Uncategorized

Keuntungan dan Kelemahan Cloud Computing

 

Banyak dari Anda pasti pernah mendengar istilah komputasi awan dan menggunakannya tanpa menyadarinya. Komputasi awan adalah istilah untuk menyimpan dan mengakses data di Internet. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menyimpan data atau file apa pun di hard drive komputer Anda. Dalam komputasi awan, Anda dapat mengakses data Anda selama Anda memiliki koneksi internet.

Kali ini, kami akan berbagi informasi tentang kelebihan dan kekurangan penggunaan google cloud computing untuk infrastruktur IT perusahaan Anda.

Keuntungan menggunakan komputasi awan

Selain bisa menghemat kapasitas penyimpanan di harddisk komputer atau laptop, sebenarnya Anda akan mendapatkan segudang manfaat lainnya, seperti:

  • Lebih hemat biaya daripada server di tempat

Memotong biaya bisa dibilang merupakan keuntungan terbesar menggunakan komputasi awan. Komputasi awan akan membantu Anda menghemat banyak uang karena tidak memerlukan perangkat keras tambahan untuk digunakan. Juga, Anda tidak perlu membayar orang atau karyawan untuk memelihara perangkat keras. Pembelian dan pemeliharaan peralatan komputasi awan disediakan oleh penyedia layanan awan.

  • Memfasilitasi manajemen bisnis

Komputasi awan menyediakan manajemen bisnis yang sederhana. Komputasi awan memungkinkan Anda mengakses data atau aplikasi kapan saja, di mana saja tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang untuk pemasangan.

  • Pemuatan cepat

Komputasi awan memungkinkan Anda untuk menyebarkan layanan secepat mungkin hanya dengan beberapa klik. Penerapan cepat seperti ini memungkinkan Anda mendapatkan sumber daya yang dibutuhkan sistem Anda lebih cepat dalam hitungan menit.

  • Dengan fungsi pencadangan dan pemulihan data

Mencadangkan dan memulihkan data juga mudah ketika data yang Anda miliki sudah tersimpan di cloud. Hal sebaliknya terjadi jika Anda tidak menggunakan komputasi awan.

  • Integrasi perangkat lunak otomatis

Di cloud, integrasi perangkat lunak terjadi secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu usaha ekstra untuk menyiapkan dan mengintegrasikan aplikasi sesuai keinginan Anda.

  • Keandalan

Keandalan adalah salah satu keuntungan terbesar menggunakan komputasi awan. Anda akan selalu bisa mendapatkan pembaruan instan pada pembaruan aplikasi.

  • Kapasitas penyimpanan tak terbatas

Cloud menawarkan kapasitas yang hampir tidak terbatas. Anda dapat meningkatkan kapasitas Anda kapan saja dengan biaya tambahan yang telah ditentukan sebelumnya.

  • Memungkinkan kolaborasi tim yang lebih baik

Platform komputasi awan membantu karyawan di lokasi yang berbeda untuk berkolaborasi dengan nyaman di tempat kerja.

  • Implementasi cepat

Terakhir bukan berarti tidak penting. Komputasi awan memberi Anda keuntungan dari penerapan yang cepat. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan cloud, seluruh sistem Anda dapat beroperasi penuh dalam hitungan menit. Namun, waktu yang sebenarnya dihabiskan tergantung pada teknologi yang digunakan dalam bisnis Anda.

Tantangan menggunakan komputasi awan

Meskipun komputasi awan menawarkan banyak kemudahan dan keuntungan, ia juga menghadapi tantangan berikut:

  • masalah teknis

Teknologi di cloud selalu rentan terhadap pemadaman atau masalah teknis lainnya. Faktanya, bahkan penyedia layanan cloud terbaik pun cenderung menghadapi masalah seperti ini meskipun menerapkan standar pemeliharaan yang tinggi.

  • Ancaman Keamanan

Tantangan lain saat menggunakan layanan cloud computing adalah risiko keamanan. Sebelum mengadopsi teknologi cloud, Anda harus sangat menyadari bahwa Anda akan membagikan semua informasi sensitif perusahaan dengan pihak ketiga, yaitu penyedia layanan cloud computing. Bahkan peretas dapat mengakses informasi ini.

  • Waktu Henti

Waktu henti juga menjadi pertimbangan saat bekerja dengan komputasi awan. Ini terjadi karena penyedia cloud Anda mungkin mengalami pemadaman listrik, koneksi internet lambat, pemeliharaan rutin, dan banyak lagi.

  • Koneksi internet

Koneksi internet yang baik sangat penting saat menggunakan cloud. Tanpa koneksi internet, Anda tidak dapat mengakses cloud. Juga, tidak ada cara lain untuk mengakses data di cloud tanpa menggunakan internet.

  • Bandwidth terbatas

Banyak penyedia layanan cloud membatasi penggunaan bandwidth penggunanya. Oleh karena itu, ketika organisasi atau perusahaan Anda melebihi kuota yang telah disediakan, seringkali dikenakan biaya tambahan yang sangat mahal.

  • Kurangnya dukungan pelanggan

Perusahaan komputasi awan terkadang gagal menyediakan layanan dukungan pelanggan yang tepat. Mereka terkadang hanya ingin penggunanya mengandalkan FAQ atau bantuan online, yang bisa menjadi pekerjaan yang cukup membosankan bagi orang non-teknis.

Bahkan, jika perusahaan Anda benar-benar membutuhkan bantuan dan memprioritaskan perlindungan, Anda dapat mengatasi tantangan ini dengan menggunakan layanan tambahan seperti layanan TI terkelola atau plugin keamanan siber. Dengan sedikit anggaran ekstra, Anda dapat menikmati layanan komputasi awan seperti memiliki tim sendiri dan server lokal.

Kesimpulannya

Meskipun memiliki banyak kelebihan dan kekurangan, kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa komputasi awan berkembang pesat saat ini. Meski begitu, tidak dapat disangkal bahwa cloud computing menawarkan manfaat yang sangat besar bagi pengguna di semua tingkatan, dari pengguna individu, pengembang, perusahaan besar, hingga organisasi dari semua jenis. Jadi teknik ini pasti bisa bertahan lama.