Kasus Sekeluarga Tewas di Kalideres, Polisi Sebut 2 Jasad Sudah Alami Mumifikasi

Polisi Ungkap Faktor Penyebab Kematian Satu Keluarga

Polisi mengungkap salah satu faktor pelik dalam mengungkap penyebab kematian empat anggota keluarga yang meninggal di Perum Citra Garden Extension I, Kalideres, Jakarta Barat. Salah satunya karena kondisi jenazah sudah menjadi mumi.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengatakan, bersama kedokteran forensik, pihaknya masih melakukan penelitian terhadap keempat jenazah tersebut.

“Walaupun cukup rumit karena terjadi mumifikasi, nanti para ahli akan menjawabnya,” kata Hengki di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (21/11/2022).

Selain mencari tahu penyebab kematian korban, penyidik ​​juga mendalami motifnya. Pendalaman motif dilakukan dengan melibatkan berbagai ahli, salah satunya psikolog forensik.

“Kami harus mencari motifnya, yang kedua penyebab kematiannya. Kami didampingi tim ahli,” kata Hengki.

Meninggal Dunia Sejak Bulan Mei

Hengki mengungkapkan, berdasarkan hasil pemeriksaan awal, diketahui salah satu korban Reni Margaretha Gunawan diduga meninggal dunia sejak Mei 2022. Fakta tersebut terungkap berdasarkan keterangan saksi dari mediator dan pihak simpan pinjam. kooperatif yang telah melakukan survei di rumah korban.

“Saat itu diterima oleh (korban) Budiyanto,” kata Hengki.

Menurut saksi, bau bangkai sudah menyengat saat hendak memasuki gerbang rumah korban pada 13 Mei 2022. Saksi bahkan sempat menanyakan kepada korban Budyanto Gunawan (69).

“Ke rumah (ditanya) kok baunya begini? Jawabannya bau got,” jelas Hengki.

Saksi dari mediator dan koperasi simpan pinjam kemudian masuk ke dalam rumah dan diperlihatkan sertifikat rumah yang akan mereka jual. Sertifikat rumah tersebut tertulis atas nama Reni Margaretha Gunawan. Lalu ditanya ibu Reni dimana? ‘Dia tidur di dalam’. Lalu pegawai koperasi simpan pinjam mempersilahkan masuk kamar, begitu pintu kamar dibuka, pegawai ini masuk dengan bau yang lebih busuk. ,” kata Hengki.

Petugas kemudian menanyakan keberadaan Reni. Korban atas nama Dian Febbyana (42), anak Reni, saat itu beralasan ibunya sedang tidur. Saat Reni masuk ke kamar Reni, Dian juga melarang saksi dari mediator dan koperasi simpan pinjam menyalakan lampu kamar dengan alasan ibunya sensitif terhadap cahaya.

“Saat dibangunkan untuk mengecek ijazah, dia memegangnya agak longgar, curiga, tanpa sepengetahuan Dian, pegawai simpan pinjam ini menyalakan flash HP-nya, begitu melihat yang bersangkutan langsung berteriak, Allahuakbar! mayat! pada 13 Mei,” kata Hengki.

Sebelumnya, publik dikejutkan dengan ditemukannya empat jenazah dalam satu keluarga di Perum Citra Garden Extension I, Kalideres, Jakarta Barat, pada 10 November 2022. Keempat jenazah tersebut antara lain Rudyanto Gunawan (71) dan istrinya R Margaretha Gunawan (68). ), putra mereka Dian Febbyana (42), dan iparnya Budyanto Gunawan (69).

Rudyanto Gunawan dan istrinya R. Margaretha Gunawan ditemukan tewas di dua kamar berbeda. Sedangkan Dian Febbyana ditemukan di lantai, dan Budyanto Gunawan ditemukan di sofa.

Referensi : https://www.merdeka.com/peristiwa/kasus-sekeluarga-tewas-di-kalideres-polisi-sebut-2-jasad-sudah-alami-mumifikasi.html