Informasi

Kepribadian INFJ: Profesi yang Cocok Hingga Faktanya

Tes MBTI atau Myer Briggs Type Indicator adalah salah satu tes yang dikembangkan oleh Katharine Cook Briggs bersama putrinya Isabel Briggs Myers dengan tujuan untuk menunjukkan kepribadian berdasarkan teori kepribadian oleh Carl Gustav Jung untuk mengklasifikasikan kepribadian berdasarkan skala kecenderungan.

Dimensi dalam MBTI meliputi Extrovert (E) atau Introvert (I), Sensing (S) atau Intuition (N), Thinking (T) atau Feeling (F), dan Judging (J) dengan Perceiving (P) yang dikelompokkan menjadi empat Skala. Tendensi dikotomis atau sebaliknya tergantung jawaban atas klaim yang diberikan, termasuk (Amaliyah & Noviyanto, 2013).

Temukan psikotes online terbaik hanya di Golife.id

Akibatnya, akan ada tipe kepribadian tertentu yang ditunjukkan oleh empat aspek dengan kecenderungan tertentu setelah individu mengikuti tes MBTI. Salah satu hasil tes ini adalah kepribadian INFJ. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai kepribadian INFJ melalui pemahaman, kelebihan dan kekurangan, pekerjaan, karakter, dan realita.

Memahami Kepribadian INFJ

INFJ adalah sekelompok kepribadian dalam MBTI yang meliputi introvert, intuisi, perasaan, dan disebut sebagai kepribadian orang yang cenderung tenang atau kurang memiliki kemampuan untuk berpikir secara intuitif, tetapi juga ditambah dengan penggunaan perasaan (Utami & Bahtiar, 2020).

Selain itu, menurut Very Well Mind, individu dengan kepribadian INFJ sering disebut suportif atau idealis dan terkadang sulit dipahami oleh orang lain. Ini mungkin karena populasi orang dengan kepribadian INFJ sangat kecil dan setidaknya dibandingkan dengan tipe kepribadian lain, yaitu sekitar 1-3 persen di seluruh dunia.

Jika digambarkan secara individual, kepribadian seorang INFJ dapat digambarkan sebagai berikut:

Introversi, artinya tertutup sehingga individu dengan dimensi ini umumnya harus mengisi ulang energinya setelah beraktivitas dengan meluangkan waktu untuk bersantai dan mudah lelah ketika perlu bersosialisasi dengan orang lain.

Dapatkan soal tes psikologi gratis disitus Golife.id

Intuisi, berarti intuisi yang mengacu pada fokus individu pada ringkasan ide, pemikiran, atau konsep secara keseluruhan atau sebaliknya, bukan detail tentang hal-hal kecil. Perasaan, atau perasaan yang memungkinkan seseorang mengetahui perasaan orang lain. Di sisi lain, individu dengan dimensi perasaan yang lebih kuat juga memiliki emosi yang lebih kuat.

Menilai, menurut definisi, apakah individu cenderung menyukai hal-hal yang terstruktur, terencana, dan memiliki ketentuan yang jelas. Sebaliknya, mereka akan menghindari hal-hal yang mendadak atau tidak terduga.

Karakteristik Kepribadian INFJ

Situs web Very Well Mind menyebutkan beberapa karakteristik utama orang dengan kepribadian INFJ, termasuk:

1. Memiliki intuisi emosional yang kuat dan pengertian atau kasih sayang sehingga Anda penuh dengan empati dan kelembutan, tetapi juga tidak terlalu penurut atau lemah.

2. Percaya bahwa Anda dapat bertindak tegas untuk mencapai apa yang Anda inginkan.
Secara alami, orang dengan kepribadian INFJ lebih suka menyendiri. Namun, dia masih bisa menjalin hubungan baik dan senang membantu orang lain. Bahkan di penghujung hari, Anda masih perlu menambah energi dengan waktu Anda sendiri.

3. INFJ menyukai hal-hal yang direncanakan sehingga mereka memiliki kendali yang besar atas perencanaan, pengorganisasian, dan pengambilan keputusan sesegera mungkin.

4. Bersikap logis dan emosional sekaligus dalam memutuskan sesuatu karena individu akan melihat dari sisi yang berbeda, baik dan buruk, serta pertimbangan lain untuk menghasilkan hasil yang lebih baik.

Kekuatan dan Kelemahan Kepribadian INFJ

Berikut kelebihan dan kekurangan yang terkait dengan memiliki kepribadian INFJ, yaitu:

Kelebihan

1. Peka terhadap kebutuhan orang lain
2. Sangat kreatif dan artistik
3. Fokus pada masa depan
4. Menikmati proses berpikir tentang makna hidup
5. Idealis
6. Logis dan objektif
7. Mandiri
8. Pekerja keras
9. Memecahkan masalah dengan cara yang kreatif
10. Sangat patuh pada aturan.

Kekurangan

1. Dapat menjadi terlalu sensitif
2. Tertutup akan kondisi emosional
3. Terkadang sulit untuk dipahami
4. Keras kepala
5. Sering kali memiliki ekspektasi yang terlalu tinggi atau perfeksionis
6. Tidak suka berada dalam konflik atau pertentangan
7. Kurang fleksibel dalam berinteraksi dengan orang lain
8. Kesulitan bekerja bersama orang yang kurang kompeten
9. Kurang detail dalam melihat atau melakukan sesuatu.
10. Profesi yang Cocok dengan Kepribadian INFJ

Profesi yang Sesuai dengan Kepribadian INFJ

Profesi yang akan dipilih dari kepribadian INFJ sangat luas, antara lain:

1. Psikolog
2. Penasihat
3. Terapis
4. Pekerja sosial
5. Ilmuwan
6. Dokter
7. Arsitek
8. Pemimpin Agama
9. Kutipan
10. Pustakawan
11. Guru atau dosen ahli materi
12. Pengusaha
13. Artis
14. Desainer
15. Musisi
16. Aktor
17. Fotografer
18. Vlogger
19. Blogger
20. Pelatih.

Fakta Kepribadian INFJ

Berikut adalah beberapa fakta yang dimiliki orang dengan kepribadian INFJ yang berbeda dari kelompok kepribadian lainnya:

  • Persentase orang di dunia yang memiliki kepribadian INFJ hanya 1,5 persen sehingga INFJ adalah kepribadian paling langka atau paling langka di populasi.
  • Ada kontradiksi dalam kepribadian INFJ karena di satu sisi perfeksionis menekankan pemikiran logis dan analitis. Namun, di sisi lain, mereka juga memiliki keterampilan untuk memahami emosi secara emosional dan emosional yang cukup.
  • Sangat menikmati kegiatan berpikir mendalam untuk menemukan ide, pemikiran, hubungan, atau hal-hal yang menarik.
  • Mereka biasanya mendapatkan nilai tertinggi di sekolah atau perguruan tinggi.
    Studi menunjukkan bahwa INFJ adalah yang paling tidak memuaskan dalam pernikahan.
  • Bidang pekerjaan yang sering dikaitkan, yaitu bidang agama, penyuluhan, pengajaran, dan hal-hal yang berkaitan dengan seni.
  • Ini adalah penjelasan tentang kepribadian INFJ. Saat ini ada beberapa rekrutmen atau pendaftaran peserta yang menambahkan psikotes MBTI untuk mengetahui apakah akan dibutuhkan atau tidak. Ada banyak platform yang menawarkan tes MBTI gratis atau tidak berbayar.
Comments Off on Kepribadian INFJ: Profesi yang Cocok Hingga Faktanya