keunikan burung gereja
Informasi

Keunikan Burung Gereja

Mudah ditemui di mana saja bukan berarti burung yang satu ini tidak punya keunikan loh jika dibandingkan dengan burung-burung lain. Sebaliknya, banyak hal-hal unik yang mungkin kamu belum tahu tentang burung ini.

Penasaran? Cuss cari tahu apa saja keunikan burung mungil ini lewat tulisan di bawah ini.

1. Asal usul nama burung gereja

 

Ada enggak sih yang penasaran kenapa burung ini dinamai seperti itu? Ternyata hal tersebut disebabkan burung ini yang suka hinggap di bangunan-bangunan tinggi saat sedang melakukan migrasi.

Nah, zaman dahulu bangunan-bangunan yang tinggi biasanya merupakan gereja. Karena burung-burung ini membuat sarang di langit-langit bangunan gereja itulah akhirnya masyarakat menamai burung tersebut menjadi burung gereja.

2. Memiliki bau khas

 

Meski lucu dan menggemaskan karena ukuran tubuhnya yang mungil, tetapi burung yang satu ini ternyata memiliki bau khas yang tidak sedap kalau kamu dekati seperti kicaumania.net sampaikan. Nah, mungkin kalau sesekali berpapasan kamu tidak akan terlalu memperhatikan bau burung ini.

Tetapi bagaimana kalau dia membuat sarang di atap rumah kamu? Tentu jadi cukup mengganggu kan.

Nah sebenarnya cara mengusir burung ini tidak sulit sih. Cukup dengan menaruh beberapa kapur barus di sarang burung sebagai alat pengusir maka mereka akan segera pergi karena tidak suka akan baunya.

3. Tidak takut dengan manusia

 

Mungkin karena memang sering berada di tempat yang dekat dengan tempat tinggal masyarakat, burung ini jadi tidak takut dengan manusia. Mereka cenderung “bandel” sehingga jangan heran kalau mereka berani untuk membuat sarang di atap rumah kamu.

Tidak hanya itu saja. Saking tidak takutnya dengan manusia sesekali mereka juga berani untuk terbang masuk rumah loh. Buat yang suka dengan hewan tentu ini tidak menjadi masalah tetapi bagi yang tidak suka, kamu bisa mengusirnya dengan cara yang baik.

4. Sempat dicurigai sebagai pembawa virus

 

Kamu tentu tahu kan dengan flu burung yang pernah marak beberapa tahun yang lalu. Nah, karena kedekatan burung ini dengan manusia, burung mungil ini sempat dicurigai menjadi salah satu hewan yang menyebarkan virus tersebut.

Sayangnya dugaan tersebut belum dapat dibuktikan apalagi di Indonesia sendiri saat itu penelitian terkait burung ini masih belum digarap secara serius.

5. Penanda Lingkungan Bersih

 

Sering melihat burung ini berkeliaran di sekitar tempat tinggal kamu? Kalau iya, berarti kamu harus berbangga hati. Sebab, berarti tempat tinggalmu merupakan daerah dengan udara yang cukup bersih.

Memang sih belum ada penelitian resmi terkait hal ini sehingga sifatnya masih berupa dugaan. Tapi kalau dipikir secara sederhana, manusia saja akan rusak kesehatannya jika terkena polusi terus menerus apalagi burung yang kerjaannya terbang terus di langit.

Comments Off on Keunikan Burung Gereja