Kesehatan

Kegunaan Dan Fungsi Alat USG

Fungsi Dan Kegunaan USGAda banyak mesin ultrasound di setiap rumah sakit. Ketika mendengar istilah mesin ultrasound, tentu Anda akan langsung berpikir untuk menggunakan ultrasound sebagai mesin untuk memeriksa janin dalam kandungan.

 

Namun yang jelas USG memiliki banyak kegunaan selain untuk memeriksa kondisi janin dalam kandungan ibu hamil. Lalu apa kegunaan USG? Lihat komentar di bawah ini.

 

Untuk diagnosis

Kegunaan lain dari USG adalah untuk membantu dokter mendiagnosis penyakit pada pasien. USG dapat mendeteksi kondisi pasien yang mempengaruhi kesehatan jaringan lunak pasien hingga organ dalam pasien. Seperti memeriksakan kondisi ginjal, jantung, hati, pembuluh darah, kandung empedu, tiroid, pankreas, limpa, testis, dll.

 

Namun, meski dapat mendeteksi bagian dalam tubuh untuk memeriksa kondisi pasien, mesin ultrasound masih memiliki keterbatasan dalam diagnosa tertentu.

 

Misalnya, sebagai diagnosis tulang padat atau tubuh yang memiliki fungsi menjaga udara (seperti usus).

 

Pantau status kehamilan pregnancy

Kegunaan USG di bidang ini tentu sudah dikenal luas. Mesin ultrasound dapat digunakan untuk memantau kondisi ibu hamil.

 

Selain itu, mesin ultrasound juga dapat digunakan untuk mengetahui jenis kelamin calon bayi, menentukan waktu persalinan ibu hamil, memeriksa apakah bayi kembar, dan mencegah ibu hamil dari kehamilan ektopik.

 

Tidak hanya itu, mesin ultrasound juga bisa digunakan untuk memeriksa apakah bayinya abnormal.

 

Kelainan pada calon bayi dapat dideteksi oleh mesin ultrasound, seperti kelainan janin, posisi bayi sungsang, dan kelainan plasenta bayi.

 

Dengan mendeteksi kelainan bayi sejak dini, dokter dapat mengobatinya sesegera mungkin untuk menyelamatkan bayi dan ibu.

 

Sebagai alat pengobatan

Mesin ultrasonik juga dapat digunakan sebagai alat perawatan. Gelombang suara yang dihasilkan oleh mesin ultrasonik memiliki fungsi untuk mendeteksi dan mengobati kerusakan jaringan lunak. Selain itu, mesin ultrasound juga dapat digunakan sebagai alat pengobatan untuk terapi muskuloskeletal dan cedera olahraga berat.

 

Beberapa jenis cedera yang dapat diobati dengan terapi mesin ultrasound antara lain keseleo ligamen, iritasi sendi facet, nyeri punggung bawah, tennis elbow, ketegangan otot, peradangan sendi, tendinitis atau radang tendon, metatarsalgia atau sendi metatarsal, yang terjadi pada telapak kaki.

 

kaki, sindrom dampak atau sindrom dampak, jaringan parut, pengapuran sendi atau osteoporosis, rheumatoid arthritis, dan bursitis atau peradangan pada kantung sendi.

 

 

Alat prosedur medis

Mesin ultrasound juga merupakan alat untuk membantu prosedur medis di klinik dan rumah sakit. Mesin ultrasound dapat membantu dalam proses sesuai dengan prosedur medis. Prosedur medis ini seperti biopsi jarum yang dilakukan oleh dokter.

 

Biopsi jarum yang dilakukan oleh dokter digunakan untuk mengangkat jaringan dari bagian tubuh yang cocok untuk pengujian laboratorium. Beberapa prosedur medis yang menggunakan mesin ultrasound, seperti kardiologi, ginekologi, endokrinologi, kebidanan, urologi, oftalmologi, ultrasound kontras, dan ultrasound intravaskular.

 

Ini adalah beberapa kegunaan USG di klinik dan rumah sakit. Meskipun dapat digunakan untuk berbagai tujuan, jenis ultrasound yang berbeda dapat digunakan untuk memeriksa kondisi untuk setiap tujuan. Ada beberapa jenis USG, dengan fungsi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

 

Kunjungi website salah satu penyedia yang Jual USG telah berpengalaman sejak tahun 1994 dan sudah memiliki sertifikasi CDAKB dari kementerian Kesehatan.