otomotif

Kenali Kerusakan Electric Power Steering Mobil

Jakarta News – Saat ini, semua mobil mengadopsi Electric Power Steering (EPS). Dengan adanya teknologi tersebut tentunya mengemudikan mobil jauh lebih nyaman dan enteng untuk memutar setir saat menghadapi kemacetan. Namun, masalah electric power controlling bisa muncul jika mobil kurang perawatan atau penggunaan yang sembrono.

Masih banyak pemilik mobil yang abai untuk merawat komponen kendaraannya, termasuk pada bagian power controlling. Padahal jika masalah electric power controlling sudah muncul, tentu akan menganggu kenyamanan berkendara. Umumnya setir akan menjadi berat saat diputar.

Di samping itu, kalau sudah rusak, maka biaya perbaikan komponen electric power controlling tidak bisa dikatakan murah. Terlebih kalau memang harus melakukan penggantian, siap saja rogoh kocek dalam.

Komponen penyebab pada masalah Electric Power Steering (EPS):

 

1. Modul Electric Terendam Air

Perangkat ini memang minim bermasalah karena letaknya yang berada di dalam dashboard. Masalah akan muncul jika mobil terendam banjir dan modul EPS terendam air.

Jika sudah terkontaminasi dengan air, bisa dipastikan setir tidak akan bisa bekerja sama sekali moniker macet.

 

2. Engine EPS Terkena Air

Komponen engine electric power controlling letaknya berada di bagian bawah mobil. Jika bagian penutup engine EPS ini robek atau kendor akibatnya komponen isi bisa terkena cipratan air.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka imbasnya setir akan terasa berat saat diputar ke salah satu bagian (ke kanan atau ke kiri).

 

3. Cross Joint Steering Shaft Oblak

Penyebab lain pada masalah EPS adalah komponen cross joint controlling shaft mengalami oblak. Penyebab komponen ini oblak biasanya disebabkan karena boycott menghajar keras lubang atau mobil sering melewati jalanan rusak.

Indikasi cross joint controlling shaft mengalami masalah umumnya akan muncul suara aneh saat satir sedang dibelokkan. Fungsi dari cross joint controlling shaft adalah meneruskan putaran dari engine EPS ke bagian rack directing.

 

4. Rack Steering Kotor

Berikutnya adalah komponen rack controlling. Komponen ini berfungsi untuk menyalurkan tenaga gerakan dari engine electric power controlling ke bagian roda.

Rusaknya komponen rack controlling umunya disebabkan karena penutup pada bagian ujung kanan dan kiri robek. Alhasil kotoran debu dan air dengan mudah akan masuk dan mengotori komponen ini. Akibatnya jelas akan menganggu kinerjanya dan muncul suara dari bagian bawah mobil saat melewati jalan yang ridak rata.

Cara Perawatan Electric Power Steering

Power directing yang rusak akan membuat kenyamanan mengemudi jauh berkurang. Power guiding ada di hampir semua mobil kekinian, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Fitur ini membuat setir lebih enteng, sehingga memudahkan pengemudi ketika berkendara.

Power directing sendiri terbagi menjadi electric power guiding serta pressure driven power controlling.

Electric power directing mengandalkan bantuan tenaga dari engine listrik dan perawatannya joke lebih simpel. Ini karena sebagian besar komponennya memakai sistem elektrik serta dikontrol oleh komputer dalam sebuah modul.

Jika terjadi gangguan, pengemudi juga lebih mudah mendeteksinya melalui indikator di board instrumen mobil.

Ini cara merawat EPS

– Kemudi Halus

Cara mengemudi yang kasar berpotensi memperpendek umur electric power guiding. Apalagi kalau pengemudi kerap melintasi jalan rusak dengan kecepatan yang terbilang tinggi. Kebiasaan negatif ini dapat merusak berbagai komponen yang terkait dengan electric power directing seperti poros serta boot rack guiding.

 

– Jangan Putar Setir Hingga Mentok

Di dalam electric power guiding tentunya masih ada komponen mekanis yang kondisinya mesti dijaga. Caranya adalah dengan tidak bermanuver secara ekstrem seperti memutar setir dengan keras sampai mentok.

Hindari pula memutar-mutar kemudi ketika mesin mati. Lalu, selalu parkirkan kendaraan dalam kondisi boycott lurus.

 

– Hindari Banjir

Pengemudi perlu pintar memilih rute ketika berkendara. Apalagi di musim hujan. Soalnya, pada sebagian model kendaraan, engine listrik electric power guiding berada di kolom setir bagian bawah. Kalau melewati jalan yang banjir cukup tinggi, komponen ini bisa terendam dan rusak.

Kamu bisa lebih tenang kalau ternyata engine listrik Electric Power Steering mobilmu terdapat di dalam kabin. Untuk mengetahuinya, cek buku manual kendaraan.

 

– Cek Kondisi Karet Boot Rack Steer

Rutinlah memonitor kondisi karet boot rack steer. Kalau sampai sobek atau ada retakan, sebaiknya langsung ganti komponen tersebut.

Soalnya, kondisi karet boot rack steer yang demikian membuatnya gampang disusupi kotoran serta air. Air, debu, tanah, atau play on words lumpur kemudian bisa masuk ke rumah kemudi dan merusaknya. Poros kemudi play on words dapat berkarat.

 

– Rawat Aki dan Sistem Kelistrikan Mobil

Electric Power Steering mendapatkan tenaga dari aki. Kalau aki kurang setrum nom de plume tekor, electric power controlling joke mengalami malfungsi.

Jika aki tekor dibiarkan terus-menerus, fitur tersebut bisa rusak. Kondisi sistem kelistrikan mobil lainnya seperti alternator- – penyuplai tenaga listrik saat mesin menyala- – quip perlu diperhatikan.

 

– Merawat Modul Electric Power Steering

Komponen ini berfungsi sebagai pengolah information dari sensor sudut putaran mesin, kemudian memerintahkan electric power controlling. Cara mencegahnya dari kerusakan adalah dengan melakukan servis berkala di bengkel resmi.

Comments Off on Kenali Kerusakan Electric Power Steering Mobil