Berita,  Bisnis,  Informasi,  Others

Ketum Dekopin Apresiasi Ganjar Pranowo Membangun Koperasi

Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Dr. HC. Nurdin Halid mengapresiasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo atas keterbukaanya menerima pengurus Dekopinwil Jawa Tengah. Hal itu menunjukkan sikap negarawan Ganjar Pranowo yang berkomitmen membangun ekonomi rakyat melalui koperasi tanpa ada tendensi politik. Hal itu diungkapkan Nurdin Halid menanggapi pertemuan antara Gubernur Ganjar Pranowo dengan pengurus Dewan Koperasi Wilayah Jawa Tengah, di rumah dinas Gubernur, Puri Gedhe, Semarang, Kamis (25/3/2021) malam.

“Saya mengapresiasi Gubernur Pak Ganjar Pranowo yang dengan sikap terbuka menerima Pengurus Dekopinwil Jateng. Ini menujukkan komitmen beliau membangun ekonomi rakyat banyak melalui koperasi. Saya mengenal cukup baik visi dan komitmen beliau membangun ekonomi rakyat ,” kata Nurdin Halid, Jumat (26/3/2021).

Di sisi lain, Nurdin Halid menilai pertemuan itu penting sebagai indikasi bahwa Gubernur Ganjar Pranowo tidak terbebani oleh pertimbangan politik. Seperti diketahui, sebelumnya Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menerima Sri Untari dan kawan-kawan yang mengklaim diri sebagai pengurus Dekopin yang sah. “Saya salut dengan kepemimpinan Pak Ganjar. Saya mengenal cukup baik beliau. Kesediaan menerima pengurus Dekopinwil yang sah menunjukkan sikap negarawan Pak Ganjar. Fokus beliau ialah membesarkan koperasi dan UMKM sehingga tak terpengaruh oleh kemelut internal Dekopin yang dipicu oleh gerakan liar segelintir oknum internal gerakan koperasi,” ujarnya.

Nurdin Halid melihat kesediaan Ganjar Pranowo kali ini menerima pengurus Dekopinwil Jateng sebagai indikasi bahwa gubernur yang belakangan semakin populer itu bersikap obyektif rasional. Nurdin Halid pun berharap, dukungan Ganjar Pranowo kepada Dekopinwil yang dipimpin Dr. Walid akan menjadi energi positif dalam memajukan koperasi di Jawa Tengah. “Ini tentu kabar baik. Sebab, dalam setahun terakhir, banyak dinas terkait di propinsi maupun kabupaten/kota seperti gamang dalam memberikan program-program kepada Dekopinwil dan Dekopinda untuk menjalankan fungsinya di bidang edukasi, advokasi, dan fasilitasi,” kata Nurdin Halid.

Dorong Koperasi Milenial

Dalam audiensi itu, Gubernur Ganjar Pranowo meminta Dekopinwil Jateng agar koperasi-koperasi lebih banyak melibatkan anak muda dalam kepengurusan agar memberikan warna entrepreneurship kekinian. Menurut pengagum Bung Karno ini, keterlibatan anak muda penting karena masa depan koperasi di Indonesia ada di tangan generasi muda.

“Koperasi perlu melakukan revitalisasi, termasuk di dalamnya pelibatan anak-anak muda masuk di jajaran pengurus agar bisa memberikan warna entrepreneurship kekinian. Koperasi perlu terus beradaptasi dengan perubahan zaman dan perkembangan kebutuhan sehingga koperasi bisa eksis dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat,” demikian Ganjar, alumnus S1 Fakultas Hukum UGM dan S2 Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Ganjar Pranowo juga mendorong kemandirian Dekopinwil dengan kreatif melakukan kemitraan dengan berbagai pihak sehingga berkontribusi nyata untuk koperasi-koperasi. Menurut pria kelahiran Karanganyar 28 Oktober 1968 ini, manajemen koperasi-koperasi juga harus terus dibenahi agar usaha atau bisnis mereka bertumbuh menjadi besar dan mandiri.

Dekopin Resmi