banyak klub juga akan mengatur perjalanan reguler untuk pengemudi dari semua tingkatan untuk belajar dari pengemudi berpengalaman di lingkungan yang aman.

Meskipun penggerak empat roda yang ideal mungkin tidak ada, dari sudut pandang keselamatan ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan saat memilih mobil. Manual lebih unggul daripada otomatis untuk pekerjaan bukit dan penarik, namun, otomatis berguna saat membajak melalui pasir yang dalam tanpa harus mengganti gigi apa pun.

Saat memilih penggerak empat roda, pertanyaan yang paling relevan adalah:

Bagaimana saya akan menggunakan kendaraan ini?
Seberapa mudah saya bisa mendapatkan suku cadang di kota-kota terpencil?

Aksesoris Mobil

Setiap aksesori yang Anda tambahkan ke penggerak empat roda memiliki beberapa efek pada kinerja kendaraan. Batang banteng yang berat membebani ujung depan, tangki bahan bakar jarak jauh mengubah pusat gravitasi dan winch listrik memberi tekanan ekstra pada daya baterai.

Anda dapat dengan mudah menghabiskan lebih dari $10.000 untuk membeli kendaraan roda empat untuk penggunaan off-road, jadi bicarakan dengan mereka yang tinggal dan bekerja di luar jalan sebelum menghabiskan uang untuk aksesori apa pun. Penggerak empat roda cukup berat, tetapi dengan persediaan air, makanan, dan bahan bakar; Anda tidak ingin ada beban ekstra yang menyeret Anda ke bawah.

Sistem baterai ganda juga sangat disarankan, terutama jika Anda ingin menjalankan derek tambahan, radio, dan lemari es mini. Alat pemadam api kecil (dirancang khusus untuk penggunaan kendaraan) juga dianjurkan dalam keadaan darurat.

Tangki bahan bakar atau tangki air jarak jauh sangat populer di kalangan wisatawan. Namun, jika mereka bocor, Anda bisa kehilangan air atau bahan bakar secara perlahan saat mengemudi. Beberapa wadah air terpisah adalah pilihan yang lebih baik dan juga jauh lebih aman!

Jerigen logam yang penuh dengan bahan bakar cadangan tidak boleh disimpan di dalam kendaraan Anda – ini bisa sangat berbahaya. Pastikan kaleng bahan bakar disimpan di bagian luar penggerak empat roda, sebaiknya di rak logam yang dipasang di bumper belakang.

Anda juga dapat mengawetkan air dengan menyimpannya tegak lurus dalam wadah plastik kokoh, dikemas rapat untuk mencegah desakan.

Derek dan peralatan pemulihan

Terjebak di pasir atau lumpur dapat dihindari, bahkan dalam perjalanan off-road. Saat bersiap untuk pergi off-road, Anda harus mengemas peralatan pemulihan jika terjadi keadaan darurat. Jenis peralatan ini dapat mencakup: winch, tali pengikat, dan blok katrol berdiameter besar.

Ada empat jenis winch yang dapat Anda gunakan:

Sebuah winch hidrolik didukung oleh mesin kendaraan melalui pompa tekanan. Derek ini lebih berat dari yang lain dan tidak akan terus bekerja jika mesin Anda rusak.

Sebuah winch listrik dipasang secara permanen di bagian depan kendaraan dan menjalankan baterai mobil. Kerekan listrik memberi lebih banyak tekanan pada baterai Anda, dan ini dapat diimbangi dengan memasang sistem baterai ganda.

Sebuah power take-off (PTO) winch menjalankan mesin di gearbox atau transfer case. Seperti winch hidrolik, winch lebih berat daripada yang lain dan tidak akan berfungsi jika mesin Anda rusak.

Sebuah winch manual dioperasikan dengan tangan dan merupakan pilihan paling sederhana dan termurah. Mereka bekerja bahkan jika motor atau baterai mati dan dapat dipasang ke bagian belakang kendaraan untuk menariknya ke belakang.

Blok katrol atau blok merebut adalah bagian dari peralatan pemulihan yang digunakan untuk melipatgandakan daya tarik winch. Derek yang dioperasikan dengan daya melambat tetapi memberikan lebih banyak daya sementara derek manual lebih menuntut secara fisik tetapi upaya tersebut dapat dikurangi dengan blok katrol.

Tali pengikat digunakan antara kendaraan yang macet dan kendaraan penarik. Mereka terbuat dari anyaman kokoh yang membentang untuk memasok daya tarik ekstra saat kendaraan penarik berakselerasi.

Keluarkan towbar dan pasang tali ke sasis kendaraan yang macet di mana towbar biasanya dipasang. Cedera serius dapat terjadi jika tali pengikat terlepas dari kedua ujungnya atau Anda berdiri di dekatnya. Dan pastikan untuk tidak pernah menggunakan tali pengikat dengan blok katrol.

Pemulihan kendaraan bisa sulit dan berbahaya jika dilakukan dengan tidak benar. Itu selalu disarankan agar Anda mempelajari cara melakukannya sebelum Anda pergi off-road. Klub penggerak empat roda menawarkan kursus praktis yang berguna tentang winching dan derek yang dapat Anda manfaatkan. Mereka juga dapat memberikan daftar suku cadang yang berguna yang harus Anda pastikan untuk dikemas sebelum pergi off-road.

Komunikasi di daerah terpencil

Di daerah terpencil, memiliki radio dua arah atau perangkat komunikasi akan memastikan Anda bisa mendapatkan bantuan saat dibutuhkan. Jaringan telepon seluler baik-baik saja untuk daerah yang lebih padat tetapi tidak boleh diandalkan di daerah terpencil, yang biasanya di luar jangkauan.

Telepon satelit adalah alternatif yang lebih mahal tetapi sangat efektif, memungkinkan komunikasi dari dalam dan luar Australia.

Radio frekuensi tinggi (HF) memungkinkan Anda berbicara dengan kendaraan lain atau menghubungi layanan dokter terbang kerajaan (RFDS) jika terjadi keadaan darurat. Untuk mengoperasikan radio frekuensi tinggi Anda harus mendapatkan lisensi dan diberi tanda panggilan terdaftar.

Pemeliharaan

Mendapatkan pemeriksaan pemeliharaan rutin menjelang perjalanan Anda akan membantu menghindari kerusakan kendaraan. Disarankan agar kendaraan Anda dan semua bagiannya diperiksa oleh mekanik sebelum melakukan perjalanan jauh. Ini akan membuat Anda selangkah lebih maju dari masalah potensial.

Pastikan untuk secara teratur mencari kebocoran di bawah mobil dan memantau oli, bahan bakar, air, ban, dan sabuk kipas setiap hari. Perhatikan mur roda yang kendor, selang retak, korosi pada terminal baterai, suku cadang yang aus, atau apa pun yang ‘tidak terlihat atau terdengar tidak benar’.

Kesalahan mekanis kecil dapat menjadi masalah yang lebih besar jika tidak terdeteksi dan segera diperbaiki saat berada di jalan. Penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengemudi dengan kecepatan yang aman untuk kondisi tersebut, membawa suku cadang penting, dan meluangkan waktu untuk memeriksa mesin Anda saat Anda bepergian.

Cek BBM

Rutinitas perawatan harian sangat penting untuk berkendara off-road yang aman. Gunakan akronim PETROL sebagai pengingat apa yang harus diperiksa. Pemeriksaan ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit dan Anda dapat melakukannya setidaknya sekali sehari!

P – untuk Bensin. Periksa level bahan bakar

E – untuk Listrik. Periksa terminal dan level baterai

T – untuk Ban. Periksa tekanan; periksa dinding samping untuk luka

R – untuk Radiator. Periksa level cairan pendingin

O – untuk Minyak. Periksa level oli

L – untuk Lampu. Periksa semua lampu kendaraan berfungsi

Ban

Di trek off-road yang bergelombang, tidak jarang terjadi dua atau lebih tusukan dalam waktu singkat, bahkan dengan ban baru. Pastikan untuk selalu memperbaiki tusukan segera setelah terjadi dan membawa setidaknya dua suku cadang; satu ban dalam cadangan dan kit tusukan yang mencakup selongsong bagian dalam.

Kemas palu karet besar dan tuas ban berkualitas untuk memecahkan manik; ‘tang-ban’ atau alat serupa juga sangat berguna. Saat mengganti pelek, sedikit deterjen cair pada bead ban akan membuatnya licin dan lebih mudah tergelincir kembali.

Berbagai jenis ban cocok untuk kondisi yang berbeda. Ban lebar misalnya, tidak bagus untuk dikendarai di jalan basah tetapi bekerja dengan baik di pasir. Pastikan Anda memilih ban yang tepat dan mencatat tekanan udara yang bekerja paling baik dalam berbagai kondisi.

Anda dapat membeli pompa udara elektrik yang cepat dan mudah digunakan. Ingatlah bahwa pompa tangan juga harus dikemas dalam keadaan darurat. Pastikan juga membawa alas papan darurat untuk diletakkan di bawah dongkrak saat perlu mengganti ban.

Lihat lebih lanjut seputar Offroad Bandung, https://www.king-adventure.com/paket-offroad-bandung

Comments Off on Kiat keselamatan untuk anda yang ingin melakukan Offroad