kuliner

Kenali 5 Kenyataan Sejarah Dodol Betawi yang Enaknya Pake Banget

Sejarah dodol Betawi – Hunting jajanan khas sesuatu kota ialah satu aktivitas yang harus dicoba. Jika mangulas soal jajanan, tentu kita sangat familiar dengan yang namanya dodol. By the way apa Kamu ketahui soal jajanan yang namanya dodol Betawi? Bukan dodol Garut loh ya. Jajanan ini beneran terdapat di Jakarta serta jadi salah satu santapan yang kerap disajikan pada perayaan tertentu.

Bisa jadi kita hendak terbiasa dengan varian es krim yang bermacam- macam, terdapat yang rasanya coklat, vanila, susu, buah serta lain sebagainya, demikian juga dengan dodol Betawi. Jajanan ini pula ada dalam sebagian varian, antara lain ada ketan putih, ketan gelap serta rasa durian. Memanglah masih lumayan sedikit, tetapi seperti itu yang jadi karakteristik khas dodol Betawi.

Semenjak Era Kolonial Terbuat Bersama- sama – Sejarah dodol Betawi yang melambangkan kebersamaan masyarakat

1. Semenjak Era Kolonial Terbuat Bersama- sama – Sejarah dodol Betawi yang melambangkan kebersamaan masyarakat

Selaku negeri yang populer hendak keramahannya, Indonesia pula diketahui hendak watak masyarakatnya yang suka gotong- royong, salah satunya ialah tertuang dalam aktivitas pembuatan dodol Betawi. Biasanya dalam proses pembuatan dodol Betawi ini dibuat oleh sebagian orang, dari dini sehabis bahan- bahan semacam tepung terigu ataupun ketan dituang ke dalam kuali yang besar. Selanjutnya ditambah dengan gula merah, tidak kurang ingat ditambah lagi dengan santan kelapa, pastinya dalam proses pembuatannya dimasak dengan metode manual.

Terdapat sebagian alibi mengapa banyak orang yang masih memakai tungku tradisional dibanding memakai kompor. Tidak hanya karena memesatkan proses pematangan dodol, nyatanya perihal ini pula berguna untuk melindungi cita rasa dari dodol Betawi itu sendiri.

Tidak hanya membutuhkan waktu yang lama, pembuatan dodol pula menyita banyak tenaga, hingga tidak heran bila umumnya orang hendak bergantian dalam pembuatannya. Catatan berarti dalam pembuatan dodol Betawi ialah sama sekali tidak boleh menyudahi mengaduk adonan.

Jadi tinggal dihitung saja ya, bila adonan terbuat sepanjang 8 jam berarti sepanjang 8 jam itu pula adonan wajib di aduk, demikian juga bila adonan terbuat sepanjang 12 jam. Hingga sepanjang 12 jam itu pula adonan wajib terus diaduk, ada pula tujuannya supaya adonan tidak keras, serta biar bahannya dapat menyeluruh.

2. Telah Teruji Bertahun – tahun serta Ada dalam Sebagian Rasa– Mempunyai aneka rasa manis yang legit serta membuat rindu

Sejarah dodol Betawi selanjutnya, bisa jadi kita hendak terbiasa dengan varian es krim yang bermacam- macam, terdapat yang rasanya coklat, vanila, susu, buah serta lain sebagainya, demikian juga dengan dodol Betawi. Jajanan ini pula ada dalam sebagian varian, antara lain ada ketan putih, ketan gelap serta rasa durian. Memanglah masih lumayan sedikit, tetapi seperti itu yang jadi karakteristik khas dodol Betawi.

3. Terbuat Dikala Terdapat Perayaan Tertentu – Santapan yang mencirikan sesuatu kegiatan penting

Di kota yang jadi destinasi wisata semacam Jogjakarta, dodol jadi salah satu jajanan yang sangat gampang buat ditemui, sehingga kita tidak butuh menunggu perayaan moment tertentu buat dapat memakannya. Tetapi, berbeda dengan itu, dodol Betawi ini terdapatnya musiman, ialah saat terdapat perayaan ataupun di hari tertentu saja. Misalnya dikala terdapat kegiatan nikahan, bulan ramadhan, serta yang sangat kerap terbuat menjelang hari raya Idul Fitri selaku sajian jajanan yang sayang buat dilewatkan.

4. Semenjak Era Penjajahan, Dibuat Dibanyak Tempat – Sejarah dodol Betawi selaku santapan yang fleksibel

Telah jadi perihal wajar bila membicarakan perihal berbau Betawi, maka benak kita hendak tertuju pada kota yang namanya Jakarta. Yang mana dalam kenyataanya, Betawi jadi salah satu suku yang sangat banyak tinggal di kota tersebut. Tetapi berbeda dengan kenyataan itu, nyatanya dodol Betawi ini bukan cuma terbuat di Jakarta lho, tetapi pula terbuat di banyak tempat. Semacam di Bogor, Bekasi, apalagi pula terbuat oleh komunitas Tionghoa.

5. Proses Pembuatannya Lama – Populer memerlukan kesabaran dalam pengolahan

Jika dihitung secara cermat berapa menit yang Kamu butuhkan buat membuat gorengan?, Ya bisa jadi 1- 2 jam telah berakhir buat membuat olahan tepung serta buat proses menggorengnya sekaligus. Berbeda dengan jajanan lain, dodol jadi salah satu jajanan yang pembuatannya memerlukan waktu yang lama, ialah dekat 8- 12 jam, apalagi dapat jadi lebih lama. Bila dihitung- hitung bisa jadi dalam waktu 12 jam sesungguhnya telah masuk jenis yang lama demi membuat satu jajanan saja.

Nah, telah kian ketahui kan soal sejarah dodol betawi yang menjadi santapan manis serta lengket ini? Nyatanya dari dini proses dodol Betawi ini mempunyai filosofi yang tidak sembarangan. Selaku warga umum telah sepatutnya kita terus pertahankan peninggalan nenek moyang dengan membeli produknya dan mengenalkan dodol Betawi kepada orang disekitar kita.