Berita

Jualan Online Sekarang Makin Seru di Pasar Digital UMKM!

Di tahun 2022 ini pemerintah Indonesia telah menghadirkan sebuah situs jualan online yang bernama Pasar Digital UMKM atau biasa dikenal dengan singkatan PaDi UMKM. Situs jualan online yang satu ini diluncurkan pada pertengahan 2020 dengan harapan bisa memperkuat ekonomi nasional melalui UMKM di seluruh Indonesia di tengah wabah Covid-19.

Memang ekonomi di seluruh dunia saat ini tengah lesu karena semua permasalahan berkecamuk diakibatkan virus corona dan juga beberapa negara yang sedang konflik. Banyak negara yang pada akhirnya merasakan imbasnya dan pada akhirnya mengalami inflasi seperti yang tidak pernah terjadi sebelumya dalam beberapa dekade terakhir.

Hal ini juga tentunya berdampak pula pada Indonesia. Pemerintah Indonesia beberapa kali mengatakan bahwa kasus covid-19 dan negara yang sedang konflik dapat mempengaruhi ekonomi Indonesia karena tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia kerap berhubungan langsung dengan kedua negara yang sedang berkonflik tersebut, baik di bidang pangan maupun di bidang pertahanan.

UMKM pun menjadi salah satu yang terkena imbas karena mereka membutuhkan beberapa langkah konkrit ke depan apabila konflik berlangsung lama ataupun malah meluas. Kita dapat mengatakan hampir 90% usaha di Indonesia merupakan UMKM. UMKM memang menjadi salah satu tonggak atau pondasi ekonomi nasional. Dengan bentuk UMKM pula Indonesia mendapatkan PDB sebesar 34,8%.

UMKM juga menjadi salah satu jawaban konsep ekonomi kerakyatan yang telah dicanangkan oleh founding father Indonesia. Karena hampir di seluruh ASEAN hingga saat ini dikuasai oleh pangsa pasar UMKM.

Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan dukungan kepada UMKM. Salah satunya adalah Peraturan Presiden No.98 Tahun 2014 yang mengatur tentang Perizinan Untuk Usaha Mikro dan Kecil. Dalam aturan tersebut, salah satunya disebutkan bahwa semua biaya untuk perizinan UMKM dihapuskan. Biaya tersebut akan ditanggung oleh APBN dan APBD.

Lebih jauh lagi, pelaku UMKM hanya cukup mengurus izin gangguan (HO) dan izin mendirikan bangunan (IMB). Selain itu juga, tentunya ada yang diperlukan seperti Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Industri (IUI) dan Tanda Daftar Industri (TDI).

Terlepas dari hal itu, para pelaku UMKM diharapkan dapat melakukan instruksi pemerintah terkait kehadiran situs jualan online PaDi UMKM. Hal ini ditujukan agar para pelaku UMKM di Indonesia dapat meraup potensi yang tersedia di situs jualan online tersebut.

Saat ini, kehadiran situs jualan online PaDi UMKM juga menjadi salah satu bentuk dukungan pemerintah kepada para pelaku UMKM di seluruh Indonesia. Pasar Digital UMKM hadir dengan sejuta inovasi terbaik bagi pelaku UMKM.

Fitur yang hadir sudah sangat canggih dimana UMKM bisa mengajukan pinjaman modal langsung atas transaksinya yang besar. Hal ini tentu tidak bisa Anda dapatkan di situs jualan online lainnya. Oleh karenanya, sangat amat disayangkan jika Anda tidak bergabung dengan situs jualan online yang satu ini.

Jadi pelaku UMKM semakin mudah dan praktis dalam mengurus tokonya. UMKM tidak perlu pusing memikirkan peminjaman modal dan akses yang terkadang sulit diraih.  Semua proses tersebut sudah terintegrasi di situs jualan online Pasar Digital UMKM.

UMKM yang melakukan jualan online di PaDi UMKM juga memiliki kesempatan untuk bertransaksi dengan BUMN dalam hal pengadaan barang dan jasa. Pengadaan barang dan jasa BUMN memang memiliki anggaran yang tidak sedikit dan kedepannya akan diarahkan kepada UMKM melalui Pasar Digital UMKM.

 

Comments Off on Jualan Online Sekarang Makin Seru di Pasar Digital UMKM!